Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan.|Unsplash.com

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran?

Diposting pada
Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan.|Unsplash.com

Menurunkan berat badan setelah lebaran memang terbilang susah-susah gampang. Mengapa  hal ini  terjadi? Susahnya adalah ketika lebaran banyak makanan berat maupun cemilan yang enak. Tentu hal ini mengguh selera dan sebagian orang ada yang sulit untuk menahannya.

Terutama bagi kamu yang memang menyukai kuliner. Adapun mudahnya karena sebenarnya cara yang dilakukannya pun. Tidak jauh beda, dengan mengurangi berat badan pada umumnya.

Cara Menurunkan Berat Badan Seusai Lebaran

Lebaran merupakan momen paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Sehingga tidak heran banyak persiapan yang dilakukan. Dari mulai mengecat rumah, menyiapkan aneka makanan, dan lain sebagainya. Sehingga wajar, apabila berat badan naik setelah lebaran. Nah, untuk menurunkan berat badan yang kamu miliki sekarang, ikuti beberapa tips ini yuks!

1.      Perlahan-Lahan

Cobalah untuk tidak menelan makanan terlalu cepat. Hal ini akan membuat kamu dapat mengontrol porsi makan yang dikonsumsi. Cobalah untuk mengunyah makanan sebanyak 32 sampai dengan 33 kali. Dengan begitu, otak akan menerima sinyal rasa kenyang.

Baca Ini Juga  Aplikasi Citer FF Auto Headshot Versi Terbaru

Dimana  sinyal ini akan terkirim dalam waktu 10 hingga 20 menit. Meskipun tidak dipungkiri bahwa jumlah mengunyah makanan tersebut, tidak dapat dijadikan patokan baku. Namun, menurut sebuah studi menyatakan bahwa semakin banyak mengunyah makanan dapat memberikan manfaat. Diantaranya adalah rasa kenyang, strategi untuk menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

2.      Menggunakan Piring Kecil

Mengapa perlu makan di piring yang kecil? Hal ini akan membantu kamu mengontrol makanan yang diambil. Pasalnya, piring yang kecil tidak mungkin memiliki kapasitas makanan yang banyak. Dibandingkan dengan piring yang besar.

Hal ini pun dapat kamu terapkan ketika mengambil hidangan lebaran. Sehingga dengan begitu, makanan yang kamu konsumsi pun akan lebih sedikit dibanding sebelumnya. Tentu hal ini akan membantumu dalam proses penurunan berat badan yang kamu lakukan.

3.      Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih banyak disepelekan oleh kebanyakan orang. Hal ini sebenarnya banyak faktor. Ada yang memang tidak menyukai air putih, belum menyadari pentingnya minum air putih, dan lain sebagainya.  Air putih membantu proses pencernaan supaya lancar. Selain itu, minum air putih pun dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Ini Juga  5 Tips Memilih Kado Pernikahan

4.      Mengkonsumsi Buah-Buahan

Kamu mau makanan manis? Sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan serat dan gula alami. Dibanding mengkonsumsi banyak kue atau cemilan setelah lebaran. Seperti apel, jeruk, kurma, dan lain sebagainya.

Pasalnya, tidak hanya baik untuk asupan gizi. Namun, dapat membantumu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Tentu, keinginan untuk makan pun akan lebih terjaga.

5.      Melakukan Olahraga

Tips terakhir ini sepertinya cukup familiar. Pasalnya, selain dapat membuat tubuh menjadi sehat. Olahraga pun sering digunakan untuk menurunkan berat badan dan hal ini terbilang efektif. Dibandingkan dengan menggunakan cara diet yang ekstrim. Untuk olahraga ini sebenarnya tidak perlu melakukan olahraga yang berat.

Kamu pun dapat melakukan olahraga seperti jogging, yoga, dan lain sebagainya. Selain itu, atur pula durasi waktunya. Namun, sebaiknya lakukan olahraga tersebut dengan rutin.  Untuk awal-awal mungkin akan terbilang cukup sulit. Akan tetapi, jika dilakukan secara terus menerus maka akan terbiasa. Tentunya hal tersebut pun dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar pula.

Baca Ini Juga  Cara Pengajuan PayLater Tiket.Com

Beberapa tips menurunkan berat badan diatas dapat kamu lakukan dengan perlahan-lahan. Selain itu, jika cukup sulit dilakukan secara berbarengan. Cobalah untuk mencoba melakukannya secara satu persatu. Sehingga, jauh lebih mudah.