Usaha pemberantasan korupsi melalui trisula.| unsplash.com
Usaha pemberantasan korupsi melalui trisula.| unsplash.com

Harga Belanja- Ada beberapa usaha pemberantasan korupsi melalui trisula yang dilakukan. Selain tu, memberantas korupsi perlu ditegakan, pasalnya tindakan kriminal tersebut telah merugikan negara dan masyarakat. Dimana dana peruntukan untuk melayani masyarakat digunakan untuk kepentingan pribadi maupun golongan.

Lembaga yang dipercaya untuk memberantas korupsi di Indonesia adalah KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). KPK sendiri dalam melakukan tugasnya melalui metode dengan istilah “Trisula Pemberantasan Korupsi”. Didalamnya terkandung berbagai nilai seperti stabilitas, kekuatan, keadilan, kebijaksanaan dan kewibawaan. Berikut ini programnya.

Usaha Pemberantasan Korupsi Melalui Trisula Pemberantasan Korupsi

Usaha pemberantasan korupsi melalui trisula.| unsplash.com
Usaha pemberantasan korupsi melalui trisula.| unsplash.com

Dalam program Trisula Pemberantasan Korupsi terdapat tiga strategi utama dalam melakukan pemberantasan korupsi. Tirisula itu diantaranya yaitu sula penindakan, sula pencegahan, dan sula pendidikan. secara hukum, ketiga sula ini tidak hanya menjerat dan menghukum pelaku tindak korupsi, melainkan juga memberikan efek jera, berikut ini penjelasannya.

Baca Ini Juga  Kumpulan Filter IG Viral Terbaru

1.       Sula Penindakan

Secara umum sula penindakan ditunjukkan dalam peristiwa hukum yang memenuhi unsur tindak pidana korupsi berdasarkan undang-undang. Tidak hanya menjerat pelaku dengan hukuman penjara, melainkan juga memberikan efek jera untuk masyarakat yang melakukan tindakan korupsi. Sula penindakan ini digunakan oleh KPK dalam pemberantasan korupsi.

usaha-usaha pemberantasan korupsi melalui trisula pemberantasan Korupsi melalui trisula pemberantasan korupsi ini mengadili para koruptor dengan membacakan dakwaan serta menghadirkan saksi serta bukti yang kuat. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara pengaduan masyarakat, penyelidikan, penyidikan, penuntutan serta penindakan.

Dalam prosesnya KPK melakukan penyidikan dan penuntutan tindakan korupsi secara tuntas melalui jalur hukum serta memperjuangkan hukum yang sesuai. Setelah itu dilakukanlah pemulihan aset yang dikorupsi untuk memastikan aset tersebut tidak mengalami kerusakan dan dipulihkan untuk kepentingan publik.

2.       Sula Pencegahan

Sedangkan sula pencegahan merupakan tindakan perbaikan sistem dalam menutup celah korupsi yang dilakukan dengan sosialisasi serta kampanye antikorupsi. Usaha-usaha pemberantasan korupsi melalui trisula pemberantasan Korupsi melalui trisula pemberantasan korupsi tersebut kemudian dilakukan melalui sula pendidikan.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Website Streaming TV Online

Strategi ini dilakukan guna meminimalisir kejahatan korupsi dengan melakukan investigas serta memberikan rekomendasi bagi kementerian maupun departemen tertentu untuk melakukan tindakan secara korektif. Pelaksanaannya dilakukan dengan 3 cara yaitu pembinaan dan pendidikan, pengawasan dan mentoring, serta peningkatan sistem dan mentoring.

Pada proses tahapannya KPK melakukan pembinaan dan pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai anti-korupsi. Selain itu dilakukan juga dilakukan monitoring dan pengawasan untuk memastikan bahwa sistem terbebas dari tindakan korupsi. Selanjutnya dilakukan peningkatan sistem dan proses agar mencegah terjadinya kembali tindak pidana korupsi.

3.      Usaha Pemberantasan Korupsi Melalui Trisula:  Sula Pendidikan

Sula berikutnya adalah sula pendidikan yang dilakukan dengan cara melakukan kampanye serta pelatihan untuk menanamkan kesadaran terhadap masyarakat dampak negatif korupsi. Pasalnya tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui berbagai tindakan yang termasuk dalam tipikor (tindak pidana korupsi)

Seperti misalnya adalah uang tip tanda terima kasih yang diberikan kepada pemangku jabatan yang masih dianggap biasa. Sedangkan gratifikasi yang sering diterima oleh pejabat sudah termasuk dalam tindakan korupsi. Sehingga melalui strategi ini diharapkan masyarakat dapat mengenal tindakan apa saja yang termasuk korupsi dan berupaya bersama dalam mencegahnya.

Baca Ini Juga  5 Rekomendasi Parfum yang Disukai Perempuan

Ketiga strategi tersebut dijalankan secara terintegrasi bersama pemangku jabatan yang berkepentingan. Mulai dari kementrian, pemerintah daerah, BUMN maupun BUMD serta elemen masyarakat dan lembaga internasional. Agar pelaksanaannya dapat berjalan secara lancar KPK membentuk sumber daya hingga penataan kelembagaan.

Usaha-usaha pemberantasan korupsi melalui trisula pemberantasan korupsi tersebut dilakukan berdasarkan hukum yang berlaku. Selain pendidikan melalui jalur hukum, sudah seharusnya tindakan korupsi diberantas secara bersama-sama. Sehingga pemerintah dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi. Kunjungi pula rekomendasi.co untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan.

Bagikan: