cara membeli rumah di perumahan

5 Cara Membeli Rumah Di Perumahan Agar Tidak Tertipu

Diposting pada

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan tata letak yang rapi, perumahan bisa menjadi pilihan. Salah satu kriteria dalam pemilihan rumah adalah soal kenyamanan. Anda juga harus berhati-hati agar tidak mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan harapan. Penting untuk mengetahui cara membeli rumah di perumahan sebelum memutuskan untuk membeli.

Ada beberapa alasan rumah di perumahan bisa menjadi pilihan, mulai dari fasilitas yang memadai, lokasi yang strategis, akses jalan yang bagus dan yang lainnya. Harga beli rumah di perumahan juga cukup terjangkau, seringkali jauh lebih murah daripada harus membangun sendiri.

tips beli rumah di perumahan

5 Cara Membeli Rumah Di Perumahan Agar Tidak Tertipu

Berikut ini beberapa tips beli rumah agar Anda bisa mendapatkan unit yang sesuai dengan harapan.

Survei Unit Terlebih Dahulu

Anda tidak bisa membeli rumah hanya dengan melihat foto unitnya saja. Untuk memastikan, Anda bisa melakukan survei langsung ke lokasi kompleks perumahannya. Anda bisa meminta pendampingan dari developer maupun agen agar lebih aman. Jika memungkinkan, Anda bisa datang bersama orang yang memang paham terhadap bangunan.

Baca Ini Juga  Tips Memilih Dan Membeli Rumah KPR Bersubsidi Pertama

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan survei. Pertama, pastikan rumah tersebut memiliki akses jalan yang bagus, kemudian area tersebut bebas banjir, memiliki akses air bersih dan sebagainya.

Pastikan Kondisi Rumah Sesuai

Pentingnya Anda mengajak orang yang paham dengan bagunan. Karena nantinya Anda juga harus mengecek kondisi rumahnya, meskipun dalam kondisi baru. Pastikan kualitas bangunanya bagus dan kokoh, terutama bagian atapnya harus aman. Jangan sampai Anda membeli rumah yang tidak sesuai dengan standar.

Anda bisa mengecek sedetail mungkin terkait rumah yang akan dibeli. Sehingga ketika Anda menempati rumah tersebut, akan merasa lebih aman dan nyaman. Apalagi jika rumah tersebut memiliki harga yang mahal, tentu tidak ingin jika tidak sesuai harapan.

Cek Developernya

Kualitas dari developer akan sangat berpengaruh terhadap rumah yang akan Anda beli. Jangan sampai membeli rumah dari developer yang kurang terperaya. Anda bisa mengecek track record dari developer terkait, pastikan mereka tidak pernah bermasalah. Hal ini penting untuk Anda lakukan, agar nantinya tidak bermasalah di kemudian hari.

Baca Ini Juga  Warna Cat Rumah Minimalis Elegan dan Bagus

Ketika developernya memiliki kualitas yang baik, mereka pasti akan memberikan pelayanan yang memuaskan. Kualitas rumah yang akan Anda dapatkan juga tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, cek legalitas dari developernya juga, ini untuk memastikan bahwa mereka memang resmi.

Pastikan Fasilitas Memadai

Di kompleks perumahan, Anda membutuhkan berbagai fasilitas penunjang yang harus tersedia. Mulai dari air, listrik hingga akses jalan. Untuk air sendiri, biasanya tersedia dalam bentuk PDAM. Jadi Anda harus memastikan aliran airnya lancar sebelum memutuskan untuk membeli.

Fasilitas lain seperti listrik juga harus dicek, khususnya untuk rangkaian kabelnya. Rumah yang bagus, pasti penataan kabelnya tidak asal-asalan.

Bandingkan Harga

Sebagai pembeli, Anda tentu ingin mendapatkan harga rumah yang terjangkau. Untuk itu, Anda bisa mencari beberapa opsi rumah, kemudian bandingkan harganya. Jika semua rumah tersebut memiliki kualitas yang sama, Anda pilih yang paling murah. Sebelum itu, akan lebih baik jika melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan.

Anda juga bisa membandingkan harga melalui situs beli rumah, pastikan penawaran dari developer sesuai dengan harga pasaran.

Baca Ini Juga  7 Tips Membeli Rumah Yang Tepat

Demikian informasi mengenai cara membeli rumah di perumahan agar tidak tertipu. Rumah di perumahan memang memiliki berbagai kelebihan yang akan membuat Anda nyaman.