tips memilih dan membeli rumah kpr bersubsidi

Tips Memilih Dan Membeli Rumah KPR Bersubsidi Pertama

Diposting pada

Salah satu alasan banyak orang tertarik dengan rumah bersubsidi yakni karena harganya yang terjangkau. Akan tetapi, dalam pemilihan rumah ini harus memperhatikan berbagai hal penting. Tips memilih dan membeli rumah KPR bersubsidi akan membantu Anda mendapatkan unit yang berkualitas. Jangan sampai, Anda justru mendapatkan rumah yang memiliki kualitas di bawah rata-rata.

Membeli rumah secara KPR bisa menjadi pilihan ketika belum memiliki uang yang cukup untuk membeli secara cash. Saat ini, banyak rumah KPR bersubsidi yang tersedia, cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah sendiri. Dengan konsep KPR bersubsidi, Anda akan lebih diringankan biaya terkait suku bunga maupun uang muka karena adanya bantuan dari pemerintah.

cara memilih rumah bersubsidi

Tips Memilih Dan Membeli Rumah KPR Bersubsidi Pertama

Agar tidak salah dalam membeli rumah, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin memilih unik KPR bersubsidi.

Cek Lokasi Rumah

Pada saat membeli rumah, Anda harus memperhatikan lokasinya. Seringkali rumah-rumah bersubsidi ini berada di lokasi yang agak jauh dari pusat kota. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, lokasi kerja dan aksesnya mudah.

Baca Ini Juga  5 Tips Sewa Rumah Di Bekasi

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi terkait rumah bersubsidi. Mulai dari sulit mendapatkan air, lokasinya sering terkena banjir dan di sekitar rumah yang masih banyak timbunan tanah.

Perhatikan Kualitas Bangunan

Kesalahan dalam membeli rumah akan membuat Anda menyesal. Agar mendapatkan unit yang bagus, Anda harus mengecek kualitas fisik bangunannya terlebih dahulu. Salah satu kelemahan dari rumah bersubsidi memang ada pada kualitasnya yang sering di bawah standar. Meski begitu, masih banyak unit bersubsidi yang memiliki kualitas bagus.

Penting untuk Anda melakukan pengecekan kualitas bangunanya. Supaya lebih aman, minta garansi ke developer jika terjadi masalah pada rumah yang dibeli.

Tanyakan Detail Rumahnya

Sebagai konsumen, Anda berhak untuk mendapatkan informasi detail terkait rumah yang akan dibeli. Anda bisa menayakan beberapa hal penting, seperti ketersediaan air, listrik dan sebagainya. Pastikan Anda mendapatkan akses yang mudah, sehingga akan nyaman ketika menempati rumah tersebut.

Dengan menanyakan detail rumahnya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika unitnya tidak sesuai, bisa segera mencari unit lain.

Baca Ini Juga  Jual Rumah di Cileungsi Bogor, Harga Nego BU Bisa Cicilan

Pastikan Developer Terpercaya

Ini menjadi salah satu poin yang benar-benar harus diperhatikan. Pembelian rumah pertama Anda harus bisa memberikan kesan yang positif. Untuk itu, pastikan hanya membeli unit rumah ke developer yang terpercaya. Mereka pasti akan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi kedepannya.

Jangan sampai Anda kecewa karena bertemu dengan developer yang tidak bertanggung jawab. Apalagi ketika terjadi masalah di kemudian hari yang membutuhkan bantuan developer.

Cek Legalitas Tanah

Agar ketika menempati rumah terasa nyaman, Anda juga perlu mengecek legalitas tanahnya. Untuk pengecekan ini bisa melalui Dinas Pertanahan yang ada di daerah, cek apakah developer memiliki izin untuk membangun rumah atau tidak. Anda harus memastikan HGB yang dimiliki developer sesuai.

Jika salah dalam memilih, bisa saja Anda membeli rumah yang dibangun di lahan sengketa, atau lahan yang tidak memiliki izin. Ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Dan Anda adalah satu-satunya orang yang akan merasakan kerugian.

Demikian informasi mengenai tips memilih dan membeli rumah KPR bersubdisi pertama Anda. Pemilihan rumah ini penting, ada banyak hal yang harus jadi perhatian agar tidak rugi nantinya.

Baca Ini Juga  Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Dan Terlihat Luas