5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu

5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu

Diposting pada

5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu – Bank syariah menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin menabung dan terbebas dari bunga riba. Sebagai seorang muslim, akan lebih tenang ketika menyimpan uang ke bank syariah. Pasalnya, setiap transaksi keuangan yang terjadi, sudah sesuai dengan syariah Islam. Berbeda dengan bank konvensional, dimana tabungan dari nasabah akan dikelola untuk mendapatkan untung sebanyak mungkin.

Sistem dasar yang ada pada bank syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah Islam. Hal ini yang meminimalisir risiko riba yang tentunya tidak diinginkan oleh seorang muslim. Saat ini, ada beberapa bank syariah terbaik di Indonesia, mulai dari Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, Bank Syariah Bukopin dan masih banyak lagi.

apa keuntungan menggunakan bank syariah

5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu

Pada artikel ini, kita akan membahas, apa saja keuntungan jika menggunakan bank syariah. Sebagai seorang muslim, penting untuk mengetahui hal ini.

Sesuai Dengan Prinsip Syariah Islam

Salah satu keuntungan menggunakan bank syariah adalah sistemnya yang sesuai dengan syariah Islam. Dengan begitu, menabung di bank syariah tidak hanya akan memudahkan Anda untuk menyimpan uang saja. Melainkan juga akan mendapatkan pahala bagi nasabahnya.

Baca Ini Juga  12 Bank Syariah Terbaik Di Indonesia, Fasilitas Lengkap

Selain itu, sudah pasti Anda akan terhindar dari riba. Dalam Islam, riba memang harus ditinggalkan, sehingga Anda akan terbebas dari dosa riba yang sangat besar.

Mendapatkan Fasilitas Internet Banking

Tidak perlu khawatir kesulitan mengakses layanan keuangan jika menggunakan bank syariah. Seperti bank pada umumnya, terdapat fasilitas internet banking yang akan memudahkan nasabah untuk mengirim uang, mengecek saldo dan yang lainnya. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi keuangan.

Pastikan Anda memilih bank syariah yang memiliki layanan internet banking terbaik. Fitur-fitur yang mereka tawarkan bisa menjadi bahan pertimbangan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat menggunakan layanan perbankan.

Sudah Terjamin Oleh LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan)

Keamanan menggunakan bank syariah juga sudah terjamin. Nasabah tidak perlu khawatir dengan dana yang telah disetor, karena sudah ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lembaga ini akan menanggung risiko kehilangan dana milik nasamah sampai dengan Rp2 miliar.

Adanya jaminan ini akan membuat Anda yang memiliki tabungan, giro maupun deposito lebih tenang. Tidak perlu ada rasa khawatir terkait kemungkinan bank bankrut, atau dana dibawa kabur. Sampai saat ini, lembaga tersebut masih terus menjaga perkembangan bank syariah di Indonesia.

Baca Ini Juga  Rekomendasi KPR Syariah yang Cocok untuk Anda

Bagi Hasil Transparan

Dalam bank syariah, ada namanya sistem bagi hasil yang sudah sesuai dengan syariah Islam. Jika di bank konvensional, mereka menerapkan sistem bunga. Sistem bagi hasil ini akan memastikan nasabah terhindar dari riba. Keuntungannya mungkin tidak sebesar bunga dari bank konvensional. Karena bagi hasilnya bergantung dari pendapatan bank syariah itu sendiri.

Tidak menutup kemungkinan, keuntungan yang nasabah justru akan lebih besar di bank syariah. Sistem bagi hasil bank syariah cukup transparan, Anda bis berkonsultasi dengan petugas bank untuk membahas hal ini.

Tidak Ada Biaya Administrasi

Keunggulan bank syariah Indonesia lainnya adalah, tidak adanya biaya administrasi. Anda tidak perlu khawatir saldo akan habis untuk membayar biaya administrasi bulanan. Kebijakan ini akan menguntungkan semua nasabah, baik yang memiliki saldo banyak maupun sedikit.

Demikian informasi mengenai keuntungan menggunakan bank syariah di Indonesia. Sebagai seorang muslim, bank syariah bisa jadi pilihan agar Anda terhindar dari riba. Layanannya tidak berbeda jauh dengan bank konvensional, sehingga akan tetap menguntungkan.

Baca Ini Juga  Deposito Syariah untuk Investasi Sesuai Syariat Islam