cara membuat boba harga belanja

3 Cara Membuat Boba Sendiri di Rumah yang Enak dan Mudah

Diposting pada

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja! Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat boba sendiri di rumah yang enak dan mudah.

Di musim panas yang terik memang sangat nikmat untuk menikmati minuman dingin. Apa lagi jika minuman tersebut memiliki sesuatu yang lembut dan kenyal dan berpadu dengan rasa manis seperti boba. Jika kamu sekarang sendang mencari cara membuat boba sendiri di rumah kamu datang pada artikel yang tepat. Karena artikel ini akan membahas cara membuat boba dengan 3 varian rasa.

Apa itu boba drink?

Boba adalah minuman manis yang biasanya terdiri dari teh manis yang dipadukan dengan susu dan tambahan bola-bola tapioka yang kenyal. Seperti dikutip dari healthynibblesandbits.com, boba atau bubble tea berasal dari Taiwan. Boba hadir dalam berbagai rasa: rasa teh biasa seperti teh hitam atau melati; rasa buah seperti stroberi atau melon; dan bahkan talas, yang merupakan umbi-umbian yang biasa digunakan dalam masakan Asia.

Teh apa yang digunakan untuk membuat boba drink?

Jenis teh terbaik untuk membuat boba drink adalah yang memiliki rasa kuat, seperti teh hitam atau teh melati. Karena kamu akan mengencerkan teh dengan susu dan es batu, kamu harus memilih teh dengan rasa yang kuat yang akan mempertahankan rasanya.

Susu apa yang digunakan untuk membuat boba drink?

Biasanya brand boba drink terkenal akan menggunakan susu murni kualitas tinggi untuk produk mereka. Susu seperti full cream atau UHT juga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan boba drink.

Pemanis apa yang digunakan untuk membuat boba?

Segala jenis pemanis bisa kamu gunakan. Namun, jika kamu menggunakan madu (atau sirup kental lainnya), sebaiknya campurkan madu saat teh masih panas agar madu dapat larut secara merata. Hal yang sama berlaku untuk gula pasir.

3 Cara Membuat Boba

Seperti sama-sama sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali varian rasa dari boba drink. Salah satu rasa boba yang paling laris adalah brown sugar atau gula aren. Selain rasa brown sugar varian rasa lain seperti red velved, flavored boba, clear boba dan popping boba merupakan rasa boba yang terkenal. Nah di bawah ini tim hargabelanja.com telah merangkum beberapa cara membuat boba yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Baca Ini Juga  Musicallydown.com TikTok, Pengunduhan Video Audio Cepat

1. Cara membuat boba brown sugar milk tea

Brown Sugar Boba yang kenyal, manis, dan membuat ketagihan adalah resep mudah yang hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana. Bahan untuk membuat bola-bola boba:

  • 160 gram Tepung Tapioka
  • 60g Gula Merah
  • 80ml Air

Bahan glasir boba:

  • ½ cangkir Gula Merah

Milktea:

  • Teh merah
  • 1/2 cangkir Susu
  • Es

Cara membuat boba brown sugar:

Langkah 1

Dalam panci, campurkan 3 sdm Tepung Tapioka , 80 ml air, dan 60g gula merah. Pastikan semuanya tercampur rata sebelum membawanya ke kompor.

cara membuat boba adonan 1

Langkah 2 Nyalakan api sedang dan terus diaduk hingga menjadi kental dan lengket. Matikan api, masukkan sisa tepung tapioka. Campur sampai agak dingin dan tuangkan ke permukaan yang bersih.

cara membuat boba menguleni adonan

Langkah 3 Setelah aman untuk diuleni (suhu hangat), uleni hingga menjadi konsistensi yang halus tanpa gumpalan (kalis). Proses ini memakan waktu sekitar 5 menit. Jika terlalu lengket, kamu bisa menambahkan Tepung Tapioka sedikit lagi, tetapi pastikan untuk terus menguleninya.

Langkah 4 Potong menjadi 4 bagian. Gulung setiap bagian dan potong kecil-kecil. Ukurannya tergantung pada seberapa besar boba yang kamu inginkan. Boba akan mengembang sedikit setelah kamu memasaknya.   Bulat bulatkan potongan adonan menjadi bola dan lapisi dengan tepung tapioka. Pada titik ini, kamu dapat membekukan bola tapioka di dalam freezer hingga 1 bulan.

  cara membuat boba boba

Langkah 6 Rebus air dalam panci besar dan setelah semuanya mendidih, masukkan boba yang telah dibulatkan. Masak dengan api sedang selama 25 menit. Pastikan untuk mengaduknya sesekali, agar tidak menempel di dasar panci dan gosong. Setelah 25 menit, tutup, matikan api dan diamkan selama 15 menit.

cara membuat boba dalam panci

Langkah 7 Tiriskan boba dan diamkan dalam air dingin hingga siap digunakan. Langkah 8   Untuk membuat glasir gula merah kental. Dalam panci, tambahkan ½ cangkir gula merah dan nyalakan api sedang. Panaskan gula merah dan aduk selama 2-3 menit atau sampai agak meleleh. Tambahkan boba yang sudah dikeringkan dan aduk hingga menjadi konsistensi yang kental, sekitar 2-3 menit lagi.

Baca Ini Juga  Aplikasi Citer FF Auto Headshot Versi Terbaru

glasir boba kental

Langkah 9 Menggunakan dua kantong teh, seduh ¼ cangkir teh. Dalam cangkir, masukkan boba gula merah, putar boba gula merah di sekitar cangkir, sehingga meninggalkan pola macan. Tambahkan teh, es, dan susu. Brown sugar boba siap untuk dinikmati!

1 cangkir boba drink

2. Cara membuat boba rasa taro

Taro memiliki warna yang khas yaitu ungu. Makanan dan minuman dengan warna ungu yang menggugah selera identik dengan rasa taro. Tidak hanya digunakan sebagai flavor boba, taro juga biasa digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan minuman lainnya. Nah untuk bola-bola bobanya kita masih bisa menggunakan boba sisa yang sudah kita buat di atas. Kali ini kita hanya akan membahas cara membuat milktea-nya saja dengan rasa taro. Bahan-bahan:

  • 1 buah ubi ungu
  • 2 kantong SariWangi Teh
  • ¼ cangkir susu kental manis
  • ½ cangkir susu cair (bisa susu sapi atau almond)
  • Baking soda secukupnya
  • Es Batu

Cara membuat boba rasa taro yang alami:

  • Kupas ubi ungu dan potong dadu. Masak ubi ungu dalam air dengan soda kue. Setelah masak dan melunak angkat ubi dan tiriskan.
  • Campurkan ubi ungu dengan susu kental manis, susu UHT dan es batu dengan menggunakan blender. Saring ke dalam gelas dan pisahkan ampasnya
  • Seduh SariWangi dengan air hangat. Kemudian tuangkan teh ke dalam campuran dengan bahan lainnya.
  • Setelah diaduk tambahkan boba yang sudah di glasing menggunakan gula merah. Jangan lupa untuk membuat corak macan pada gelas dengan memutarkan boba glasing.
  • Boba rasa taro siap dinikmati.

3. Cara membuat boba rasa Matcha

cara membuat boba matcha

Matcha adalah sejenis bubuk teh hijau. Akan tetapi matcha berbeda dengan teh hijau yang biasa karena matcha sudah melalui serangkaian proses khusus. Karena kepopulerannya, matcha tidak hanya disajikan sebagai teh panas, tetapi dibuat menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang disukai semua orang. Salah satu cara favorit untuk menikmati boba adalah dengan mengombinasikannya dengan matcha tea buatan sendiri. Minuman ini akan memberi energi, kelezatan, kelembutan, dan hadir dengan semua manfaat tambahan dari teh hijau matcha. Nah berikut ini adalah cara membuat boba rasa matcha yang enak. Bahan-bahan:

  • Bubuk matcha
  • Susu almond
  • Boba brown sugar
  • Gula aren
  • Air
  • Es batu
Baca Ini Juga  Apa Saja Materi Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum?

Cara membuat boba rasa matcha:

  1. Siapkan teh hijau matcha: Dalam mangkuk kecil, kocok bubuk teh hijau matcha dengan air panas. Sisihkan dan biarkan dingin.
  2. Masak boba mentah: Didihkan sepanci kecil air. Masukkan boba ke dalam air dan aduk hingga mutiara mulai mengapung ke atas. Lanjutkan memasaknya selama hingga kenyal dan empuk. Setelah boba matang, matikan api dan tiriskan dengan hati-hati. Tuang boba yang sudah matang ke dalam mangkuk.
  3. Pemanis boba: Tambahkan gula aren untuk glasing dan aduk rata dengan boba. Biarkan boba mendingin selama sekitar 5 menit, biarkan mutiara menyerap pemanis, aduk beberapa kali.
  4. Susun minuman: Masukkan boba ke dalam gelas bening. Lapisi masing-masing dengan es dan tuangkan susu kacang almond. Terakhir, tuangkan teh hijau matcha untuk membuat minuman yang cantik.
  5. Boba siap disajikan!

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat boba sendiri dirumah. Cara membuat boba ini sebenarnya bisa kamu kombinasikan dan kreasikan lagi sesuai dengan kreatifitas kamu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang cara membuat boba yang enak ya. Terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba!

Baca Ini Juga:

7 Cara Membuat Kacang Bawang yang Empuk dan Renyah

Cara Membuat Mochi Jepang yang Mudah dalam 5 Menit