Cara Membuat Mochi Jepang yang Mudah dalam 5 Menit

Cara Membuat Mochi Jepang yang Mudah dalam 5 Menit

Diposting pada

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja! Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat mochi Jepang yang mudah.

Apakah kamu sekarang sedang mencari cara membuat mochi dalam 5 menit? Kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Apa itu mochi?

Mochi adalah makanan ringan yang memiliki banyak jenis di seluruh Jepang. Pencinta makanan manis khususnya akan jatuh cinta dengan versi isian kacang merah manis atau biasa dikenal sebagai daifuku mochi. Mochi juga terkadang dilapisi dengan bubuk matcha (teh hijau), bubuk kinako (kacang kedelai panggang), atau dicampur dengan herba yomogi (mugwort).

Mochi biasa dapat dinikmati apa adanya, tetapi agar lebih nikmat mochi dapat dilapisi dengan mentega dan goreng perlahan di kedua sisi wajan selama beberapa menit. Tambahkan sejumput garam di atasnya dan sajikan panas.  Entah bagaimana rasanya seperti popcorn mentega dengan bagian luar yang renyah dan bagian tengah yang lembut dan kenyal.

Bagaimana cara membuat mochi?

Mochi dibuat dengan menggiling beras ketan terlebih dahulu, kemudian memindahkan tepung tersebut ke usu (臼), penggilingan besar Jepang, dan ditumbuk dengan alu yang disebut kine (杵). Proses penumbukan beras ketan mochi ini disebut dengan mochitsuki (餅つき).

Beras ketan ditumbuk hingga lembut dan halus, lengket dan elastis. Beberapa rumah memiliki pembuat roti dengan fungsi “pembuat mochi”, yang mampu memanggang sekaligus menumbuk tepung beras ketan. Ada juga mesin pembuat mochi. Di luar kota besar, masyarakat masih membuat mochi dengan cara tradisional menggunakan sapi yang diturunkan dari keluarga. Mochitsuki adalah acara keluarga yang berlanjut secara turun menurun.

Setelah ditumbuk, mochi dipindahkan ke tempat pembuatan bola mochi bundar atau lingkaran besar yang digunakan untuk dekorasi yang disebut kagami mochi (鏡餅) selama Tahun Baru Jepang. Membuat mochi adalah bagian penting dalam mempersiapkan Tahun Baru Jepang.

Ada berapa jenis mochi?

Ada banyak sekali jenis mochi yang terdapat di Jepang. Diantaranya adalah Daifuku, Ichigo Daifuku, Kusa Mochi, Mochi Ice Cream, Oshiruko, Kinako Mochi dan masih banyak lagi.

Akan tetapi secara umum orang lebih mengenal mochi sebagai Daifuku saja.

3 Cara Membuat Mochi Aneka Rasa

Nah seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa mochi itu memiliki banyak jenis bahkan bukan cuma manis saja ada juga mochi yang berasa gurih (savory food).

Baca Ini Juga  Jasa Setting/pasang Parabola Wonosobo

Nah berikut ini tim Harga Belanja telah merangkum cara membuat mochi dari berbagai sumber:

1. Cara Membuat Mochi Daifuku

Daifuku mochi adalah sejenis mochi yang berukuran besar, lembut, dan bulat, dengan anko  (pasta kacang merah manis) di dalamnya.

Bahan:

  • ¾ cangkir shiratamako (tepung beras ketan/tepung beras manis)
  • ¾ gelas air
  • ¼ cangkir gula (jangan hilangkan gula karena membantu mochi tetap lembut)
  • ½ cangkir tepung kentang atau tepung jagung
  • 1½ cangkir pasta kacang merah manis (anko)

Cara membuat mochi daifuku:

1. Kumpulkan semua bahan.

2. Campurkan shiratamako dan gula dalam mangkuk sedang dan kocok semuanya.

cara membuat mochi dengan mencampur bahan

3. Tambahkan air dan aduk rata hingga tercampur.

4. Metode Microwave: Jika kamu menggunakan microwave untuk memasak mochi, tutup mangkuk dengan bungkus plastik. Masukkan mangkuk ke dalam microwave dan panaskan dengan daya tinggi (1100w) selama 1 menit. Keluarkan dan aduk dengan spatula karet basah. Tutup lagi dengan longgar dan masak selama 1 menit tambahan. Aduk lagi, tutup dengan longgar, dan masak selama 30 detik lagi untuk menyelesaikan memasak. Warna mochi akan berubah dari putih menjadi hampir transparan dan terasa lengket.cara membuat mochi microwave

5. Jika menggunakan steamer, bungkus tutup steamer dengan handuk agar kondensasi tidak jatuh ke dalam campuran mochi. Masukkan mangkuk ke dalam keranjang pengukus dan tutup untuk memasak selama 15 menit. Di tengah proses memasak, aduk dengan spatula karet basah, lalu tutup hingga selesai memasak. Warna mochi akan berubah dari putih menjadi hampir transparan dan akan bertekstur lengket.

cara membuat mochi kukus

6. Tutupi permukaan meja kerja dengan kertas perkamen dan bersihkan dengan tepung beras.. Kemudian pindahkan mochi panas di atasnya.

7. Agar tidak lengket, taburkan lebih banyak tepung beras di atas mochi. Setelah agak dingin, sebarkan mochi menjadi lapisan tipis, sekitar 3/16 inci (4-5 mm), dengan tangan atau rolling pin. Pastikan untuk mengoleskan tepung kentang ke tangan kamu dan rolling pin sesuai kebutuhan.

8. Pindahkan mochi dengan kertas perkamen ke atas loyang besar. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit (jangan sampai lebih) sampai mochi mengeras.

9. Keluarkan mochi dari kulkas dan potong 7-8 lingkaran pembungkus mochi dengan pemotong kue berukuran 3½ inci (9 cm).

cara membuat mochi

10. Bersihkan tepung kentang berlebih dari pembungkus ini dengan sikat kue. Jika Anda menemukan bagian yang lengket, tutupi area tersebut dengan tepung kentang, lalu bersihkan. Selanjutnya, susun bungkusnya: Letakkan selembar bungkus plastik di atas piring dan taruh lingkaran mochi di atasnya. Kemudian, lapisi bungkus plastik lainnya di atasnya, dan tambahkan bungkus lain. Ulangi untuk semua pembungkus. Gulung adonan mochi yang tersisa menjadi bola, gulung menjadi lapisan tipis, dan potong lebih banyak lingkaran pembungkus (total saya bisa membuat sekitar 12 bungkus mochi).

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Memesan Minuman Di Starbucks? Yuk Simak Informasi Dibawah Ini!

11. Sekarang, kita siap membuat Daifuku . Di atas permukaan kerja, letakkan satu lembar bungkus plastik dengan bungkus mochi di atasnya. Menggunakan sendok kue sedang, letakkan sesendok anko di atas bungkus mochi.

12. Jepit empat titik berlawanan dari lingkaran mochi bersamaan untuk melampirkan anko. Kemudian jepit tepi yang tersisa menjadi satu.

menjepit adonan mochi

13. Taruh sedikit tepung kentang di area yang tertutup rapat dan sisihkan, jahitan menghadap ke bawah. Lanjutkan membuat sisa Daifuku hingga adonan habis.

cara membungkus adonan mochi

2. Cara Membuat Mochi Kusa

cara membuat kusa mochi

Cara membuat mochi yang selanjutnya adalah kusa mochi. Kusa mochi atau yang biasa juga disebut dengan Yomogi mochi adalah jenis mochi yang terbuat dari tepung ketan dengan tambahan yomogi. Yomogi adalah sejenis tanaman liar yang memberi warna hijau dan kesegaran pada mochi.

Bahan:

  • 200g tepung ketan
  • 20g gula
  • sekitar 200cc air hangat
  • 2 sdm bubuk Yomogi
  • 2 sdm. air
  • sekitar 250g pasta Anko (kacang merah)

Cara membuat mochi kusa:

1. Campurkan tepung beras ketan dan gula dalam mangkuk. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi tekstur daun telinga lalu aduk rata. Tempatkan bubuk Yomogi dan 2 sdm. air di cangkir lainnya.

2. Buat adonan menjadi potongan-potongan kecil lalu kukus selama 30 menit.

3. Setelah selesai, campurkan semua adonan lalu campur dengan Yomogi. Tumbuk dengan lidi lalu uleni/aduk rata dengan tangan setelah agak dingin.

4. Basahi tangan, taruh adonan di tangan, ratakan bentuk lingkaran, taruh bola bola pasta kacang merah lalu bungkus.

5. Jika adonan terlalu banyak, cubit untuk mengeluarkan adonan berlebih.

6. Kue mochi siap untuk dinikmati.

3. Cara Membuat Mochi Ice Cream

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat mochi ice cream. Mochi ice cream adalah mochi yang diisi dengan ice cream. Rasa kenyal dan lembut berpadu dengan manis dan dingin dari es krim membuat mochi ice cream ini menjadi enak sekali.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Peluang Kejadian Majemuk Beserta Jawabannya

Nah yuk langsung simak saja pembahasan cara membuat mochi ice cream berikut ini:

Bahan:

  • 125 gr tepung ketan
  • 150 ml air
  • Pewarna sesuai selera
  • 1 bungkus kecil biskuit Oreo
  • 100 ml susu kental manis
  • 200 ml susu cair
  • 50 gr tepung ketan sangrai
  • 1 sdm susu bubuk
  • 80 gr gula pasir

Cara membuat:

  1. Pertama tama campur dengan susu kental manis dan susu cair.
  2. Hancurkan biskuit Oreo, jangan terlalu lembek.
  3. Susun biskuit Oreo secukupnya di dalam loyang. Lalu masukkan campuran susu.
  4. Simpan di freezer kurang lebih 2 jam sampai beku.
  5. Setelah es krim kue mengeras dan membeku, buat lapisan mochinya.
  6. Campur tepung beras ketan giling, gula pasir dan susu bubuk, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga semuanya tercampur rata.
  7. Beri warna biru atau sesuai keinginan.
  8. Kukus adonan hingga matang. Jangan lupa tutup panci dengan kain agar air tidak menetes.
  9. Sambil menunggu adonan mengukus, masak tepung beras.
  10. Jika adonan sudah mengkilat dan lembut, angkat adonan dan letakkan di atas nampan yang ditaburi tepung beras sangrai.
  11. Kemudian tambahkan mochi dan taburkan tepung beras panggang lagi dan gulung dengan rolling pin.
  12. Potong kecil-kecil.
  13. Masukkan adonan mochi ke dalam loyang dan tambahkan es krim ke dalam kue dan tutup kembali dengan adonan mochi.
  14. Tekan pinggirannya agar ujung mochi tertutup dan otomatis terpotong.
  15. Tutup mochi dengan bungkus plastik di dalam lemari es sampai membeku.
  16. Mochi Cookie Ice Cream sudah beku dan siap disantap.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat mochi Jepang yang mudah dalam 5 menit. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang cara membuat mochi ya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga berhasil!

Baca Ini Juga:

5 Cara Membuat Salad Sayur yang Enak dan Praktis

Cara Membuat Pizza Teflon yang Enak Takaran Sendok, Cocok untuk Jualan