buah kaya vitamin A hargabelanja.com
source: Canva

5 Buah Kaya Vitamin A untuk Dukung Kesehatan Mata

Diposting pada

Agar mata lebih sehat, Anda sebaiknya rutin mengonsumsi buah kaya vitamin A. Meneruskan Katadata, buah dengan kandungan vitamin A  berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, kesehatan mata dan kesehatan fungsi reproduksi. Lantas, buah apa saja yang mengandung vitamin A tinggi? Simak daftar berikut ini!

Apa Saja Buah Kaya Vitamin A?

Buah Pepaya termasuk salah satu buah kaya vitamin A
Source: Canva

Pepaya

Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini merupakan buah kaya vitamin A. Dalam 152 gram pepaya tersedia vitamin A dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi 33% kebutuhan vitamin A harian orang dewasa.

Tak hanya vitamin A, pepaya juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalsium, seng, magnesium dan beragam nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Buah ini  juga mengandung vitamin C, E dan K.

Banyaknya nutrisi pada pepaya menjadikannya sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan antara lain, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menjaga kulit dari kerusakan dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Pisang

Buah pisang juga termasuk buah kaya vitamin A. Dalam 100 gram pisang biasanya terdapat 64 IU vitamin A. Buah ini tumbuh tanpa mengenal musim sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Pabrik di Bekasi Terbaru

Pada umumnya, pisang memiliki rasa yang mans dengan tekstur sedikit kenyal dan hulus. Namun, ada pula yang memiliki rasa masam dan sepat. Soal nutrisi, pisang termasuk jenis buah yang kaya. Selain itu, buah ini juga bisa berperan sebagai sumber energi.

Beberapa manfaat konsumsi pisang dalam jumlah cukup dan rutin adalah melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imunitas dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Mangga

Buah kaya vitamin A selanjutnya adalah mangga. Buah ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai tempat karena mangga tersebar di seluruh provinsi. Menurut data Badan Litbang Pertanian, sentra penanaman mangga ada di provinsi Aceh, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Sebuah mangga utuh biasanya mengandung 112 mcg vitamin A. Dengan jumlah tersebut, maka buah ini bantu mencukupi 45% kebutuhan harian vitamin Anda. Selain itu, mangga juga mengandung kalori, protein, serat, karbohidrat dan vitamin lain.

Baca Juga: Buah Penurun Asam Lambung, Mulai Melon Hingga Kelapa 

Baca Ini Juga  Penasaran dengan Jenis- Jenis Insomnia? Simak ini!

Apel

Apel merupakan buah kaya vitamin A yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari. Dalam 100 gram apel, biasanya terdapat sekitar 54 IU vitamin A. Meski begitu, kandungan vitamin terbanyak dalam apel adalah vitamin C, yakni sekitar 4,6 mg dalam 100 gram apel.

Vitamin C sendiri dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap agen infeksi dan kerusakan akibat radikal bebas.

Selain vitamin C, apel juga mengandung serat dan mineral. Salah satu mineral yang terdapat pada apel adalah kalium yang dapat mengurangi resiko asma dan alergi lain pada bayi.

Apel juga menyimpan vitamin B kompleks yang mencakup riboflavin, tiamin dan vitamin B6. Semua komponen ini berperan penting dalam menjaga sel darah merah dan mendukung kesehatan sistem saraf.

Baca Juga: 5 Buah Unik dan Langka di Dunia, Pernah Lihat?

Semangka

Buah kaya vitamin A berikut ini adalah favorit semua orang. Rasanya manis dan mengandung air berlimpah. Dalam 100 gram semangka, terdapat sekitar 569 IU vitamin A. Banyak bukan?

Baca Ini Juga  Cara Aktifkan Shopee Paylater Terbaru

Selain itu, buah ini juga menyimpan beragam nutrisi lain. Mengutip Healthline, 152 gram semangka menawarkan 46 kalori, 11,5 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 9,4 gram gula dan 0,9 gram protein.

Buah ini juga bantu mencukupi 14% kebutuhan harian vitamin C tubuh dan menawarkan beragam mineral seperti potasium dan magnesium. Dikarenakan 92% bagian buah ini terdiri dari air, maka buah ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Itulah buah kaya vitamin A yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari. Yuk rajin konsumsi buah dari sekarang!