buah kaya vitamin C
via Canva

5 Buah Kaya Vitamin C dan Manfaatnya

Diposting pada

Meskipun hanya dalam jumlah sedikit, namun tubuh memerlukan asupan vitamin C. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak lupa memasukkan 5 buah kaya vitamin C berikut ke dalam menu sehat Anda. Bicara manfaat, buah kaya vitamin C menawarkan beragam khasiat lho, beberapa diantaranya adalah mendukung kesehatan kulit, pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Buah Kaya Vitamin C

Anggur

buah kaya vitamin C: anggur
via Canva

Buah kaya vitamin C yang berikut ini memiliki ukuran kecil dan rasa yang segar. Meneruskan USDA, dalam 150 gram anggur terdapat sekitar 4,83 mg vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung air, kalori, protein, karbohidrat, serat dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan.

Anggur juga mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, fosfor dan kalium. Buah ini rendah lemak sehingga bisa dikonsumsi saat sedang diet. Pada buah ini jugat terdapat vitamin K yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sementara, kandungan kalium pada buah ini bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal dan jantung.

Sebagaimana buah yang lainnya, buah ini juga kaya antioksidan. Biasanya, kandungan antioksidan terbanyak terdapat pada buah anggur berwarna merah.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Wallpaper Keren Bergerak untuk Hp Oppo

Jambu Biji

buah kaya vitamin C: anggur
via Canva

Kandungan vitamin C pada buah jambu biji terbilang tinggi. Menurut informasi Google, 100 gram jambu biji biasanya mengandung sekitar 228.3 mg vitamin C.

Sementara, kandungan vitamin C pada buah jambu biji merah menurut hasil uji lab sekitar 42.9 mg per 100 gram. Tak heran buah ini menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Selain itu, buah jambu biji juga mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium dan kalium. Selain itu, jambu biji juga mengandung antioksidan berupa likopen yang bisa membantu mencegah dan menghambat laju pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Kiwi

buah kaya vitamin C: buah kiwi
via Canva

Buah kiwi termasuk salah satu buah kaya vitamin C yang mudah didapat di Indonesia. Dalam 100 gram, buah kiwi biasanya mengandung 92.7 mg vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut dapat membantu meningkatkan imunitas dan mencegah defisiensi mineral besi dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E, protein, asam folat dan vitamin K. Mengutip Yamkes Kemkes, buah ini menyimpan kalium, serat dan kaya dengan antioksidan.

Baca Ini Juga  Harga Ban Primax

Daging buahnya berwarna hijau dan rasanya manis. Sementara itu, kulitnya berwarna cokelat. Kulit kiwi tersebut sama enaknya dengan biji hitam yang terdapat di dalam buah kiwi. Meskipun semua bagian buah kiwi bisa dimakan, namun biasanya beberapa orang mengupas kulitnya.

Beberapa manfaat konsumsi buah kiwi secara rutin adalah mengatasi masalah rambut rontok, membantu pencernaan, mengatur tekanan darah, meningkatkan imunitas, menstabilkan diabetes dan mendukung kesehatan kulit.

Stroberi

Mengutip Wellcurve.in, 100 gram stroberi biasanya mengandung 58.8 mg vitamin C. Rutin mengonsumsi stroberi bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, penglihatan dan imunitas tubuh.

Kandungan antioksidan dalam buah stroberi juga membantu menghambat reaksi oksidasi serta melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini dapat membantu mencegah degeneratif dan kerusakan sel.

Jeruk

Jeruk juga merupakan buah kaya vitamin C. Dalam 100 gram jeruk, biasanya terdapat sekitar 53.2 mg vitamin C. Selain itu, ada pula kandungan lain seperti protein, potasium, lemak dan protein.

Mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat membantu melindungi kesehatan mental karena jeruk membantu mengurangi resiko stress. Selain itu, jeruk juga membantu mencegah batu ginjal, menghambat pertumbuhan sel kanker, merawat sel kulit dan mengurangi resiko disabilitas.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jenjang Diploma dengan Sistem UKT

Buah jeruk juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, penglihatan hingga menurunkan resiko anemia. Kandungan vitamin dan mineral pada buah jeruk turut meningkakan kesehatan tulang dan otot.

Itulah beberapa buah kaya vitamin C dan manfaatnya yang menarik untuk Anda ketahui. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh.