Makanan yang dilarang saat batuk
Makanan yang dilarang saat batuk.|Unsplash.com

6 Jenis Makanan Yang Dilarang Saat Batuk

Diposting pada
Makanan yang dilarang saat batuk
Makanan yang dilarang saat batuk.|Unsplash.com

Ada beberapa makanan yang dilarang saat batuk. Hal ini karena dapat memparah kondisimu. Bahkan bisa jadi, batuk yang kamu alami tidak kunjung sembuh. Maka kamu dapat mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lainnya. Dimana makanan tersebut memang baik untuk kesehatan sekaligus tidak membuat batuk tambah parah.

Adapun penyebab batuk  sendiri dapat berbeda-beda tiap orang. Namun, paling umum batuk disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah dan allegri. Selain itu, penyebab lainnya dikarenakan asma, bronkitis kronis, dan lain sebagainya.

Makanan Yang Dilarang Saat Batuk

Minuman dingin maupun kopi dapat membuat parah batuk yang kamu alami. Nah, selain minuman ada pula makanan yang harus kamu hindari. Maka untuk tidak mengkonsumsi makanan dibawah ini sampai kamu merasa sembuh. Meskipun, tidak dipungkiri bahwa makanan dibawah memang memiliki cita rasa yang enak. Lantas apa saja makanan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Buah Dengan Jenis Tertentu

Meskipun diketahui bahwa buah memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Namun, tidak semua dapat dikonsumsi oleh kamu yang sedang batuk. Dimana buah tersebut memiliki karbohidrat yang sangat tinggi dan umumnya teksturnya keras.  Diantaranya adalah buah pepaya mentah, pisang, mangga mentah, dan lain sebagainya. Meskipun buah-buah tersebut sering diolah menjadi makanan yang lezat.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Tulisan WA Kosong  

2.    Produk Olahan Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang populer dan sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan sudah ada beberapa produk makanan juga. Seperti keju, ice cream, mentega, dan lain sebagainya. Bukan rahasia lagi apabila susu memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi.

Tentu hal tersebut dapat membuat tulang, gigi, dan rambut menjadi sehat. Namun, sebaiknya bagi yang menderita batuk menghindari produk ini terlebih dahulu. Hal ini karena dapat menyebabkan produksi lendir meningkat dan dapat membentuk dahak. Sehingga peradangan pada tenggorokan pun menjadi semakin parah.

3.    Makanan Yang Dilarang Yaitu Fast Food

Makanan ini memang lebih praktis dan memiliki rasa yang enak. Tidak heran, banyak orang yang menyukainya. Selain itu, harga dan varian makanan nya pun beragam. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri, bukan?

Namun, bagi kamu yang sedang batuk, sebaiknya hindari makanan ini. Hal ini karena fast food mengandung minyak yang terbilang banyak saat proses pembuatannya. Sehingga hal tersebut pun dapat mengganggu bahkan menghambat pemulihan tersebut.

Baca Ini Juga  6 Rekomendasi Aplikasi Trading Terbaik

4.  Hindari Makan Kue Manis Saat Batuk 

Bagi kamu yang menyukai kue manis, tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, bukan? Namun, hal tersebut bukanlah tanpa sebab. Melainkan dikarenakan makanan ini banyak mengandung gula.

Dimana  kandungan gula dapat membuat tenggorokan semakin gatal. Selain itu, menyebabkan iritasi semakin parah. Maka, untuk semenatara waktu, cobalah untuk tidak memakan kue atau makanan manis terlebih dahulu. Sampai kondisimu benar-benar pulih.

5.  Makanan Yang Dilarang (Keripik)

Makanan ini merupakan salah satu cemilan favorit. Biasanya orang akan mengkonsumsi ini pada saat nonton, ngobrol dengan teman, dan lain sebagainya. Selain itu, jenis keripik pun berbeda-beda. Ada keripik singkong, kentang, ubi, tempe, dan lain sebagainya.

Namun, sayangnya kamu tidak bisa menikmatinya  ketika batuk. Hal ini karena cemilan ini melalui proses penggorengan oleh minyak goreng. Dimana seperti yang diketahui bahwa makanan yang mengandung minyak berlebih dapat menyebabkan tenggorokan iritasi.

6.    Gorengan

Siapa yang tidak tahu makanan ini? Selain enak, makanan ini pun murah dan dapat kamu temukan dengan mudah. Namun, gorengan tidaklah baik dikonsumsi oleh orang yang sedang batuk. Tentu ini karena dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan.

Baca Ini Juga  4 Resep Olahan Daging Sapi Paling Enak dan Mudah

Terutama jika makanan tersebut digoreng menggunakan minyak yang dipanaskan secara berulang kali. Ini hanya akan memperburuk gejala batuk yang kamu alami.

Beberapa jenis makanan yang dilarang saat batuk di atas, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsinya. Selain itu, kamu pun perlu istirahat dan minum yang cukup. Jika batuk semakin parah, tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter.