Makanan khas jawa Barat.|Unsplash.com
Makanan khas jawa Barat.|Unsplash.com

Apa Saja Makanan Khas Jawa Barat? Yuk Simak Informasi Ini!

Diposting pada

Makanan khas jawa Barat tidak kalah enak dengan ciri khas daerah lainnya. Dari mulai makanan yang memiliki rasa asin hingga manis di daerah ini tersedia. Meskipun terkadang di provinsi lain sering ada yang memasarkannya, tetapi ada pula yang tidak ada.

Makanan Khas Jawa Barat

Makanan khas jawa Barat.|Unsplash.com
Makanan khas jawa Barat.|Unsplash.com

Jawa Barat terletak di pulau Jawa dan merupakan tempat tinggal kebanyakan suku Sunda. Selain itu, provinsi ini pun dikenal dengan makanan-makanan khas nya yang lezat. Sehingga tidak heran apabila ada wisatawan sering memburu kuliner di daerah ini. Lalu apa saja makanan yang Provinsi Jawa Barat? Yuk Simak ulasan berikut ini!

1.    Peuyeum Sampeu Atau Tape Singkong

Makanan ini terbuat dari singkong dan difermentasikan beberapa hari. Sehingga rasanya ada manis dan agak sedikit asem. Selain itu, pada makanan ini pun ada sensasi gurihnya sehingga enak untuk dinikmati.

Terutama jika peuyeum sampeu ini bersuhu dingin. Bahkan, makanan ini sering dicampurkan di makan lain seperti es doger. Bentuknya sendiri panjang sebagaimana bentuk asli singkong. Makanan ini akan banyak dijumpai di daerah Bandung dan harganya berkisar sekitar Rp 17.500 untuk setiap kilogram nya.

Baca Ini Juga  Rekomendasi 4 Wisata Alam di Bandung

2.    Combro Dan Misro

Combro dan misro sama-sama terbuat dari singkong, tetapi rasa yang dimiliki jelas berbeda. Combro merupakan singkatan dari oncom di jero yang tentunya memiliki rasa asin, gurih, dan pedas. Biasanya, di dalamnya juga terdapat daun kemangi untuk membuat makanan tersebut lebih wangi.

Sementara misro merupakan singkatan dari amis di jero atau dengan kata lain manis di dalam. Hal ini karena di dalamnya terdapat gula merah.  Makanan ini sendiri dibanderol Rp 1000 sampai dengan Rp 1500 untuk setiap buah (sedang).

3.    Nasi Tutug Oncom

Makanan ini akan banyak kamu jumpai di daerah Tasikmalaya karena memang khas kota tersebut. rasanya pun gurih dan asin. Dimana dalam campurannya sendiri adalah nasi yang dicampur dengan oncom, bawang goreng, dan dilengkapi dengan sambal terasi. Selain itu, terdapat pula irisan telur dadar, lalapan, dan ada pula yang menggunakan ikan asin.

4.    Mie Kocok

Mie jenis ini bisa kamu jumpai di berbagai daerah Jawa Barat, tetapi yang paling terkenal yaitu berada di Bandung. Mie ini sendiri merupakan campuran mie kuning yang berkisahkan kaldu, bakso, tauge, dan tetelan sapi.

Baca Ini Juga  Cara Mengubah Font Gratis Vivo Y12 Mudah dan Simpel

Lebih segar lagi apabila kamu menggunakan jeruk limau dan kuahnya. Bahkan untuk meningkatkan aroma sedap dalam makanan ini ditambahkan daun seledri dan bawang goreng. Tentu rasanya asin dan diperkuat oleh kaldu dari sapi sehingga rasanya gurih.

5.    Batagor

Makanan ini terbuat dari tahu, ikan tenggiri, dan tepung tapioka yang digoreng. Selain itu, ditambahkan bumbu saus kacang, kecap, sambal, dan saus. Untuk menambah cita rasanya, bahkan ditambahkan potongan timun kecil-kecil dan jeruk limau. Harga dari makanan ini bervariasi, tetapi rata-ratanya adalah Rp 5.000 sampai dengan Rp 15.000 untuk setiap porsinya.

6.    Lotek

Makanan ini terdiri dari sayuran yang telah matang kemudian dicampur dengan sambal kacang yang dibuat secara otodidak. Tidak hanya itu saja, ada lontongnya pula. Sehingga, tidak hanya dijadikan makanan pelengkap. Namun, sering dikonsumsi untuk makan siang pula. Terlebih dicampur dengan goreng bawang merah, aromanya semakin mengikat.

Makanan khas Jawa Barat selain di atas masih banyak lagi ada dodol garut, moci, pancong, siomay, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa makanan tradisional ini yang dipadu padankan dengan makan lain.seperti ice cream mochi yang sudah dipasarkan ke berbagai wilayah.

Baca Ini Juga  Cara Merubah JPG ke PDF dengan Mudah dan Gratis