Cara mengatasi Insecure.| Unsplash.com
Cara mengatasi Insecure.| Unsplash.com

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure? Yuk Coba Tips Ini!

Diposting pada

Cara mengatasi insecure bisa kamu lakukan dengan menerima diri apa adanya. Memiliki hati yang lapang dan jiwa yang bersyukur, tentunya akan membuat hidup kamu lebih tenang. Terlepas dari beban penilaian manusia dan mampu mengukur diri, sehingga kamu dapat fokus menikmati hidup.

Insecure meski terlihat sepele, namun bisa berdampak pada kesehatan mental juga kehidupan si penderita. Ketika kamu mengalami rasa tidak percaya diri, kamu akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang banyak. Ragu untuk memutuskan pilihan bahkan lebih parah adalah mengalami depresi. Sehingga rasa insecure ini perlu untuk diatasi penyebabnya.

Cara Mengatasi Insecure

Cara mengatasi Insecure.| Unsplash.com
Cara mengatasi Insecure.| Unsplash.com

Insecure dapat terjadi karena berbagai hal. Mulai dari tekanan keluarga, diberhentikan kerja hingga kehilangan orang tersayang. Seorang yang mengalami insecure akan menunjukan sikap yang berlebihan, sombong, sering pamer dengan merendahkan diri. Bahkan menyalahkan diri ketika tidak mampu mencapai sesuatu. Adapun cara mengatasi insecure sebagai berikut.

1.      Bersyukur

Bersyukur merupakan cara mengatasi insecure yang paling ampuh. Sebab seseorang yang tidak bersyukur tidak akan pernah merasa puas dengan hasil pencapaian. Bahkan jika mengalami kegagalan akan mengalami keterpurukan sehingga merasa tidak percaya diri.

Baca Ini Juga  Cara Membuka Aura Tempat Usaha

Kamu juga perlu bersyukur dengan kekurangan apapun yang kamu miliki. Misalnya memiliki bentuk hidung yang pesek, tubuh dengan warna kulit tertentu. Karena pada dasarnya hal tersebut merupakan pemberian dari Sang Pencipta. Tidak sedikit yang berusaha keras untuk merubahnya dengan melakukan operasi plastik atau dengan cara – cara lainnya.

2.      Melawan Pikiran yang Negatif

Seorang yang mengalami insecure akan selalu merasa ragu, cemas dan ketakutan dalam melakukan pilihan. Karena seringnya mengalami tekanan dan dipandang sebelah mata oleh lingkungan. Sehingga muncul perasaan rendah diri dan tidak dapat berfikir positif. Maka pikiran yang mengganggu tersebut harus dihilangkan.

Jika kamu senantiasa berpikir positif, maka tidak akan pernah muncul rasa kecewa. Kamu akan selalu mencari peluang dari berbagai kekurangan dan kesulitan yang ada. Kamu bisa melawan pikiran negatif ini dengan mengenal setiap kekurangan, kelebihan, kekuatan dan kelemahan. Kemudian memaksimalkan potensi dan meningkatkan kualitas diri.

3.      Jadikan Kegagalan Sebagai Motivasi

Sebuah keniscayaan dalam hidup manusia untuk mengalami keberhasilan maupun kegagalan. Akan tetapi, kita perlu menyikapinya secara bijaksana. Bila berhasil maka bersyukur, jika gagal maka kamu perlu menerima kegagalan tersebut dengan lapang dada. Namun, bukan berarti kamu berhenti begitu saja. Kamu perlu melakukan evaluasi pada setiap prosesnya.

Baca Ini Juga  Cara Mudah Kredit Hp Melalui Shopee

Kemudian, kamu jadikan kesalahan yang pernah kamu lakukan sebagai pelajaran. Karenanya perlu bagi kamu mengetahui apa penyebab kegagalan tersebut. kemudian mencari solusinya dan mencoba lagi. Bahkan seorang Thomas Alfa Edison harus mengalami kegagalan sebanyak 9000 kali untuk berhasil melakukan penemuan.

4.      Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Setiap orang punya kisah jatuh bangunnya sendiri. Ada yang mampu bertahan dan melanjutkan prosesnya. Saat kamu mendengar pengalaman hidup orang lain, kamu akan menemukan nilai pembelajaran hidup. Bahwa setiap manusia memiliki masalah dan setiap masalah selalu ada solusinya. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi insecure yang efektif.

 

Kamu juga bisa melihat, bagaimana orang – orang sukses yang harus melalui jatuh bangun dalam prosesnya. Dan bagaimana cara mereka untuk bertahan dan melakukan inovasi dalam strategi usahanya. Sehingga kedepan kamu memiliki strategi yang jelas dan terukur, tanpa harus terus mengalami kegagalan. Semuanya dapat dimulai dari kesadaran diri kamu sendiri.