Mengenal Insecure.|Unsplash.com
Mengenal Insecure.|Unsplash.com

Yuk Mengenal Insecure Lebih Jauh !

Diposting pada

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan insecure. Banyak orang yang tahu istilah tersebut, tetapi masih belum terlalu paham mengenai maknanya. Sehingga, agar tidak salah penafsiran perlu mengenal lebih jauh insecure. Selain itu, seseorang memiliki penyebab insecure yang berbeda sehingga tidak bisa disamaratakan.

Setiap orang pasti pernah mengalami insecure atau mungkin sedang merasakan insecure. Perasaan tersebut tentu saja cukup mengganggu dan menjadikan segala kegiatanmu terasa tidak maksimal. Sehingga, perlu dilakukan sesuatu agar perasaan insecure tersebut gak semakin jauh. Dibawah ini merupakan berbagai informasi seputar perasaan insecure yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Insecure dan karakteristiknya

Mengenal Insecure.|Unsplash.com
Mengenal Insecure.|Unsplash.com

Sebelum membahas lebih jauh insecure, pertama kamu harus tahu dulu apa pengertian dan karakteristiknya. Dengan begitu, kamu jadi paham terkait garis besarnya. Secara umum, insecure merupakan salah satu istilah dalam psikologi yang menggambarkan perasaan tidak nyaman. Nah, untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

1.    Pengertian Insecure Menurut Psikologi

Dalam dunia psikologi, insecure diartikan sebagai sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi ketika kamu menilai diri sendiri menjadi seorang inferior dari orang lain. setelah itu, mengenai suatu aspek tertentu yang tengah terjadi dalam kehidupan yang dianggap juga sebagai kehidupan relevan. Serta, hal-hal lain yang yang menjadi penilaian dapat menimbulkan valensi negatif pada perasaan yang kamu miliki.

Hal tersebut disebabkan karena, kami menganggap inferioritas adalah sesuatu yang membuat tak nyaman dalam menghadapi suatu tantangan. Kamu cenderung merasa bahwa hal itu tidak memenuhi standar tertentu baik bagi orang lain maupun diri sendiri.

2.    Karakteristik Insecure

Berikutnya dalam mengenal lebih jauh Insecure, kamu juga perlu mengetahui terkait karakteristiknya.­­salah satu karakteristik insecure yang kerap kali dialami oleh banyak orang adalah Ketika kamu hendak membandingkan diri dengan orang lain, kamu merasa bahwa kamu tidak mampu atau tidak memiliki kelebihan dibandingkan orang di luar sana.

Hal tersebut sering membuat banyak orang merasa insecure juga tidak percaya diri. Sehingga tak jarang juga malah menghambat seseorang untuk bisa maju atau berkembang. Melihat fakta tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa perasaan insecure sangatlah tidak baik dan dapat memengaruhi kualitas diri seseorang.

Tanda-Tanda Insecure

Seseorang yang mengalami perasaan insecure memiliki berbagai tanda khusus. Tanda-tanda tersebut biasanya bisa dilihat atau dirasakan baik oleh diri sendiri. Perasaan insecure tersebut bisa disebabkan karena pernah mengalami kegagalan, mendapatkan penilaian kurang dari orang lain, atau bisa juga memiliki sifat perfeksionis. Berikut merupakan tanda-tandanya.

1.       Mencoba melihat orang lain insecure

Tanda pertama yang dialami oleh seorang insecure, biasanya selalu berusaha untuk membuat lawan bicara atau orang lain merasakan insecure. Umumnya, Tindakan tersebut dilakukan untuk menunjukan kelebihan yang dimilikinya kepada orang lain. Perlakuan tersebut bisa dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.

Baca Ini Juga  Cara Download Reels Instagram dengan Mudah dan Aman

2.      Posesif

Tanda berikutnya yang dialami oleh seorang yang insecure adalah sikap posesif yang lahir dari ketidakpercayaan diri. Tanda jika kamu memiliki perasaan insecure seringkali membutuhkan validasi dari orang lain agar bisa merasa aman dan nyaman secara emosional. Ketika kamu tidak mendapatkan validasi dari orang, maka perasaan akan jadi cemas.

Selain itu, kamu juga seringkali merasakan perasaan cemburu karena takut kehilangan seseorang yang disayang atau dicintai. Dalam hubungan percintaan, bahkan gak jarang kamu sering menerapkan peraturan tertentu yang terkesan berlebihan kepada pasangan. Hal tersebut dilakukan agar membuat kamu merasa lebih tenang.

3. Senang Mengatur

Karena merasakan insecure atau tidak percaya diri, sehingga menjadikan kamu sebagai sosok yang senang mengatur orang lain atau bossy. Hal tersebut dilakukan karena kamu tidak mudah percaya kepada orang lain dan merasa bahwa tidak ada orang yang bisa diandalkan. Jika kamu tidak mengatakannya secara langsung, maka kamu akan khawatir orang lain membuat kesalahan.

Perilaku tersebut kerap kali membuat orang lain kesal dan tidak nyaman. Sehingga, tidak jarang malah akan menimbulkan konflik. Terlebih lagi jika kamu menyampaikan perintah secara kasar dan semena-mena. Hal tersebut akan turut memengaruhi pandangan atau penilaian orang lain kepada dirimu menjadi sosok yang buruk.

4. Senang Membanding-Bandingkan

Berikutnya, tanda jika kamu merupakan sosok yang insecure adalah sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Misalnya, kamu membandingkan bentuk tubuhmu dengan orang lain. Kamu sering melihat potret tubuh ideal dari seorang public figur dan secara gak langsung membandingkannya dengan tubuhmu.

Tindakan membanding-bandingkan tersebut juga tidak jarang juga akan turut memengaruhi kamu dengan berambisi agar bisa menjadi sosok yang ideal tersebut. Di satu sisi mungkin ini akan memberikan pengaruh yang baik, tapi tak jarang juga malah akan berdampak sebaliknya. Sehingga, perlu penanganan ahli agar bisa terlepas dari pengaruh tersebut.

5. Fokus kepada kekurangan diri sendiri

Selalu fokus kepada kekurangan diri sendiri merupakan tanda insecure berikutnya. Kamu sering merasa minder dan rendah diri atas kekurangan tersebut. Hal tersebut menjadikan kamu tidak bisa mengeksplor kelebihan dan potensi yang dimiliki. Sehingga, jika perasaan insecure ini tidak segera ditangani akan berdampak pada Kesehatan mental.

6. Tidak mau keluar dari zona nyaman

Tanda jika kamu memiliki sifat insecure selanjutnya yakni, sulit keluar dari zona nyaman. Karena insecure, kamu jadi takut untuk mengeksplor atau mencoba hal baru. Sehingga, kamu akan terus terjebak dalam zonanya nyaman tersebut. Hingga akhirnya kamu harus menanggung resiko bahwa kamu tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dan menyulitkanmu.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Nasi Goreng Naik Kelas Ala Restoran Bintang 5

7. Sering menceritakan prestasi atau pencapaian diri sendiri

Karena merasa rendah diri, menjadikan kamu mencari jalan lain agar orang lain bisa menghargaimu. Salah satu cara yang kerap kali dilakukannya adalah dengan menceritakan pencapaian atau prestasi yang telah berhasil diraihnya. cerita tersebut bisa saja disampaikan berulang kali kepada seseorang yang sama hanya untuk sebuah pengakuan dari orang lain.

Dampak Bagi Kesehatan Mental

Perasaan insecure jika dibiarkan semakin parah tanpa penanganan akan mempengaruhi Kesehatan mental.­ Kondisi seseorang yang dinyatakan perlu penanganan adalah ketika kamu merasakan perasaan tersebut setiap hari dan kadang mempengaruhi aktivitas harian mu. Berikut merupakan beberapa dampak insecure bagi kesehatan mental akibat perasaan insecure yang berlebihan.

1.      Depresi

Pertama dampak dari perasaan insecure yang berlebih yakni bisa menimbulkan depresi. Hal tersebut terjadi karena, semakin tinggi rasa insecure seseorang, maka akan tinggi pula perasaan cemasnya. Jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada psikis seseorang, salah satunya yakni depresi.

Depresi juga akan turut mempengaruhi kepribadian kamu. Misalnya, kamu jadi sosok yang lebih tertutup, murung, mudah gelisah, mudah stress, dan selalu beranggapan bahwa orang lain lebih hebat dari kamu. Jika sudah sampai tahapan ini sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan psikolog yang berpengalaman.

2.      Aktivitas harian yang terganggu

Perasaan insecure juga akan mempengaruhi aktivitas harian yang kamu lakukan. Hal tersebut dikarenakan insecure membuat pikiran kamu hanya akan dipenuhi oleh sesuatu  yang negatif dan sangat mengganggu. Kamu jadi lebih tidak bersemangat dalam menjalani kegiatan harian.

Selain kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari, perasaan insecure juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial kamu. Kamu merasa kurang percaya diri untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain dan memilih untuk menjadi seseorang yang lebih tertutup untuk menghindari interaksi berlebihan dengan orang lain, terutama orang asing.

3.      Menganggap bahwa diri sendiri tidak berharga

Seseorang yang insecure juga akan berdampak pada Kesehatan mental dimana kamu merasa bahwa dirimu tidak berdaya. Ketika kamu merasa bahwa dirimu tidak berharga, maka semangat untuk menjalani aktivitas harian jadi menurun. Bahkan tidak jarang juga akan merusak hobi yang sebelumnya sangat kamu gemari.

4.      Mengalami rasa takut berlebih

Perasaan takut berlebih bagi seorang yang insecure tidak hanya terhadap sesuatu yang besar, melainkan juga untuk hal-hal yang kecil. Hal tersebut akan berdampak pada perasaan takut yang muncul mulai mengganggu dan cenderung tidak sehat. Jika dibiarkan semakin memburuk, maka akan berdampak pada permasalahan mental seperti halusinasi dan delusi.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Ilmu Ekonomi

Jika dibiarkan tanpa penanganan ahli, maka akan membuat kamu lebih tersiksa dan merasa tidak aman. Sehingga, sebaiknya Ketika perasaan takut sudah mulai mengganggu, maka lakukan konsultasi dengan ahlinya seperti berangkat ke psikiater agar diberikan penangan serta terapi yang tepat. Jangan takut dan jangan ragu untuk menceritakan apapun yang kamu alami.

5.      Gangguan kepribadian batas ambang

Gangguan kepribadian batas ambang atau biasa dikenal juga dengan sebutan borderline personality disorder merupakan suatu kondisi kronis yang ditandai dengan suasana hati yang tidak stabil, perilaku, serta citra diri. Seseorang yang mengalami gangguan ini akibat perasaan insecure bisa melakukan berbagai Tindakan seperti menyakiti diri sendiri.

Gangguan kepribadian ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga maupun pekerjaan. Sehingga, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan tenaga ahli dan lakukan sesi konseling rutin. Jika sudah dalam tahap berbahaya, biasanya akan disarankan untuk melakukan perawatan intensif.

6.      Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan atau anxiety merupakan suatu perasaan yang gugup atau gelisah. Bagi kamu yang insecure biasanya akan mengalami rasa cemas Ketika harus dihadapkan dengan kondisi tertentu. Misalnya, saat sedang menghadapi ujian, wawancara kerja, atau Ketika kamu harus menentukan keputusan penting.

Umumnya, rasa cemas diperlukan agar kamu bisa merasa lebih waspada dan berhati-hati. Namun, hal tersebut akan berdampak buruk jika terjadi secara berlebihan. Hal tersebut ditandai dengan perasaan cemas yang muncul secara berlebihan dan sulit dikontrol. Sehingga, akan sangat mengganggu aktivitas harian kamu.

7.      Paranoid

Gangguan Kesehatan mental berikutnya yang akan dialami Ketika kamu merasakan perasaan insecure secara berlebih adalah paranoid. Paranoid adalah salah satu masalah psikologis yang ditandai dengan munculnya rasa curiga dan takut yang berlebihan. Bagi kamu yang mengalami hal ini biasanya sangat sulit mempercayai orang lain dan punya pola pikir yang berbeda.

Itulah berbagai informasi terhadap mengenal lebih jauh insecure yang perlu kamu ketahui. Ketika kamu merasakan bahwa perasaan insecure tersebut sangat mengganggu dan mempengaruhi aktivitas, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahli. Sehingga, hal tersebut dapat mengatasi insecure dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kamu. Baca juga infromasi menarik lainnya di rekomendasi.co untuk menambah pengetahuan sekaligus mengisi waktu kosongmu.