cara membuat surat izin sekolah

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Cara membuat surat izin sekolah perlu kalian ketahui agar bisa mendapatkan izin ketika ada keperluan. Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka tidak berangkat sekolah, baik itu karena sakit, ada acara penting, atau karena faktor lainnya. Dengan membuat surat izin, maka pihak sekolah akan memperbolehkan hal itu.

Dalam membuat surat izin, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Bila membuatnya dengan asal, maka izin yang kalian ajukan kemungkinan tidak diperoblehkan. Namun jika surat izin kalian buat sesuai dengan standar dan ketentuan, maka untuk mendapatkan izin tidak masuk bisa kalian lakukan. Untuk membuatnya, perlu kalian ketahui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Apa Itu Surat Izin Sekolah?

Surat izin sekolah adalah surat yang berisikan keterangan bahwa pemegang surat tersebut diberi izin untuk melakukan sesuatu. Biasanya saat ada keperluan, sakit, kegiatan, atau karena faktor lainnya yang membuat pemegang surat tersebut izin. Dalam membuat surat izin, harus ada kebenaran dan tanggung jawab atas apa yang kalian tulis.

Baca Ini Juga  Harga Ukulele Senar 3

Apabila kalian bertujuan untuk menipu, maka akan mendapatkan konsekuensi dari pihak sekolah. Seperti halnya ketika kalian malas sekolah dan memilih untuk tidak berangkat. Namun kalian bilang ke pihak sekolah dengan menggunakan surat bahwasanya sakit. Dalam membuat surat izin harus kalian penuhi dengan tanggung jawab.

Pembuatan surat izin bisa kalian lakukan dengan dua cara yaitu tulis tangan atau tidak. Namun kebanyakan surat izin menggunakan tulis tangan yang di dalamnya berisikan tanda tangan orang tua. Dengan surat izin yang resmi, maka pihak sekolah akan memberikan hak kepada kalian untuk tidak masuk sekolah.

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

cara membuat surat izin sekolah

Membuat surat izin ada beberapa tahapan yang harus kalian lalui sebagai berikut:

  • Tujuan Pengiriman Surat

Hal penting yang harus kalian lakukan adalah menulis jelas tujuan pengirimannya. Isi dari surat tersebut kepada siapa surat ditujukan, baik untuk kepala sekolah ataupun wali kelas masing-masing. Biasanya setiap sekolah memiliki kebijakan tersendiri terkait pengiriman surat yang mereka berikan.

  • Alasan Izin
Baca Ini Juga  Harga Hp Asus ROG 2 Untuk Kebutuhan Gaming

Unsur penting dalam membuat surat izin adalah alasan yang kalian lakukan. Alasan ini memungkinkan kalian diterima atau tidak untuk mendapatkan izin dari pihak sekolah. Alasan yang harus kalian tulis benar-benar resmi agar tidak menimbulkan kendala. Seperti halnya kalian izin karena sakit atau ada acara tertentu yang memungkinkan kalian tidak bisa berangkat sekolah.

Membuat Surat Izin Sekolah

Dalam membuat surat izin, ada unsur-unsur yang harus kalian cantumkan di dalamnya. Hal ini meliputi sebagai berikut:

  • Tanggal dan Alamat Tujuan

Penulisan tanggal dan alamat sesuai dengan hari kalian akan melakukan izin. Seperti halnya dengan menuliskan “Purbalingga, 13 Mei 2022”.

  • Nama Tujuan

Tujuan surat kalian buat untuk siapa harus kalian tulis dengan jelas. Seperti halnya “Yth Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SD Negeri 1 Karangpule”

  • Salam Pembuka

Terdapat kalimat salam pembuka di awal paragraf yang harus kalian cantumkan dalam membuat surat izin sekolah

  • Biodata

Biodata berisikan keterangan nama, kelas, alamat, dan lain sebagainya.

  • Isi Surat

Isi berisikan tentang alasan kalian melakukan izin sekolah seperti sakit, ingin pergi keluar kota, dan lain sebagainya.

  • Kalimat Penutup dan Nama Pengirim
Baca Ini Juga  Contoh Soal AKM Lengkap dengan Penjelasan dan Gambar

Terakhir adalah kalimat penutup beserta nama pengirim. Tujuannya adalah agar guru atau wali kelas kalian mengetahui siapa yang mengirimkan surat izin tersebut.

Demikian cara membuat surat izin sekolah yang bisa kalian ikuti dengan baik. Pastikan membuatnya dengan benar agar bisa mendapatkan izin dari pihak sekolah.