Tempat menenangkan diri saat stress.| Unsplash.com
Tempat menenangkan diri saat stress.| Unsplash.com

Rekomendasi Tempat Menenangkan Diri Saat Stress Di Indonesia

Diposting pada

Tempat menenangkan diri saat stress sebenarnya menjadi salah satu cara untuk membantu mu untuk jeda sementara waktu. Selain itu, hal tersebut pun dapat membuat kamu tenang sehingga dapat membantumu untuk mencari solusi atas masalah yang kamu hadapi tersebut. Beberapa orang melakukan perjalanan traveling ke berbagai pelosok dunia.

Seperti ke Eropa, Australia, dan benua lainnya. Tentunya, untuk bepergian tersebut, menelan biaya yang cukup banyak. Namun, bagi sebagian orang hal tersebut memang lah worth it untuk pengalaman yang mereka dapatkan.

Alasan Perlu Ke Tempat Yang Menenangkan Diri Saat Stress

Tempat menenangkan diri saat stress.| Unsplash.com
Tempat menenangkan diri saat stress.| Unsplash.com

Ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui, sehingga pergi ke tempat menenangkan diri saat stress itu memang penting. Salah satunya adalah untuk mengurangi rasa cemas, mengurangi stress, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut yuk, simak informasi berikut ini secara seksama!

1.    Membantu Mengurangi Stress

Seperti yang diketahui stress dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya beban pekerjaan yang banyak setiap hari. Sehingga, membuat tubuh pun merasa kelelahan dan terancam. Tentu hal tersebut menyebabkan keadaan sehat pun tidak akan baik sehingga mengganggu rutinitas. Ditambah bekerja delapan sehari dan hal ini dilakukan selama lima hari setiap minggunya.

Bahkan ada yang sampai enam hari untuk setiap minggunya dengan jam kerja tujuh jam. Maka wajar, apabila kamu merasa tertekan dengan hal tersebut. Dengan demikian, sesekali mengunjungi tempat yang menenangkan ketika kamu stress itu akan membuatmu lebih merasa enjoy.

Kamu dapat menikmati quality time di tempat tersebut tanpa terganggu oleh masalah pekerjaan. Apabila kamu sudah berumah tangga, hal ini pun bagus untuk membuat tali persaudaraan antar anggota keluarga lebih erat.

2.    Membantu Meredakan Kecemasan

Rasa cemas dapat membuat kamu rugi sendiri, pasalnya, kamu tidak akan bisa mengambil keputusan yang tepat, mengoptimalkan hal yang kamu kerjakan, dan lain sebagianya. Hal tersebut pun dialami ketika stress, dimana pikiran tidak bisa berpikir dengan matang.

Sehingga menimbulkan rasa cemas yang semakin menjadi. Maka salah satu alasan mengapa perlu pergi mendatangi tempat menenangkan diri saat stress. Selain itu, ketika berada ditempat tersebut, kamu akan merasa lebih rileks atau enjoy. Sehingga kamu akan jauh lebih tenang dibandingkan sebelumnya.

3.    Meningkatkan Produktivitas

Dengan mendatangi tempat menenangkan diri saat stress, dapat membantu kamu untuk lebih produktif lagi dalam memanfaatkan waktu. Baik dalam bekerja maupun menjalankan rutinitas lainnya. Hal tersebut tentu, akan berkaitan erat dengan output yang kamu hasilkan pula.

Tentu hal ini bukan lah bukanlah tanpa alasan, melainkan ketika kamu berlibur dan merasa lebih tenang, maka  otak pun akan merasa lebih fresh dari sebelumnya. Bahkan dapat membuat diri lebih semangat lagi untuk bekerja maupun menaklukan aktivitas lainnya. Sehingga tidak ada salahnya untuk pergi berlibur. Terutama ketika sudah merasa jenuh dengan kegiatan yang dijalankan dan tanda-tanda stress sudah mulai kamu rasakan.

Baca Ini Juga  Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

4.    Menimbulkan Rasa Kepuasaan Dalam Hidup

Dengan mengunjungi tempat menenangkan diri saat stress ini, kamu dapat menemukan hal-hal baru. Seperti pemandangan yang indah, budaya, dan lain sebagainya. Sehingga dapat mempengaruhi bagaimana kamu memandang sesuatu.

Bahkan dapat membuat kamu jauh lebih bersyukur atas apa yang terjadi dalam kehidupan kamu. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih puas atas kehidupan yang kamu rasakan. Pasalnya kamu dapat memandang  berbagai sisi, termasuk sisi positif yang sudah kamu lalu. Bahkan kamu pun akan dapat  segera mengatasi stress yang kamu alami.

Hal ini karena kondisi mental lebih stabil, tentunya kamu dapat lebih mengenali sebenarnya apa pemicu stress yang alami. Maka, untuk menemukan solusi atas hal tersebut jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Tempat-Tempat Menenangkan Diri Saat Stres

Ada beberapa tempat menenangkan diri saat stress yang bisa kamu kunjungi. Tentunya, tempat tersebut masih berada di negara Indonesia. Dimana kamu akan disambut dengan keindahan alam yang menakjubkan. Adapun  tempat ini berada di beberapa bagian Indonesia, ada yang di pulau Jawa, Bali, dan lain sebagainya. Untuk lebih jauh yuk simak informasi berikut ini!

1.      Pantai Mbehi ( Jawa Timur)

Tempat ini berada di daerah Sumber Rejo, Bandungrejo. Tepatnya di Malang dan lokasinya pun tersembunyi.  Disini kamu dapat melihat pantai yang masih asri sehingga cocok untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari rutinitas yang ada. Namun, untuk mencapai lokasinya memang agak sulit, pasalnya kamu harus menempuh jalur yang terbilang cukup menenatng.

Meskipun demikian, sesampainya di pantai tersebut rasa lelah yang kamu rasakan tersebut akan hilang karena deburan ombak yang merdu serta keindahan pantai yang menakjubkan. Di pantai ini terdapat suatu tempat yang unik, dimana ada karang dengan lubang besar dan letaknya mengarah ke laut.

Selain itu, karang tersebut pun akan mengeluarkan suara yang cukup menggelegar ketika terkena ombak.  Bahkan suara tersebut dikenal seperti suara naga. Disini pun terdapat teluk Bidadari, dimana kamu bisa berenang di kolam-kolam yang terbentuk secara alami. Gradasi warna dari air tersebut sangat cantik.

2.      Bukit Campuhan (Bali)

Tempat ini diapit oleh dua lembah dan sudah terkenal sebagai tempat yang tenang. Bukit campuhan ini masih berada di Ubud, tepatnya di Jl Bangking Sidem, Payang, Gianyar. Apabila berkunjung disini, kamu dapat  merasakan udara yang sejuk dan menenangkan.

Baca Ini Juga  Download Video Subscribe dan Like Bergerak

Bahkan terdapat jalan di atas punggung bukit, dimana track tersebut dapat kamu gunakan untuk lari pagi. Sehingga kamu dapat berolahraga sambil melihat pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, sebelum memasuki area tersebut, kamu akan disuguhkan melihat Pura Gunung Lebah.

Tentunya pemandangan tersebut akan memanjakan matamu. Maka, tidak heran apabila lokasi ini sering dijadikan tempat untuk prewedding photography maupun aktivitas photography lainnya. Sangat menarik, bukan?

3.      Pantai Tanjung Tinggi ( Provinsi Belitung)

Pantai ini memiliki warna pasir yang putih dan terdapat berbagai tebing granit yang tinggi. Ditunjang oleh warna air laut yang kehijauan menunjang keindahan pemandangan di pantai tersebut. Selain itu, kamu dapat menaiki tebing-tebing yang berada disana.

Akan tetapi pastikan untuk selalu hati-hati sehingga tidak tergelincir. Selain itu, kamu dapat menikmati berbagai cemilan, sajian boga bahari, maupun es kelapa yang siap menjadi solusi saat kamu lapar.

Pantai Tanjung Tinggi ini pun pernah menjadi lokasi syuting salah satu film Indonesia yaitu, Laskar Pelangi. Bahkan film tersebut mendapatkan beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Best Film pada acara Indonesian Film Festival 2009.

4.      Gua Kristal Bolok ( Nusa Tenggara Timur)

Tempat ini memiliki luas kira-kira 30 meter persegi dan terletak di Desa Bolok, Kupang.  Selain itu, goa ini pun memiliki kolam dengan waran air yang cukup cantik. Bahkan kolam ini pun memiliki air yang jernih yang alami. Diketahui menurut beberapa sumber kolam ini pernah digunakan oleh Tentara Jepang. Adapun oleh masyarakat lokal sendiri dijadikan sebagai sumber air.

Pemandangan disini akan jauh lebih cantik, ketika cahaya matahari masuk ke dalam melalui lubang-lubang di atap gua. Namun, untuk mencapai tempat tersebut, kamu perlu membawa pembekalan sendiri serta senter. Pastikan pula kamu tidak meninggalkan sampah ketika meninggalkan tempat tersebut ya!

5.      Maribaya Natural Hot Spring ( Jawa Barat)

Apabila kamu berada di Daerah Jawa Barat, maka tempat ini tidak boleh terlewatkan. Disini kamu dapat menikmati pemandian air panas. Sehingga tubuh akan lebih rileks dan dapat mengobati berbagai penyakit kulit.

Hal ini karena air yang ada di pemandian ini mengandung air belerang. Sehingga masyarakat mempercayai bahwa air tersebut dapat membantu orang mengatasi penyakit tersebut. Tempat ini berada di daerah Bandung, tepatnya di Lembang.

Udara yang ada di daerah ini pun terbilang cukup sejuk sehingga akan membuatmu lebih enjoy berada disini. Berkunjung ke tempat ini juga dapat dijadikan cara mengatasi stress yang kamu alami sekarang.

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Menjadi Perempuan Elegan?

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menenangkan Diri Saat Stress

Ada beberapa yang perlu dipersiapkan sebelum  kamu pergi mengunjungi tempat menenangkan saat stress. Sehingga, kamu dapat menikmati waktumu dan saat kamu kembali ke rutinitas kamu tidak merasakan tekanan yang bertambah. Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan? Simal informasi lengkap nya disini!

1.      Ketahui Tempat Yang Dituju

Cobalah untuk mengetahui lebih dahulu, tempat yang kamu butuhkan itu seperti apa. Perhitungkan pula jarak dan biaya yang akan kamu keluarkan. Selain itu, setiap tempat healing pasti memiliki karakteristik tersendiri. Apakah kamu sedang ingin merasakan suasana pantai, ketenangan daerah gunung, atau yang lainnya.

2.      Siapkan Tempat Menginap

Menyiapkan tempat tinggal sebelum kamu pergi berlibur, sebaiknya kamu membooking hotel atau penginapan yang berada disekitar tempat yang hendak kamu kunjungi. Sehingga sesampainya disana kamu tidak perlu bingung lagi.

3.      Selesaikan Pekerjaan Terlebih Dahulu

Kamu pun perlu menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu. Sehingga ketika berlibur kamu tidak kepikiran atau pun ditelpon atasan untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu, bukan?

4.      Siapakan Dana Dan Uang Tunai

Tidak semua tempat healing itu dekat dengan perkotaan atau ATM. Pasalnya, biasanya tempat-tempat tersebut jauh dari keramaian maupun pusat perbelanjaan. Maka, kamu perlu menyiapkan uang tunai untuk   memudahkan kamu dalam transaksi selama disana.

Pasalnya, kebanyakan warung atau toko di sana menggunakan metode pembayaran cash. Sehingga ketika tidak ada uang cash maka kamu akan kendala dalam bertransaksi.

5.      Bawa Barang Seperlunya

Usahakan untuk membawa barang seperlunya saja. Seperti baju yang akan sekiranya digunakan, sendal, sepatu, alat mandi, make up, dan perlengkapan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk membuat kamu tidak kesulitan dalam membawa barang.

Belum lagi jika kamu menggunakan pesawat, pasti akan dikenakan biaya yang banyak. Sayang bukan, ketika barang yang kamu bawa tersebut ternyata tidak kamu gunakan sama sekali di tempat healing tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi tempat menenangkan diri saat stress yang berada di Indonesia. Lengkap dengan alasan dan persiapan apa saja yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat. Selain itu, berlibur dengan cara ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi stress. Namun, jika kamu merasa stress terus berlanjut, maka jangan ragu untuk menghubungi atau berkonsultasi dengan professional.