Ilustrasi dalam artikel Studi Kelayakan Bisnis Adalah: Pengertian, Manfaat & Tujuan. hargabelanja.com
Via Canva

Studi Kelayakan Bisnis Adalah: Pengertian, Manfaat &Tujuan

Diposting pada

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha, akan sangat baik apabila melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dulu. Itu karena studi kelayakan bisnis adalah suatu hal yang penting untuk dipahami sebelum  memulai atau menjalankan bisnis.

Melalui artikel ini, hargabelanja.com ingin membagikan apa yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis lengkap dengan manfaat dan tujuannya. Langsung saja simak penjelasan berikut ya.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Adalah

Ilustrasi dalam artikel Studi Kelayakan Bisnis Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tujuan Hargabelanja.com
Via Canva

Studi kelayakan bisnis adalah suatu aktivitas penelitian atau studi terhadap rencana bisnis, yang bertujuan untuk menganalisis layak tidaknya bisnis tersebut untuk dibangun serta kelayakan bisnis tersebut untuk dijalankan secara rutin dalam periode waktu yang lama untuk mencapai keuntungan (laba) maksimum. Ini adalah pengertian studi kelayakan bisnis sebagaimana dikutip dari laman e-Learning: Open for Knowledge Sharing yang dinaungi UGM.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Nikolas Gemilang dan Jabatannya

Dari pengertian tersebut dapat kita pahami, bahwa studi kelayakan bisnis adalah suatu metode / cara untuk menakar kesiapan kita dalam memulai sebuah bisnis. Boleh dikatakan, studi ini adalah “persiapan” kita sebelum menjalankan suatu usaha.

Sebagai persiapan, studi kelayakan bisnis itu penting lho. Memulai sebuah bisnis tanpa tanpa persiapan sama saja dengan “pergi berperang tanpa senjata”, begitu kata KEMENKOP UKM.

Adapun, studi kelayakan bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai aspek pendekatan. Lima aspek pendekatan yang paling sering dipilih adalah: aspek ekonomi dan budaya, pasar dan pemasaran, keuangan, manajemen, dan aspek hukum . Lantas, apa manfaat dan tujuan melakukan studi kelayakan bisnis? Simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Adalah

Manfaat studi kelayakan bisnis bersifat unik karena berbeda-beda untuk tiap pihak. Berikut adalah beberapa manfaatnya bagi pihak-pihak tertentu.

Pelaku Usaha

Bagi pelaku usaha, manfaat studi kelayakan bisnis adalah menghindari resiko kerugian, membantu perencanaan bisnis, membantu pelaksanaan bisnis, serta mendukung pengawasan dan pengendalian.

Investor

Bagi investor, manfaat studi kelayakan bisnis adalah menunjukkan apakah suatu usaha laik untuk memperoleh suntikan dana.

Baca Ini Juga  1000+ Kata Contoh Sinonim Terlengkap dari A-Z

Jika suatu hasil studi kelayakan bisnis menunjukkan bahwa usaha laik direalisasikan, maka pendanaan bisa mulai dicari. Misalnya dari investor atau pemilik modal yang mau menanamkan pada proyek tersebut.

Manajemen Perusahaan

Bagi manajemen perusahaan, manfaat studi kelayakan bisnis adalah dapat memberi gambaran tentang potensi suatu usaha di masa mendatang dengan berbagai aspeknya.

Pemerintah dan Masyarakat

Sementara itu, bagi pemerintah dan masyarakat manfaat studi kelayakan bisnis adalah sebagai sarana untuk mengimplementasikan peraturan-peraturan yang diterapkan pemerintah.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Studi kelayakan bisnis juga bisa memberi manfaat bagi pembangunan ekonomi. Sebab dalam menyusun studi ini, seringkali Anda perlu menganalisis manfaat yang kemungkinan akan didapat dan biaya yang mungkin timbul oleh usaha tersebut terhadap perekonomian nasional.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis Adalah

Tujuan utama dari studi kelayakan bisnis adalah mengukur peluang proyek usaha, apakah proyek tersebut laik diteruskan atau tidak. Jika memang laik dilanjutkan, maka bisa ditentukan upaya yang perlu dilakukan untuk melindungi proyek tersebut dari resiko kerugian.

Baca Ini Juga  Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila yang Harus Diterapkan

Jika Anda melakukan studi kelayakan bisnis secara mendalam, maka bukan mustahil hal ini juga bisa membantu Anda dalam menjalankan marketing (pemasaran). Penasaran seperti apa contoh studi kelayakan bisnis? Langsung meluncur ke artikel Contoh Studi Kelayakan Bisnis ya.

Nah itulah pembahasan mengenai studi kelayakan bisnis, mulai dari pengertian, manfaat hingga tujuannya. Dapat kita pahami bersama, bahwa studi kelayakan bisnis adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum memulai usaha. Apakah sebelumnya Anda pernah melakukan studi ini saat hendak membangun usaha?

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.