Ilustrasi masakan dalam artikel 5 Tips Menjalani Bisnis Rice Bowl Rumahan Agar Sukses hargabelanja.com
Via Canva

5 Tips Menjalani Bisnis Rice Bowl Rumahan Agar Sukses

Diposting pada

Bisnis rice bowl rumahan termasuk salah satu bisnis online yang sedang populer. Banyak orang kepincut menjalani bisnis ini karena tidak membutuhkan modal besar dan bisa dijajakan secara online.

Bila Anda tertarik menjalaninya maka Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menyewa kios karena bisa memanfaatkan platform digital untuk berjualan. Mantap kan?

Lantas, bagaimana cara menggeluti bisnis rice bowl rumahan? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Menjalani Bisnis Rice Bowl Rumahan

5 Tips Menjalani Bisnis Rice Bowl Rumahan Agar Sukses Hargabelanja.com
Via Canva

Sesuaikan Varian Menu dengan Selera Konsumen

Rice bowl adalah bisnis makanan. Oleh karena itu, variasi menu yang dipilih tidak bisa sembarangan. Itu karena menu memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis rice bowl.

Untuk menarik konsumen, Anda perlu menawarkan menu yang bervariasi tetapi juga sesuai dengan selera konsumen yang Anda target.

Baca Ini Juga  Inilah Alasan Untuk Tidak Iri Hati!

Misalnya Anda tahu konsumen tidak suka pedas, maka usahakan Anda menjual rice bowl yang tidak pedas. Begitu pula jika target konsumen tidak menyukai menu western atau japanese, maka jangan tawarkan menu tersebut dalam rice bowl Anda.

Pelajari selera konsumen, lalu manfaatkan informasi tersebut untuk menghadirkan rice bowl sesuai selera mereka. Jika konsumen suka menu lokal (tradisional), ya tidak masalah, hadirkan menu tersebut dalam usaha rice bowl Anda.

Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan. Meskipun variasi menu itu penting, namun jauh lebih penting menjaga kualitas dan rasa masakan Anda. Karena makanan lezat lah yang berpotensi menarik konsumen untuk kembali membeli, lagi dan lagi.

Gunakan Sistem Pre-Order

Saat memulai bisnis rice bowl, jangan langsung membuat banyak porsi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem pre-order untuk meminimalisir resiko kerugian.

Sistem pre-order bisa membantu operasional produksi menjadi lebih tertata lantaran dapat menentukan kuota rice bowl yang perlu Anda buat setiap harinya. Dengan pembayaran di muka pun Anda bisa menggunakan uang penjualan sebagai modal untuk membeli bahan baku produksi rice bowl.

Baca Ini Juga  Cara Impor Barang dari China Lewat Marketplace

Promosi via Platform Digital

Bagi Anda yang baru merintis bisnis rice bowl rumahan, maka promosi menjadi tugas yang cukup berat karena Anda harus memperkenalkan brand Anda di tengah brand-brand lain yang sudah dikenal luas.

Tapi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk mempromosikan brand dan produk (rice bowl) Anda. Anda bisa menggunakan platform digital seperti media sosial (Instagram, dkk), YouTube, dan TikTok. Bahkan, Anda juga bisa melakukan promosi via WhatsApp.

Anda pun bisa menggunakan platform e-commerce untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Contoh platform e-commerce adalah Shopee, Tokopedia, OLX dan sebagainya. Bisa juga bekerjasama dengan Go Food dan Shopee Food untuk mengakomodasi pesanan.

Berinovasi dengan Menu Spesial dan Promo

Hal yang tak kalah penting adalah menyajikan menu atau promo spesial. Hal ini perlu dilakukan agar pelanggan tidak bosan. Sediakan menu spesial tersebut di hari-hari tertentu saja supaya tidak mengganggu fokus menu utama.

Adapun, promo yang menarik dapat meningkatkan minat beli konsumen. Beberapa contoh promo yang bisa Anda berikan adalah memberikan diskon, melakukan upsell, atau membonuskan ongkir alias free ongkir.

Baca Ini Juga  5 Penyebab Punya Hutang, Yuk Baca Ini!

Menggunakan Kemasan yang Aman dan Menarik

Rice bowl perlu kemasan yang aman agar tampilannya tetap apik ketika diterima oleh konsumen. Namun tak hanya itu, kemasan juga sebaiknya dibuat se-menarik mungkin untuk memikat perhatian konsumen.

Jadi silakan gunakan desain yang menarik serta tampilkan logo brand Anda agar semakin melekat di ingatan konsumen. Anda bisa mendesain sendiri atau bekerja sama dengan desainer grafis dan vendor yang berpengalaman.

Itulah beberapa tips menjalani bisnis rice bowl rumahan yang semoga bisa membantu. Sekarang Anda sudah yakin untuk memulai bisnis rice bowl rumahan?

Untuk ide bisnis lainnya, silakan baca artikel 10 Ide Bisnis Modal Kecil Mulai Rp. 100 Ribu dan 15 Bisnis Online Tanpa Modal, Untungnya Lumayan.

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.