Harga Getah Damar Grade A, B dan C Terbaru

Harga Getah Damar Grade A, B dan C Terbaru

Diposting pada

Harga Getah Damar – Pohon damar atau dalam bahasa latinnya bernama agathis dammara adalah satu dari sekian banyak tumbuhan yang merupakan flora asli dari Indonesia. Damar cukup terkenal akan manfaatnya dalam industri kebutuhan sehari-hari. Bahkan, pohon damar sudah banyak yang membudidayakannya hingga ke Filipina.

Bagian dari pohon damar yang sering menjadi bahan baku produk kebutuhan adalah getahnya. Ada berbagai produk turunan yang mungkin saja Anda sudah tidak asing dengannya. Namun tidak atau belum tahu, bahwa bahan dasar pembuatannya adalah getah damar.

Adapun ciri pohon damar dapat kita lihat dari batang pohonnya yang menjulang tinggi, hingga empat puluh meter bahkan lebih. Warna dari batangnya adalah keabu-abuan dan memanjang lurus ke atas. Sementara untuk daunnya, termasuk ke dalam jenis pohon dengan daun tunggal yang memiliki bentuk saling berhadapan. Daunnya cukup lonjong dengan ketebalan yang lumayan. Sedangkan bunganya majemuk serta menyirip.

Manfaat Getah Damar Dalam Industri

Pada dasarnya, hampir semua bagian pohon damar memiliki kegunaan masing-masing dan bisa kita manfaatkan. Maka dari itu harga getah damar terbaru terkadang berubah tergantung permintaan. Namun yang paling banyak peminatnya adalah getahnya. Berikut adalah beberapa industri yang menggunakan getah damar sebagai bahan bakunya.

Baca Ini Juga  Harga Gilingan Daging Manual Ukuran 32 Murah Berkualitas

1. Getah Damar Sebagai Pewarna

Siapa sangka bahwa getah damar dapat kita manfaatkan sebagai pewarna dalam berbagai industri kebutuhan sehari-hari. Penggunaan getah damar sebagai pewarna biasanya untuk mengambil warna yang bersifat netral, seperti kuning dan putih. Adapun untuk warna lain, pencampuran bahan juga biasanya terjadi untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan.

2. Hiasan Kopal

Selain sebagai bahan pewarna, di industri furniture getah damar juga banyak peminatnya dengan produk bernama kopal. Kopal adalah semacam hiasan yang memiliki bentuk seperti berlian dan biasanya terpajang di ruang tamu. Industri kopal yang menggunakan getah damar memiliki nilai ekonomi yang lumayan besar, terutama untuk ekspor ke luar negeri. Harga getah damar bisa sangat tinggi di pasaran.

3. Bahan Baku Cat

Tidak jauh dari manfaat getah damar yang pertama, yakni sebagai pewarna. Maka produk industri apa lagi yang dapat mewarnai selain cat. Produk cat dari getah damar memiliki kualitas yang bagus karena warnanya cukup tahan lama. Sehingga pemilik rumah tidak perlu sering-sering memperbarui cat mereka akibat cepat kusam.

Baca Ini Juga  Apa Itu VPS ? Kelebihan Menggunakan VPS Untuk Bisnis

4. Produk Tinta

Hampir mirip dengan produk cat, manfaat getah damar sebagai pewarna juga berlaku untuk produk tinta. Bahkan kualitas tinta yang menggunakan bahan baku getah damar lebih baik ketimbang lainnya.

5. Dalam Industri Kosmetik

Getah damar adalah pewarna alami yang cukup sedikit bahaya yang bisa terkandung di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu keunggulan ketika memanfaatkannya dalam industri kosmetik. Yang mana hal yang berkaitan dengan kulit wajah, terutama kulit sensitif harus menggunakan produk alami agar aman.

Harga Getah Damar Terbaru

Harga Getah Damar

Berikut adalah referensi harga terbaru untuk getah damar yang ada di pasaran.

  • Gondorukem / Gum Rosin / Siongka / Getah Damar / Arpus / Karbol Resin 1 Kg seharga Rp 37 ribu
  • 250g Getah Damar Mata Kucing Resin Kemenyan Bakhoor Bakhur seharga Rp 47 ribu
  • Gondorukem / Siongka / Arpus / Getah damar 1 Kg seharga Rp 29 ribu
  • 500g Getah Damar Mata Kucing Resin Kemenyan Bakhoor Bakhur seharga Rp 65 ribu

Itulah update harga getah damar terbaru dan murah yang ada di pasaran saat ini. Adapun jika terdapat perbedaan di toko tempat Anda membeli, kemungkinan tidak akan terlalu jauh dari harga referensi yang kami berikan di atas.

Baca Ini Juga  Cara Dapat Mudik Lebaran Gratis Tahun Ini Tanpa Bayar