Harga Tiket Masuk Museum Asia Afrika Bandung, Update Bulan Ini

Diposting pada

Museum Asia Afrika Bandung diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 April 1980 silam. Tempat ini awalnya merupakan suatu peristiwa bersejarah dan besar bagi bangsa Indonesia yaitu diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18 – 24 April 1955 di Bandung.

Hasil Konferensi tersebut berhasil menyatukan sikap dan mengatur pedoman kerja antara bangsa di Asia Afrika. Gagasan dalam mendirikian Museum Asia Afrika Bandung ini bermula dari seorang yang kala itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri yang bernama Prof, Dr. Mochtar KUsmaatmadja S.H., LL.M.

Beliau terdorong atas keinginan beberapa pemimpin saaat di Asia Afrika untuk mengunjungi Kota Bandung.

Dalam berbagai kesempatan, beliau juga sering mendapatkan berbagai pertanyaan mengenai Gedung merdeka yang tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika.

Sejak itulah gagasan utama tersebut terwujud pada peringatan 25 Tahun Konferensi Asia Afrika. Museum Asia ini dibangun guna mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang merupakan sumber inspirasi dan motivasi untuk bangsa di Asia Afrika.

Tujuannya sendiri untuk menyajikan peninggalan, memberikan informasi terkait Konferensi Asia Afrika. Perkembangan sosial bidaua dan peranan bangsa Asia Afrika khususnya Indonesia.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Dago Dream Park Bandung, Update Terbaru

Selain itu dalam mengumpulkan dan mengolah  serta menyajikan media literasi yang menguraikan tentang kegiatan dan peran bangsa-bangsa Asia Afrika.

Harga Tiket Masuk Museum Asia Afrika Bandung

Harga Tiket Masuk Museum Asia Afrika Bandung, Update 2020

Bagi kamu yang hendak ingin mendatangi Museum Asia Afrika, Jangan khawatir. Pasalnya Museum ini tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis. Kecuali untuk kepentingan tertentu yang sifanya komersial.

Sedangkan untuk jam Operasionalnyanya sendiri. Museum ini beroperasi pada hari selasa sampai dengan Kamis mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 WIB. Pada hari jumat akan dibuka pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari sabtu dan Minggu akan dibuka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk waktu istirahat pada museum ini mulai pada siang hari dari pukul 12.00 hingga 12.00 WIB. Sedangkan pada hari senin dan hari Libur Nasional aktivitas museum ini di tutup. Selain itu, Museum ini juga biasanya akan mengalami perubahan Operasional pada saat bulan Ramadhan.

BACA JUGA:

Aktivitas di Museum Asia Afrika Bandung

Terdapat beberapa aktivitas dan juga pemaran yang bisa kamu nikmati di Museum Asia Afrika diantaranya:

Pemeran

Di Museum ini juga seringkali memamerkan sejumlah koleksi berupa benda dan foto dokumentar dengan sejumlah peristiwa seperti Konferesi Bogor, Komferensi Kolombo, Pertemua Tugu, dan yang terakhir Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Selain itu, terdapat juga beberapa foto yang dipajang untuk menggambarkan peristiwa yang menyebabkan lahirnya konferensi Asia Afrika.

Lebih Mengenal Sejarah

Terdapat perpustakaan di Museum Asia Afrika yange memiliki berbagai buku sejarah, sosial, politik dan juga budaya mengenai negara di Asia Afrika.

Selain itu juga terdapat dokumen penting tentang konferensi Asia Afrika dan konferensi lanjutannya. Serta terdapat juga berbagai majalah dan surat kabar yang didapat dari hasil sumbangan dan pembelian.

Noton Film Dokumenter Sejarah

Museum Asia Afrika juga menyediakan raungan audio visual yang didukung oleh Abdullah Kamil. Ruangan ini berfungsi sebagai saran untuk menayangkan beberapa film dokumenter tentang keadaan dunia hingga tahun 1950an.

Kegiatan Komunitas

Tersedia juga sejumlah komunitas masyarakat. Komutas ini dibentuk atas dukungan dari Museum Asia Afrika yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada masyarakan mengenai sejarah, politik internasional, serta menambah wawasan mengenai politik luar ngeri di masa mendatang.

Alamat Museum Asia Afrika Bandung

Lokasi Asia Afrika Bandung ini terdapat di jalan Asia Afrika No 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40111.