Yogyakarta sebagai tempat wisata favorit di Indonesia (hargabelanja.com)
source: Pesona Indonesia

7 Tempat Wisata Favorit di Indonesia, Termasuk Jakarta!

Diposting pada

Last updated 11 December 2022

Indahnya gugusan pulau karang, lembutnya pasir putih, sungai jernih nan biru hingga bentangan galaksi Bima Sakti, semuanya tersaji di Indonesia. Tak heran, wisatawan mancanegara rela bercucuran keringat untuk datang kemari. Mengutip Indonesia Travel (Pesona Indonesia), ada sekurangnya 7 tempat wisata favorit di Indonesia yang kerap dijadikan destinasi.

Bagi Anda yang berencana untuk pergi liburan, maka nama-nama berikut tak boleh absen dalam catatan Anda. Untuk saat ini, mari nikmati dulu indahnya 7 tempat wisata favorit di Indonesia dari layar ponsel.

Tempat Wisata Favorit Indonesia untuk Pengalaman Liburan Berkesan

Bali

Bali sebagai tempat wisata favorit di Indonesia
source: Unsplash

Sebagaimana disebutkan artikel Wonderful Indonesia, Bali merupakan salah satu tempat wisata favorit di Indonesia yang namanya telah populer di kancah internasional.

Keindahan alamnya mengundang decak kagum banyak orang. Selain keindahan alam, Bali juga menyuguhkan aktivitas wisata yang sukses menahan langkah kaki untuk singgah lebih lama.

Misalnya di kawasan Kuta, Bali. Menurut The National, kawasan ini dikenal dunia karena menawarkan pengalaman berselancar ditemani pemandangan indah Samudera Hindia yang memukau.

Bali juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara karena iklim tropisnya. Bagi wisatawan yang di negaranya mengalami musim dingin, maka Bali menyuguhkan kehangatan yang mereka incar. Kawasan Kuta sendiri bertengger di peringkat pertama sebagai destinasi musim dingin paling dicari di tahun 2022 versi Airbnb.

Selain bisa menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa berwisata ke Istana Tampaksiring yang merupakan istana kepresidenan. Setelah itu, wisatawan bisa berburu foto di Savana Tianyar yang terletak di Kabupaten Karangasem. Jika lapar maka bisa menuju beberapa destinasi di Bali untuk berburu kuliner lezat.

Bali juga menyajikan pemandangan sunrise atau matahari terbit dengan Gunung Batur  dan Gunung Agung menghias latarnya. Pemandangan ini bisa dijumpai di Desa Pinggan, Kecamatan Bangli.

Selain itu, ada pula daratan putih di tengah lautan yang bisa dijadikan tujuan berwisata saat berada di Bali. Namanya Gili Putih Sumberkima. Untuk mencapainya bisa dengan menaiki perahu nelayan yang tersedia pada saat jam operasional.

Raja Ampat, Papua

Raja Ampat sebagai Tempat Wisata Favorit di Indonesia
source: Unsplash

Raja Ampat di Papua merupakan tempat wisata favorit di Indonesia yang terkenal dengan keindahan biota lautnya. Ada banyak titik selam yang menarik untuk dieksplorasi, salah satunya titik yang menampilkan ikan pari manta. Ikan pari manta tersebut sebenarnya menjadi ikon dan daya tarik tersendiri di kawasan Raja Ampat, terutama Arborek.

Menariknya, wisatawan tidak perlu repot-repot membawa alat selam. Sebab, kawasan ini memiliki dive center atau tempat penyewaan alat selam.

Di Raja Ampat juga terdapat spot yang menyajikan gugusan pulau karst. Biasanya, wisatawan mampir kesana untuk berswafoto dan menikmati keindahan alam.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.id, luas kawasan Raja Ampat sendiri sekitar 60 ribu hektar dan terletak di bagian Selatan Pulau Waigeo. Adapun, secara administratif lokasinya berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Meskipun tidak terlalu luas, namun kawasan ini merupakan salah satu lokasi dengan keanekaragaman hayati laut tertinggi di bumi.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Puncak Pinus Becici

Kepulauan ini merupakan rumah bagi lebih dari 1.600 spesies ikan. Raja Ampat juga menyimpan 75% spesies karang yang dikenal dunia, 6 dari 7 jenis penyu yang terancam punah dan 17 spesies mamalia laut yang diketahui.
Wajar bila pemandangan laut Raja Ampat terlihat seperti lukisan. Selain keindahan biota laut, penampakan air laut yang terjebak di antara beberapa pulau juga menghasilkan laguna biru dengan kepekatan yang bervariasi. Ingin memanjakan mata disini?

Jakarta

Jakarta sebagai tempat wisata favorit di Indonesia
source: Unsplash

Selain destinasi – destinasi hijau, ada pula destinasi metropolitan yang disukai wisatawan. Jakarta adalah salah satunya. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kota ini menyimpan beberapa spot yang cocok untuk dituju saat liburan.

Ada Glodok Chinatown di Jakarta Barat yang menawarkan sensasi bak negeri China. Disini wisatawan bisa menemukan beberapa bangunan yang menampilkan gaya arsitektur khas China. Tak hanya itu, suasananya pun kental dengan nuansa China.

Berburu makanan pun sangat mungkin untuk dilakukan. Hanya saja, tidak semua makanan yang disajikan disana halal. Bagi wisatawan muslim, sebaiknya hati-hati memilih hidangan dan perhatikan petunjuk halal dan non-halal secara teliti.

Ada pula Kota Tua yang merupakan kawasan dengan bangunan-bangunan berarsitektur kolonial. Bangunan-bangunan tersebut usianya mungkin sudah ratusan tahun. Kota Tua merepresentasikan Batavia (kini: Jakarta) yang dulu menjadi ibu kota Hindia Belanda sekaligus pusat pemerintahan VOC.

Selain itu, Kota Tua juga punya jembatan kota Intan yang bisa dijadikan spot berfoto. Jembatan yang terbuat dari kayu dan besi ini biasanya dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding.

Jika ingin belajar sejarah maka wisatawan bisa mampir ke Museum Fatahillah. Tempat ini menyimpan catatan sejarah serta artefak yang berkaitan dengan Jakarta. Di dalam museum, wisatawan juga bisa melihat kondisi Jakarta pada saat masih berada dibawah pemerintahan Belanda.

Masih ada beberapa tempat lagi yang bisa dijadikan tujuan berwisata, seperti Kebun Binatang Ragunan, Kepulauan Seribu, Monumen Nasional (Monas) dan sebagainya. Dengan sederet spot yang ditawarkan, rasanya wajar bila Jakarta masuk dalam daftar tempat wisata favorit di Indonesia.

Yogyakarta

Yogyakarta sebagai tempat wisata favorit di Indonesia (hargabelanja.com)
source: Pesona Indonesia

Secara administratif, Yogyakarta adalah kawasan setingkat provinsi yang memiliki sebuah kotamadya dan empat kabupaten. Daerah istimewa seluas kurang lebih 3.185 kilometer persegi ini menyimpan banyak hidden gem. Oleh karena itu, berwisata ke Yogyakarta selalu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Tak hanya itu, destinasi wisata yang ada sangat beragam. Ada destinasi wisata sejarah, alam, budaya, minat khusus hingga wisata meeting, incentive, convention and exhibition (MICE).

Soal fasilitas wisata tak perlu ditanya. Yogyakarta sudah dilengkapi dengan hotel, resort, restoran dan fasilitas wisata lainnya yang menunjang aktivitas liburan.

Baca Ini Juga  10 Spot Keren di Raja Ampat untuk Inspirasi Liburan Akhir Tahun 

Dari banyak spot favorit di Yogyakarta, Anda bisa mampir ke Kota Gede. Daerah ini memiliki Masjid Agung yang menampilkan arsitektur menawan dan nuansa klasik sebagai masjid tertua di Kota Yogyakarta. Ada pula Keraton Mataram yang menjadi rumah untuk aneka peninggalan bersejarah sehingga cocok untuk wisata edukatif.

Setelah itu, wisatawan bisa icip-icip kuliner di Pasar Legi yang kental nuansa klasik. Selanjutnya, menyambangi makam Raja Mataram bisa dijadikan pilihan. Tempat ini terbuka untuk umum. Disini wisatawan bisa mengetahui makam raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Mataram.

Yogyakarta juga memiliki spot dengan keindahan alam membiuskan. Lokasinya bernama Bukit Menoreh. Bukit ini terletak di Kulon Progo. Jika mampir kesini, sebaiknya Anda singgah di puncak tertingginya, yakni Puncak Suroloyo.

Dari atas gardu pandang, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Misalnya pemandangan lembah hijau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menahan kelopak mata Anda untuk mengatup.

Selain Bukit Menoreh, Anda pun bisa mampir ke Pantai Glagah. Ada dermaga panjang berhiaskan tetrapod beton yang siap menyambut Anda. Disini Anda bisa menghabiskan waktu dengan memancing dan menikmati pemandangan laut yang eksotis.

Menyusuri sudut lain Yogyakarta, Anda bisa menemukan Pantai Parangtritis. Selain menawarkan pemandangan laut yang cantik, pantai ini juga menawarkan wisata paralayang yang menguji adrenalin. Yuk wisata ke Yogyakarta!

Labuan Bajo

Labuan Bajo sebagai tempat wisata populer di Indonesia
source: Unsplash

Labuan Bajo merupakan tempat wisata favorit di Indonesia yang namanya masyhur melalui keindahan alam dan, tentu saja, komodo. Ragam pemandangan bisa Anda jumpai disini. Ada danau, air terjun, pantai eksotis, laut hingga padang savana yang menawarkan lanskap eksotis.

Bagi Anda yang ingin melihat komodo, maka sebaiknya datang ke Pulau Komodo di Labuan Bajo selepas bulan Juni hingga Agustus. Itu karena pada masa tersebut komodo sulit ditemukan. Di musim tersebut, biasanya komodo merayap pulang ke sarang (hutan) sehingga sulit dijumpai.

Untuk mencapai pulau Komodo, Anda bisa menggunakan kapal atau perahu motor. Jika mengikuti tur wisata, maka biasanya Anda diajak melihat Pulau Padar dan Pantai Pink terlebih dulu. Setelah itu baru menyambangi Pulau Komodo.

Pulau Padar sendiri merupakan pulau ikonik yang memiliki bentang perbukitan serta gradasi laut biru sebagai latar belakang. Sementara, Pulau Pink menawarkan pesisir pantai berwarna merah muda yang dihasilkan melalui pecahan batu karang berwarna kemerahan dan hewan mikroskopis.

Masih ada destinasi lain yang menarik untuk dieksplorasi, misalnya Bukit Cinta, Puncak Amelia dan Puncak Silvia. Bahkan, jika ingin bertualang Anda juga bisa melakukan trekking singkat ke Air Terjun Cunca Wulang.

Pengalaman unik juga bisa didapat dengan cara live on board, yakni tinggal di kapal pinisi selama beberapa hari seraya berlayar menyambangi pulau-pulau eksotik. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca Ini Juga  5 Destinasi Wisata Batam Yang Wajib Dikunjungi

Bintan

Pulau Bintan sebagai tempat wisata populer di Indonesia
source: Unsplash

Tempat wisata favorit di Indonesia lainnya adalah  Pulau Bintan. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang memesona. Data statistik yang dibagikan situs Wonderful Indonesia menunjukkan bahwa lebih dari 350 ribu turis pernah menapakan kaki di pulau Bintan.

Bintan sendiri merupakan pulau terluas di antara 3.000 pulau lainnya di Kepulauan Riau. Disini Anda bisa merasakan wisata olahraga kelas dunia. Beragam aktivitas olahraga pernah dilakukan disini, mulai dari maraton, olahraga ekstrem, golf hingga triathlons atau olahraga kombinasi antara bersepeda, berenang dan berlari.

Untuk menikmati senja, Anda bisa mampir ke Pantai Trikora. Pantai ini menawarkan pemandangan laut berpadu dengan langit yang menawan. Selain itu, ada destinasi lainnya yang bisa dituju, yakni Desa Senggarang dan Sebung. Desa Senggarang menampilkan nuansa Cina yang kental, sementara Desa Sebung cocok untuk berburu kuliner.

Bandung

Bandung sebagai tempat wisata favorit di Indonesia
source: Unsplash

Tempat wisata favorit lainnya di Indonesia adalah Bandung. Suasana sejuk dan pemandangan hijau di sudut dataran tinggi merupakan spot yang sering dicari. Anda bisa singgah di kawasan Ciwidey untuk menikmati udara segar dan panorama keren. Selain itu, Anda juga bisa menemukan spot instagenic dengan menyusuri sisi hutan pinus Cikole.

Jangan lupa bahwa Bandung juga menawarkan glamping atau glamour camping yang bisa Anda coba. Beberapa spot yang cocok dituju untuk menikmati glamping adalah Lakeside Rancabali, Trizara Resort dan The Lodge Maribaya.

Jika ingin berburu foto dengan latar belakang efek 3D maka Bandung Amazing Art World cocok dituju. Sementara, bila ingin menikmati suasana koboi, Anda bisa menyambangi De Ranch. Tempat wisata Bandung lainnya bisa Anda simak disini.

Bonus: Lombok

Lombok sebagai tempat wisata favorit di Indonesia Hargabelanja.com
source: Unsplash

Melengkapi daftar tempat wisata favorit di Indonesia, ada Lombok.yang penuh dengan pesona. Salah satu spot yang menjadi rekomendasi adalah Desa Wisata Bonjeruk. Kawasan ini menawarkan suasana khas lokal dengan aneka hidangan tradisional yang menggoyang lidah.

Dijuluki Pulau Seribu Masjid, tentu saja pulau Lombok memiliki masjid-masjid yang bisa Anda tuju sebagai tempat beribadah sekaligus menikmati keindahan arsitektur. Beberapa masjid di Lombok menampilkan struktur yang khas dan menawan.

Menurut data yang dibagikan Traveloka, terdapat sekitar 3.767 masjid besar dan 5.184 masjid kecil di Lombok. Beberapa masjid besar adalah Masjid Raya Nurul Bilad, Masjid Darussalam Kopang, Masjid Agung Praya, Masjid Jami’ Al Mujahidin Selong dan Masjid Raya Hubbul Wathan.

Baca Juga : 6 Destinasi Honeymoon Lombok

Itulah beberapa  tempat wisata favorit di Indonesia. Ternyata setiap destinasi menawarkan daya tarik yang berbeda-beda ya? Mana saja yang ingin Anda kunjungi dalam waktu dekat?