Gambar dalam artikel 10 Bisnis yang Cocok untuk Pemula, Patut Dicoba. hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Salah satu kesulitan memulai bisnis adalah memilih jenis usaha yang cocok untuk dijalani. Untuk membantu Anda, hargabelanja.com telah merangkum 10 rekomendasi bisnis yang cocok untuk pemula. Apa saja itu?

Sebelumnya, ketahui dulu bahwa agar kesempatan sukses lebih besar maka Anda sebaiknya tidak melakoni beberapa usaha sekaligus. Bahkan, sebaiknya Anda fokus pada satu jenis usaha terlebih dulu.

Hal ini agar konsentrasi Anda tidak terbagi pada banyak hal. Dengan melakoni sebuah usaha, Anda pun bisa fokus merintis usaha tersebut dan mengembangkannya.

Baiklah… tanpa berlama-lama lagi, mari simak 10 rekomendasi bisnis yang cocok untuk pemula berikut ini.

Bisnis yang Cocok untuk Pemula, Yuk Dicoba!

Gambar dalam artikel 10 Bisnis yang Cocok untuk Pemula, Patut Dicoba. hargabelanja.com
(Source: Freepik)

1. Jasa Service Elektronik / Lainnya

Jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki alat elektronik, seperti memperbaiki TV, ponsel, mesin cuci, dan sebagainya, maka bisnis yang berikut ini cocok untuk Anda.

Jasa service elektronik adalah bisnis yang cocok untuk pemula. Bisnis ini membutuhkan sedikit modal, namun permintaannya tinggi.

Selain elektronik, Anda juga bisa mencoba menawarkan jasa service properti rumah, seperti memperbaiki atap bocor, wastafel tersumbat, dan lain sebagainya.

Kedua bisnis ini menawarkan keuntungan yang besar karena permintaan terhadap jasa ini terbilang tinggi. Namun, Anda perlu menetapkan tarif jasa terjangkau agar klien tidak berpindah ke lain hati.

Tarif yang mahal membuat jasa service Anda sulit berkembang. Selain itu, sikap kurang ramah juga bisa membuat klien kurang nyaman sehingga enggan memakai jasa Anda lagi. Jadi, hindari kedua hal tersebut ya!

2. Dropshipper

Bisnis yang cocok untuk pemula berikutnya adalah dropshipper. Untuk memulainya, Anda tak perlu menyiapkan modal besar. Cukup kuota internet dan ponsel (bisa juga menggunakan laptop / komputer).

Baca Ini Juga  5 Cara Mencari Lowongan Kerja

Cara kerjanya simpel. Anda hanya perlu mempromosikan produk atau jasa orang lain, lalu Anda berhak mendapatkan komisi setiap terjadi transaksi.

Menjalani bisnis ini memerlukan ketekunan karena produk yang Anda promosikan belum tentu terjual setiap harinya.

Sebaiknya jangan berhenti berusaha. Teruslah mempromosikan produk tersebut secara kreatif sampai berhasil mendapatkan pembeli.

Bagi yang masih bingung perbedaan antara dropshipper dan reseller. Jadi begini, dropshipper adalah orang yang memasarkan produk orang lain tanpa harus menyetok barang terlebih dulu.

Sementara, reseller perlu menyetok barang terlebih dulu. Jadi, reseller cenderung membutuhkan modal lebih besar ketimbang dropshipper.

3. Print on Demand T-Shirt

Pernah lihat kaos dengan tulisan unik seperti “Magetan, Manismu Kebangetan”? Atau yang lebih personal seperti “Hai, namaku Miftah”?

Keren bukan? Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik untuk Anda coba lho. Mari berkenalan dengan print-on-demand t-shirt.

Bisnis yang cocok untuk pemula berikut ini mirip seperti model dropship sebelumnya. Namun, bisnis ini fokus pada kustomisasi produk agar produk tersebut menjadi produk yang orisinal.

Caranya dengan menambahkan desain grafis, misalnya menambahkan logo, tulisan lucu, atau gambar keren pada produk. Produk itu sendiri bisa berupa kaos, topi, rok, case ponsel, hoodie, tote bag, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengasah kemampuan desain Anda serta menemukan slogan yang menarik untuk ditampilkan pada produk-produk tertentu. Siap mencoba?

4. Jualan Buku

Anda punya keahlian menulis topik tertentu? Mengapa tidak buat buku saja? Misalnya buku tentang formula copywriting, digital marketing, atau cara memulai bisnis online.

Anda bebas menentukan topik, namun topik tersebut harus mengandung manfaat, kebaikan dan kebenaran bagi pembaca. Adapun, buku yang baik adalah buku yang dapat menambah nilai pembaca.

Baca Ini Juga  10++ Jenis Usaha Bidang Jasa Tanpa Modal

Selain dalam bentuk fisik, buku juga bisa dijual dalam bentuk e-book. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak buku tersebut.

Jenis buku seperti apa yang mungkin untuk dijual? Banyak sekali. Anda bisa menulis dan menjual berbagai jenis buku, mulai dari buku resep, komik atau cerita bergambar, kumpulan cerpen, tutorial (how to), hingga novel. Ayo mula menulis sekarang!

5. Kursus Online

Bila Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, Anda bisa menawarkan kursus online.

Tak perlu banyak modal, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan laptop/ponsel, kamera berkualitas baik, dan menemukan platform yang tepat untuk sharing ilmu.

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan adalah Zoom Meeting. Selain menyelenggarakan kelas online, Anda pun bisa berbagi ilmu “tipis-tipis” melalui TikTok, Instagram, dan platform lainnya.

Ilmu apa yang bisa Anda sharing? Jawabannya banyak. Dilansir situs Bank Sinarmas, selain mata pelajaran sekolah ada beberapa ide yang bisa dijadikan subjek kursus Anda, misalnya seperti fotografi dan videografi, yoga, keterampilan menulis, make up, bahasa, public speaking, web programming, memasak, video editing dan banyak lagi yang lainnya.

6. Butik Online

Dilansir Shopify, Anda juga bisa membuka bisnis butik online. Konsepnya mirip dengan dropship yang telah kita bahas tadi. Jadi, Anda hanya perlu memilih produk dari vendor lain, kemudian Anda promosikan dan tawarkan kepada orang lain.

Adapun produk yang bisa Anda promosikan bermacam-macam, mulai dari dress, blouse, rok, celana, kemeja hingga gamis dan hijab. Ayo coba sekarang!

7. Bisnis Kerajinan Tangan

Gambar dalam artikel 10 Bisnis yang Cocok untuk Pemula, Patut Dicoba. hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Bisnis yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah bisnis kerajinan tangan. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil. Namun, Anda perlu memiliki skill atau keterampilan tangan yang baik.

Baca Ini Juga  Materi Tenis Meja Kelas 10

Beberapa produk handmade yang bisa Anda tawarkan misalnya mug, tas rajut, sabun, kaos, hiasan dinding (wall art), scrapbook, dan masih banyak lagi. Tertarik mencobanya?

8. Virtual Event Planner

Bisnis yang cocok untuk pemula lainnya adalah virtual event planner. Sebagai virtual event planner, Anda bertanggung jawab mengelola dan mengatur acara virtual, termasuk membantu menghubungkan orang (connecting people).

9. Mengetes Aplikasi

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapat uang dengan menguji (testing) aplikasi yang tengah dikembangkan oleh developer? Ya, itu benar.

Tetapi, Anda perlu mendaftar di platform yang tepat, yakni platform yang menawarkan imbalan bagi orang-orang yang bersedia menguji aplikasi-aplikasi yang tersedia disana.

Kabarnya, beberapa platform ini siap membayar lho.

  • UserTesting
  • Userlytics
  • TryMyUI
  • IntelliZoom
  • UserFeel, dan sebagainya.

Sebelum bergabung, teliti dulu terms & condition-nya dan lakukan riset untuk mengetahui apakah platform tersebut trustworthy di kalangan pengguna.

10. Jasa Konsultasi

Jasa konsultasi juga termasuk bisnis yang cocok untuk pemula. Ada berbagai jenis konsultasi yang bisa Anda tawarkan, mulai dari konsultasi PR / tugas sekolah hingga konsultasi bisnis.

Untuk memulainya pun relatif tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, Anda perlu memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Pengalaman yang matang juga bisa menjadi modal tambahan dalam membuka jasa konsultasi ini.

Itulah 10 rekomendasi bisnis yang cocok untuk pemula. Anda tertarik mencoba yang mana?

Sebelum mencoba, pikirkan dulu masak-masak mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan modal, situasi yang Anda hadapi serta  kesiapan Anda dalam menjalaninya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

 

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: