Cara Membuat Ayam Crispy Renyah dan Tahan Lama untuk Jualan

Cara Membuat Ayam Crispy Renyah dan Tahan Lama untuk Jualan

Diposting pada

Hargabelanja.com – Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat ayam crispy renyah dan tahan lama untuk jualan.

Daging ayam menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Mulai dari ayam bakar, ayam kecap, ayam panggang hingga ayam crispy renyah. Saat ini menu ayam crispy geprek sudah menjadi primadona bagi penyuka rasa pedas. Sambal yang dipadukan dengan rasa ayam crispy yang renyah sangat menggugah selera.

Namun kini ada berbagai jenis ayam goreng, salah satunya adalah ayam crispy renyah. Ya, ayam crispy berbeda dengan ayam goreng biasa, lapisan tepung pada ayam crispy lebih kental dan memiliki rasa yang lebih renyah, membuat masakan ini sangat digemari banyak orang.

Resep ayam crispy renyah ini biasanya disajikan dengan berbagai jenis sambal dan lauk pauk lainnya seperti timun dan kol. Selain rasanya yang enak, ayam geprek yang renyah relatif mudah dibuat. Cukup dengan ayam, lalu dibaluri dengan tepung, goreng dan sajikan dengan sambal geprek.

Baca Ini Juga: Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit untuk Jualan

Cara Membuat Ayam Crispy Renyah dan Tahan Lama

1. Marinasi

Salah satu kunci rasa ayam crispy renyah tahan lama adalah marinasinya. Marinasi adalah proses merendam daging dalam cairan yang sudah dibumbui. Tujuannya agar bumbu lebih banyak menyerap dan daging lebih lembut di lidah.

Tidak diperlukan bumbu yang rumit untuk rendaman ini. Kamu bisa menggunakan garam dan merica biasa. Agar proses marinasi sempurna, beri waktu 30 menit hingga 1 jam untuk proses ini. Jika ingin lebih renyah, kamu bisa membekukannya selama 12-24 jam ke depan.

Kemudian, sambil menunggu ayam di marinasi, kamu bisa menyiapkan tepung untuk membumbuinya.

2. Rendam dengan tepung basah

Rahasia kedua untuk membuat ayam crispy renyah tahan lama adalah kamu harus menyiapkan 2 jenis adonan yaitu adonan tepung basah dan tepung kering.

Adonan tepung basah akan menempel di daging ayam, sedangkan adonan kering memberikan rasa renyah.

Jika mau, kamu bisa membuang kulitnya sehingga hanya tersisa dagingnya saja.

Gunakan resep berikut untuk adonan tepung basah:

  • Campurkan tepung terigu dan tepung maizena dengan perbandingan 4:1. Untuk tekstur yang ekstra renyah, jangan gunakan telur dalam adonan, melainkan air es.
  • Masukkan ayam hingga semua bagian terlapisi tepung basah.

Tidak perlu banyak melapisi ayam dengan tepung. Yang paling penting adonan dan ayam tercampur rata.

3. Baluri dengan tepung kering

Setelah dicelupkan ke dalam adonan tepung basah, segera taburi dengan adonan tepung kering.

Untuk adonan tepung kering, siapkan tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras. Campur semua bahan menjadi satu dengan perbandingan 4:1:1.

Agar lebih renyah, tambahkan baking soda sesuai selera. Tepung kering juga ditambahkan dengan bumbu dari garam, merica, bawang putih dan ketumbar. Tambahkan semua bahan dan aduk rata untuk membuat rasanya lebih enak.

Hati-hati ya, jangan campur garam dengan gula agar tidak terasa lucu. Kamu juga harus mengeraskan lapisan kulit dan adonan. Inilah rahasia membuat ayam goreng cripsy renyah dan tahan lama. Bagian yang ditekan mengembang dan menjadi renyah setelah digoreng.

Lakukan langkah tersebut satu per satu dengan cara taruh ayam di atas tepung lalu taburi dengan tepung sampai tertutup semua. Selanjutnya, angkat ayam dan ketuk-ketuk perlahan untuk mengendurkan tepung yang tidak menempel.

4. Ulangi 2-3 kali pencelupan

Ulangi langkah 2 dan 3 sebanyak 2 atau 3 kali untuk membuatnya renyah dan keras di luar.

Dengan kata lain, celupkan ke adonan basah lalu tutupi ke adonan kering. Kemudian lipat kembali ke adonan basah dan lipat lagi ke adonan kering.

Pastikan lapisan tepungnya cukup kental agar ayam goreng bisa renyah dan garing. Namun sebaiknya jangan membuatnya terlalu kental agar tepung ayam tidak menjadi alot.

Jangan lupa tekan-tekan lapisan kulit dan adonannya.

5. Goreng dengan banyak minyak

Deep fry adalah teknik menggoreng dengan minyak dalam jumlah banyak sehingga setiap bagian ayam terendam minyak. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membolak-balikkan ayam crispynya.

Dengan cara ini, selain memasak dengan sempurna, adonan menjadi renyah dan minyak goreng tidak akan mudah kotor.

Untuk memulainya, sesuaikan panas minyak agar tidak terlalu panas untuk memasak daging. Setelah berubah kekuningan, kamu dapat meningkatkan panas hingga bagian luar ayam goreng berwarna kecokelatan.

Jika sudah berwarna golden brown artinya ayam telah masak hingga empuk, tinggal keluarkan dan tekan-tekan hingga minyaknya hilang.

Itulah tadi adalah cara membuat ayam crispy yang tahan selama delapan jam yang telah hargabelanja.com rangkum. Kamu bisa menggunakan resep ayam crispy dan tahan lama ini untuk berjualan ayam geprek. Terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba!

Baca Ini Juga:

Cara Membuat Soto Ayam untuk Jualan di Rumah

Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Tahan Lama untuk Jualan

Baca Ini Juga  Apa Saja Dampak Dari Narsistik?