cara membuat bit.ly

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja! Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat bit.ly untuk memerpendek link yang akan di share.

Cara membuat bit.ly sangat mudah untuk dipraktekkan. Kamu mungkin sering melihat atau bahkan berurusan dengan jenis link yang satu ini. Sebenarnya link tersebut merupakan layanan yang dibagikan oleh situs Bitly secara gratis.

Link yang terlalu panjang dan ribet tentunya sangat tidak sharable. Kamu harus mempersingkat link tersebut jika kamu harus membagikannya di pamflet atau brosur agar link yang kamu bagikan tersebut mudah untuk ditulis ulang oleh pengguna.

Apa itu Bitly?

Bitly adalah situs yang penyedia shorten link/url yang bisa kamu gunakan secara gratis. Fungsi memperpendek link dengan bit.ly adalah agar link yang kamu bagikan mudah untuk diingat dan ditulis ulang.

Biasanya tautan atau link sebuah website (apa lagi yang dibuat secara otomatis) sangat panjang dan penuh dengan karakter tertentu yang menjadikannya sulit untuk diingat dan ditulis ulang.

Nah Bitly hadir dengan solusi alamat link website dapat diperpendek hingga menjadi hanya beberapa karakter saja.

Baca Ini Juga  Pengertian dan Contoh Soal Gelombang Stasioner dan Jawaban

Bitly sudah menjadi salah satu website yang sering digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan share link yang mudah.

Apa saja fitur di Bitly?

Nah berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia di website bitly:

1. Shorten Link

Tentu fitur utama dari Bitly adalah cara untuk memperpendek link. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cepat hanya dengan beberapa langkah saja. Tentunya dengan link yang singkat akan membuatnya lebih mudah untuk diingat dan ditulis kembali.

2. Branding

Jika kamu seorang pebisnis kesadaran orang-orang terhadap merek kamu adalah sebuah kebutuhan. Nah dengan memanfaatkan layanan dari Bitly ini kamu dapat membuat link dengan tulisan brand kamu. Jadi link yang kamu sebar terlihat seperti milik brand kamu.

3. Mengubah redirect link

Jika kamu menyadari bahwa tujuan link bitly yang kamu sebar sudah expired atau sudah rusak kamu dapat dengan mudah menggantinya. Bitly menawarkan pengalaman pengguna yang mudah dan human friendly.

4. Mendapatkan insight

Kamu bisa mengecek performa link yang kamu sebar. Dengan adanya insight bit.ly ini kamu dapat mengetahui jumlah link mana yang paling banyak diklik oleh audiens.

Tidak hanya itu, bitly juga menyediakan data-data lain seperti geografis, link rujukan channel, dan data data lainnya. Dengan adanaya insight di bitly ini tentunya dapat mempermudah kamu untuk mengambil suatu keputusan tertentu. Misalnya untuk mengubah karakter link atau menghapus suatu link yang memiliki performa jelek.

Baca Ini Juga  Pengertian, Rumus dan Contoh Soal Kejadian Saling Lepas

5. Link yang aman

Setiap link yang dibagikan lewat bit.ly semuanya sudah menggunakan enkripsi HTTPS, jadi browser tidak akan menandai link kamu sebagai sesuatu yang mencurigakan.

Nah jika kamu ingin menikmati semua layanan di atas, maka kamu harus terlebih dahulu membuat akun. Berikut ini adalah cara membuat bit.ly di Bitly.

Cara membuat Bit.ly

Ikuti langkah cara membuat bit.ly berikut dengan seksama:

1. Buka bitly.com

Cara membuat bit.ly yang pertama adalah dengan mengunjungi website resminya di www.bitly.com. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Bit.ly

2. Pilih paket

Setelah silahkan pilih “Get Started for Free” untuk membuat akun secara gratis. Kemudian kamu akan dihadapkan beberapa pilihan paket berbayar. Namun tenang masih ada pilihan gratisnya seperti tampilan dibawah ini.

Cara Membuat Bit.ly

 

3. Buat akun

Nah jika kamu pertama kali menggunakan bit.ly tentunya kamu belum memiliki akunnnya. Maka dari itu pilih saja Sign up with Google agar lebih cepat pembuatan akunnya.

Atau jika kamu tidak login Google kamu bisa membuat akun dengan memasukkan username, email dan password secara manual.

Baca Ini Juga  5 Dampak Insomnia Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Bit.ly

4. Buat link di bit.ly

Sekarang kamu sudah siap untuk membuat link di bit.ly. Silahkan klik saja tombol create new letaknya ada di pojok kiri atas, seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Bit.ly

Setelah itu akan muncul pilihan link atau QR code. Pilih saja yang link.

5. Masukkan link tujuan

Nah untuk link tujuan yang panjang kamu dapat mempastenya di kolom destination link. Kamu juga dapat menambahkan judul di kolom title. Kustom untuk urlnya bisa sesuai dengan kebutuhan, misalnya: bit.ly/hargabelanja.

6. Klik create

Jika semua data yang dibutuhkan sudah kamu masukkan maka langkah selanjutnya kamu tinggal klik tombol create. Dan kamu sudah mengetahui cara membuat bit.ly yang mudah untuk dipraktekkan.

Demikianlah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat bit.ly untuk memperpendek link share. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas ya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga sukses selalu.

Bagikan: