Ilustrasi contoh proposal bisnis. hargabelanja.com
Source: Unsplash (@Bram)

Anda sudah membaca artikel kami tentang studi kelayakan bisnis? Jika sudah, tentu Anda mengerti bahwa studi kelayakan usaha / bisnis dilakukan untuk menilai laik atau tidaknya suatu usaha untuk dijalankannya.

Tahukah Anda bahwa studi tersebut bisa diwujudkan dengan menggunakan proposal bisnis? Seperti apa contoh proposal bisnis? Sebelum kesana, simak dulu pembahasan berikut ini.

 

Apa yang Dimaksud Dengan Proposal Usaha / Bisnis?

Ilustrasi dalam artikel Contoh Proposal Bisnis PDF dan Cara Menulisnya. Hargabelanja.com
Source: Unsplash (@Andrew neel)

Proposal bisnis atau umum dikenal dengan proposal usaha merupakan dokumen yang berisi informasi dan data mengenai suatu bisnis. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pihak lain (biasanya calon klien) agar mau memilih bisnis tersebut. Atau, agar klien mau menyuntikkan dana pada bisnis tersebut.

Melalui proposal bisnis, Anda bisa menunjukkan alasan mengapa bisnis Anda laik untuk mendapatkan dana / menjalin kerjasama.

Seperti apa contoh proposal bisnis? Hargabelanja.com telah menghimpun dari beberapa sumber contoh proposal bisnis PDF dan Word yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

 

Contoh Proposal Bisnis PDF dan Word (Doc)

Contoh proposal bisnis yang dicantumkan disini tidak disusun oleh tim Hargabelanja.com, melainkan oleh profesional, pelaku usaha, ataupun pihak yang Insya Allah memahami teknis penulisan proposal bisnis. Jadi, jangan ragu untuk mengambilnya sebagai bahan referensi guna dapat menyusun proposal usaha milik sendiri.

Oke, seperti apa contoh proposal bisnis tersebut? Simak berikut ini!

Contoh Proposal Bisnis Makanan (PDF): Bakwan Hungaria

Proposal usaha yang dirujuk dari situs Kemahasiswaan Polsri ini menjelaskan detail usaha Bakwan Hungaria. Jika diperhatikan, proposal usaha tersebut tersusun atas:

  1. Data pribadi pemilik usaha (business owner).
  2. Data usaha (Bakwan Hungaria).
  3. Dasar Pemikiran, bagian ini menjelaskan alasan yang melatari perintisan bisnis tersebut.
  4. Tujuan usaha, misalnya membuka lapangan kerja, memperoleh penghasilan, menawarkan inovasi yang berbeda untuk pasar, dan sebagainya.
  5. Detail produk, bagian ini mencantumkan bahan baku, proses dan kapasitas.
  6. Pasar dan Strategi Pemasaran.
  7. Aspek Sumber Daya Manusia.
  8. Biaya Produksi dan Kebutuhan Modal.
  9. Proyeksi Pendapatan dan Biaya
  10. Kesimpulan.

Untuk mendownload contoh proposal bisnis Bakwan Hungaria silahkan klik disini.

Contoh Proposal Bisnis Makanan (PDF): Ayam Betutu

Contoh proposal bisnis yang dirujuk dari situs mamikos ini menjelaskan detail usaha makanan Ayam Betutu. Jika diperhatikan, maka kita mendapati proposal usaha ini ditulis dengan susunan berikut:

  1. Profil Perusahaan yang mencakup latar belakang, riwayat perusahaan, visi dan misi perusahaan, jenis usaha yang dikelola, jenis usaha yang direncanakan, dan tujuan.
  2. Kegiatan Pasar dan Pemasaran yang mencakup lingkungan usaha, kondisi pasar, rencana pemasaran, dan manfaat.
  3. Faktor Penghambat dan Pendukung, didalamnya juga mencakup analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
  4. Aspek Produksi yang mencakup lokasi usaha, fasilitas dan peralatan produksi, bahan baku, proses produksi, dan proses pengerjaan.
  5. Aspek Keuangan yang mencakup jumlah produk yang ingin diproduksi, detail biaya produksi, dan penentuan harga jual produk.
  6. Penutup yang berisi kesimpulan.
Baca Ini Juga  Cara Membuat Wedang Jahe Sederhana yang Cocok untuk Jualan

Untuk mendownload contoh proposal bisnis Ayam Betutu silahkan klik disini.

Contoh Proposal Bisnis (Word): Butik Muslimah

Selain makanan, ada juga contoh proposal bisnis untuk bidang usaha butik. Contohnya proposal bisnis Butik Muslimah berikut.

Proposal yang kami share disini adalah proposal yang diambil dari situs Universitas Sriwijaya Palembang. Proposal ini disusun oleh mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang sebagai tugas kuliah. Sehingga, dalam proposal ini terdapat cover dan kata pengantar.

Jika Anda ingin menyimak bagian “proposal”, Anda bisa langsung ke halaman berikutnya (bagian Pendahuluan).

Apabila diperhatikan, tampak bahwa contoh proposal bisnis ini terdiri dari susunan berikut:

  1. Pendahuluan yang memuat latar belakang.
  2. Profil Bisnis yang memuat identitas usaha, identitas pemilik usaha, personalia kantor, informasi usaha yang dijalankan (tujuan usaha, dsb), produk yang dihasilkan, dan ruang lingkup usaha.
  3. Struktur organisasi / perusahaan.
  4. Visi dan misi perusahaan / organisasi.
  5. Aspek Pemasaran yang mencakup analisis pasar, penetapan harga, pelaksanaan distribusi, rencana dan strategi promosi, serta target atau segmen pasar.
  6. Aspek Operasional yang mencakup lokasi, ruangan atau tempat yang dibutuhkan, waktu operasional, dan counter style / kesan.
  7. Aspek Sumber Daya Manusia yang mencakup perencanaan sumber daya manusia (SDM), implikasi pada studi kelayakan bisnis, dan cara menganalisis.
  8. Aspek Keuangan.
  9. Biaya yang dibutuhkan yang terdiri atas: modal / biaya awal kebutuhan, biaya operasional, dan estimasi penghasilan per bulan.
  10. Penutup yang berisi kesimpulan dan saran.

Untuk mendownload contoh proposal bisnis di bidang usaha butik ini silahkan klik disini.

Contoh Proposal Bisnis Makanan (PDF): Pempek Frozen Unyil

Dalam proposal bisnis yang disusun oleh Siti Fadilla Azizah R.A, tampak bahwa desainnya cukup modern dan lebih berwarna. Proposal ini menjelaskan detail usaha Pempek Frozen Unyil.

Bila Anda tertarik menulis proposal bisnis yang terlihat modern, maka Anda bisa menjadikan contoh proposal bisnis berikut sebagai referensi.

Dilihat dari strukturnya, proposal usaha Pempek Frozen Unyil ini terdiri atas:

  1. Executive Summary
  2. Mission Statement
  3. Company Background
  4. Product Description
  5. Marketing Plan
  6. Competitor Analysis
  7. SWOT Analysis
  8. Operating
  9. Financial Planning
  10. Timeline

Untuk mendownload contoh proposal bisnis Pempek Frozen Unyil silahkan klik disini.

Contoh Proposal Bisnis Makanan Bahasa Inggris (Word): Kornzey

Berikut ini terdapat contoh proposal bisnis makanan yang disusun oleh JM Enriquez. Proposal ini menampilkan detail usaha bernama Kornzey yang menjual nachos, cookies, mallows dan choco-sticks.

Dilihat dari strukturnya, proposal bisnis Kornzey terdiri atas:

  1. Introduction mencakup summarization (dengan jangka waktu tertentu, misalnya 2 bulan pertama usaha beroperasi) dan executive summary.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan penjabaran visi (vision), miso (mission), tujuan (objectives), sejarah nachos (history of nachos), dan logo.
  3. Nature of the business yang mencakup detail company, customers yang ditarget, dan competitors (pesaing).
  4. Expansion of the business.
  5. Marketing department yang memuat konsep 5P, yakni Product, Price, Place, Packaging dan Promotion.
  6. SWOT Analysis yang terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats..
  7. Location orientation yang dilengkapi dengan map (peta).
  8. Sales department yang memuat diagram business process workflow dan diagram operation process workflow.
  9. Business organizational structure yang memuat seputar sumber daya manusia, peran, dan aturan kerjanya.
  10. Production department yang memuat bahan baku, proses produksi dan alat yang digunakan untuk mengolahnya .
Baca Ini Juga  Cara Membuat Bakso Ikan yang Enak untuk Jualan

Untuk mendownload contoh proposal bisnis Kornzey, silahkan klik disini.

Itulah beberapa contoh proposal bisnis yang bisa Anda jadikan referensi. Lantas, bagaimana cara menulis proposal bisnis yang baik? Simak berikut ini!

Cara Menulis Proposal Usaha / Bisnis yang Baik

Untuk menulis proposa bisnis yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagaimana yang akan hargabelanja.com jelaskan berikut ini.

1. Menyertakan Komponen Penting

Beberapa komponen penting yang sebaiknya Anda masukkan dalam proposal bisnis adalah:

Penfahuluan

Di bagian ini Anda bisa memasukkan kata-kata pendahuluan, latar belakang usaha, visi misi perusahaan, dan penjelasan bagaimana usaha Anda dapat menguntungkan calon investor.

Tak perlu menjelaskannya panjang lebar, yang penting to the point dan mudah dimengerti. Jangan lupa gunakan bahasa yang persuasif agar proposal bisnis Anda semakin meyakinkan.

Profil usaha / bisnis

Di bagian ini Anda bisa menampilkan data usaha, jenis usaha, pemilik usaha, hingga lokasi / tempat usaha beroperasi.

Anda juga bisa memasukan tujuan bisnis di bagian ini. Tetapi, sebaiknya Anda memasukan tujuan bisnis yang realistis. Sebab, kalau tidak maka akan lebih sulit untuk meyakinkan calon investor.

Coba perhatikan kembali beberapa contoh proposal bisnis di atas untuk memperoleh gambaran lebih jelas.

Struktur organisasi perusahaan

Di bagian ini Anda bisa menampilkan struktur organisasi. Jelaskan sistem usaha yang nantinya akaan bekerja serta bagian apa saja yang ingin dibentuk dalam perusahaan Anda.

Produk perusahaan

Bagian ini merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam proposal bisnis. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk menjabarkan produk Anda secara baik, detail dan jelas.

Biasanya bagian ini menampilkan penjelasan mengenai apa produk yang ditawarkan, jenis produk, hingga keunggulan dan daya tarik produk tersebut.

Target pasar

Dalam menentukan target pasar, Anda perlu menyesuaikannya dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya berjualan alat make-up, ya tentu lebih cocok apabila menyasar kaum hawa sebagai target market.

Jika target market belum jelas, sebaiknya jangan berasumsi. Alih-alih berasumsi, lebih baik lakukan riset terlebih dahulu  Kemudian, hasilnya (berupa data) bisa Anda masukan dalam proposal bisnis agar lebih terpercaya dan meyakinkan calon investor.

Baca Ini Juga  Inilah Contoh Visi Misi Perusahaan

Jelaskan pula bagaimana produk Anda bisa masuk ke segmen pasar tertentu. Hal ini juga sebaiknya dilengkapi dengan data dari sumber yang valid agar tidak terkesan “mengarang bebas”.

Aspek pemasaran

Selain itu, komponen yang sebaiknya tidak Anda lupakan adalah aspek pemasaran. Hal ini perlu karena calon investor perlu tahu bagaimana proses Anda menjual produk, dimulai dari memperkenalkan produk tersebut sampai mendapatkan konsumen.

Karena itu, strategi promosi yang ingin dijalankan perlu ada dalam proposal bisnis.

Dalam menyusun strategi pemasaran, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan produk yang Anda jual. Sehingga, calon investor bisa melihat potensi keberhasilannya.

Laporan keuangan

Bagian ini biasanya diisi dengan modal (alokasi dana), perhitungan keuntungan dan sistem bagi hasil (jika ada).

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan berbagai informasi penting lainnya terkait kondisi finansial bisnis yang bisa menjelaskan resiko serta peluang keberhasilan bisnis.

Penutup

Di bagian penutup, Anda bisa memasukan kesimpulan serta pesan yang bersifat persuasif untuk mendorong calon investor agar mau menanamkan modalnya pada perusahaan Anda. Anda juga bisa menyampaikan fleksibilitas usaha untuk lebih menarik minat calon investor.

Jangan lupa sampaikan ucapan terimakasih bagi pembaca karena sudah menyimak proposal bisnis yang Anda susun tersebut.

Lampiran

Kalau bagian yang satu ini biasanya berisi biodata pemilik usaha (apabila belum tercantum di atas), surat izin usaha, sertifikat pelatihan, surat perjanjian, dan lain sebagainya.

2. Dukung dengan Media Lain

Agar lebih meyakinkan, Anda bisa menggunakan beberapa media pendukung seperti PowerPoint, video demo, sample produk, dan sebagainya. Melalui cara ini, Anda bisa membuat impresi baik pada pihak investor.

3. Berikan Trial Period dan Milestone

Konsep trial period dan milestone ini maksudnya adalah Anda memberikan kebebasan bagi investor untuk menarik kembali dana yang sudah mereka suntikan pada perusahaan Anda JIKA ternyata usaha Anda tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Strategi ini cukup beresiko jadi sebaiknya pertimbangkan dulu matang-matang sebelum Anda menerapkannya.

3.Gunakan Desain yang Menarik

Jika dirasa bisa, sebaiknya gunakan desain yang menarik agar proposal bisnis Anda lebih enak dipandang. Tapi, jangan memaksakan diri. Kalau memang tidak cocok sebaiknya tidak usah pakai desain apa-apa.

Untuk meringkas waktu mendesain atau menyusun kerangka proposal, Anda bisa menggunakan template yang tersedia di Jotform. Jotform adalah platform yang menyediakan berbagai macam template untuk kebutuhan proposal bisnis.

Demikian pembahasan mengenai contoh proposal bisnis dan cara menulisnya. Apa Anda sudah siap menulis proposal bisnis untuk usaha Anda?

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: