5 Tips Pintar Investasi Kripto, Jadilah Smart Investor!

Diposting pada

Saat ini banyak kalangan menggandrungi investasi aset kripto. Apakah Anda juga? Jika ya, maka Anda perlu membekali diri dengan pemahaman yang baik terkait resiko investasi kripto. Tak cukup dengan memperbanyak literasi keuangan saja, berikut 5 tips pintar investasi kripto yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari resiko kerugian.

Catat, Tips Pintar Investasi Kripto Agar Menjadi Smart Investor

tips pintar investasi kripto Hargabelanja.com

Cek Ijin Resmi Platform Investasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek ijin resmi platform investasi pilihan. Sudahkah platform tersebut mengantongi ijin dan teregistrasi resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)? Jika belum, maka lebih bijak apabila Anda mengurungkan niat untuk berinvestasi di platform tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah aset pilihan sudah mengantongi ijin di Bappebti atau belum. Jangan tergiur untuk membeli aset yang asal-usulnya belum jelas. Oleh karena itu silakan cek daftar uang kripto yang telah dikurasi oleh Bappebti.

Pelajari Resiko Investasi

Mempelajari resiko adalah salah satu tips pintar investasi kripto yang tak kalah penting. Seorang smart investor perlu memahami apa saja hal-hal yang mungkin menjadi resiko dalam proses investasi. Dengan demikian, mitigasi dapat dilakukan sedari dini.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Arkeologi

Anda bisa mulai dari memahami sifat kriptografi blockchain terlebih dulu, seperti bagaimana transaksi dicatat dalam basis data (database) terdistribusi hingga bagaimana blockchain yang berbeda mampu mendukung koin kripto yang berbeda.

Melakukan Riset

Tips pintar investasi kripto selanjutnya adalah melakukan riset baik untuk mempelajari jenis kripto, kondisi pasar kripto hingga situasi perekonomian pada saat ini. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda dapat menghindari resiko kerugian.

Informasi yang Anda dapatkan melalui riset bisa berguna untuk menekan resiko maupun mengantisipasi kondisi-kondisi tertentu yang dapat terjadi di masa depan.

Penting untuk memantau fluktuasi pasar kripto terkini agar Anda dapat mengambil keputusan yang bijak dalam berinvestasi.

Baru-baru ini CNN melaporkan bahwa harga kripto tengah berguguran dalam 24 jam terakhir (12/10/2022). Tercatat setidaknya 10 kripto teratas seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin dan cs kompak berada di zona maerah.

Meminjam data dari CoinMarketCap, Bitcoin anjlok 2,22% dalam waktu semalam sehingga nilainya menjadi USD 19.058 per keping. Sementara, Ethereum turun 3,98% menjadi USD 1.279 per keping. Ada pula BNB dan XRP yang turut merosot sebesar masing-masing 3,3% dan 7,3%.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jenjang Sarjana dengan Sistem UKT

Informasi seperti ini perlu dipertimbangkan sebelum Anda mengambil keputusan berinvestasi. Jika masih pemula, maka Anda bisa mulai dari informasi mendasar seperti membaca whitepaper jenis kripto pilihan serta mempelajari teknologi yang menopangnya.

Fokus Pada Jangka Panjang

Tips pintar investasi kripto selanjutnya adalah fokus pada jangka panjang. Saat memantau kondisi pasar kripto tentu Anda tidak selalu mendapatkan kabar baik bukan? Namun hal ini bukan menjadi alasan untuk menarik diri dan tidak melakukan investasi. Hal pertama yang perlu diingat adalah sulit untuk memprediksi kondisi pasar pada saat dalam kondisi masih bearish. Jadi, jangan panik dan fokus pada pendekatan jangka panjang.

Buy The Dip

Buy the dip juga termasuk salah satu tips pintar investasi kripto yang bisa Anda lakukan. Pada saat harga sedang turun, Anda bisa lakukan strategi buy the dip, yakni membeli aset ketika harganya berada di titik rendah (merosot). Namun, jangan lupa untuk mempelajari teknikal analisis aset kripto pilihan terlebih dulu.

Penerapan buy the dip juga harus bijak. Lakukan pembelian secara bertahap, bukan sekaligus. Pada saat harga kembali melonjak, maka Anda bisa menjual aset untuk memperoleh keuntungan yang lumayan.

Baca Ini Juga  15 Kumpulan Soal Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Terbaru

Itulah beberapa tips pintar investasi kripto yang bisa dilakukan agar Anda menjadi smart investor. Saat ini investasi di aset kripto memang memperoleh dukungan dari Pemerintah seiring dengan adanya regulasi yang mengatur serta adanya pungutan pajak. Tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dalam menjalankan investasi ini agar tak merugi di kemudian hari.