Pegadaian Syariah

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan Pegadaian Syariah. Lembaga keuangan bukan bank ini menghadirkan pembiayaan halal tanpa adanya unsur riba. Tepat sekali untuk Anda yang ingin menggunakan kredit tanpa bunga. 

Sebagai Pegadaian Syariah, tentunya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip syariah yang mendasarinya. Bagaimana mekanismenya? Apakah murni tanpa unsur riba? 

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, alangkah baiknya untuk meninjau mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Pegadaian Syariah adalah lembaga keuangan yang bukan bank, tetapi bisa menyalurkan pembiayaan tanpa bunga. Sebab, bunga berpotensi menghadirkan unsur riba. 

Masih banyak pula kelebihan yang bisa Anda dapatkan melalui lembaga satu ini. Untuk mengetahui mengenai hal tersebut, yuk cek uraian lengkapnya dalam bagian selanjutnya. 

Mekanisme Pegadaian Syariah 

Sebelum membahas lebih jauh, yuk cek mengenai mekanismenya terlebih dahulu. Adapun mekanismenya, sebagai berikut:

Manakala Anda berkeinginan untuk menggunakan Pegadaian Syariah, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan seluruh persyaratannya. Adapun persyaratan yang dibutuhkan, antara lain fotokopi KTP atau dokumen lain sebagai identitas diri Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan benda jaminan. 

Baca Ini Juga  5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu

Bagi Anda yang ingin menggadaikan kendaraan bermotor, maka BPKB serta STNK harus dilampirkan. Lalu, Anda pun harus menandatangani SBR atau Surat Bukti Rahn. Yang mana rahn merujuk pada gadai syariah. 

Selanjutnya, Anda tinggal mendatangi kantor cabang pegadaian terdekat. Tentunya dengan membawa barang jaminan. Setelah itu, petugas akan menjalankan penaksiran terhadap barang jaminan. 

Uang pencairan bisa Anda terima secara tunai. Bisa pula melalui transfer. 

Kelebihan Pegadaian Syariah 

Setelah mengetahui bagaimana mekanismenya, yuk cek kelebihannya sebagai pertimbangan untuk Anda. Uraiannya sebagai berikut:

1. Pelayanan Tersedia di Seluruh Indonesia

Kini, Pegadaian Syariah telah tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah outletnya pun banyak, yakni mencapai 600. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kantor cabang terdekat untuk melakukan gadai. 

Karena itu, tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk bisa menggunakan gadai ini. Yang juga menarik, sekarang telah hadir aplikasi pegadaian digital. Anda bisa mengaksesnya secara mudah tanpa batas waktu. 

2. Pilihan Pinjaman Banyak

Terkait plafon pinjaman, Anda tidak perlu khawatir. Sebab,  mulai dari nominal yang sedikit sampai yang tinggi pun tersedia. Untuk batas minimum pinjamannya adalah Rp50 ribu. 

Baca Ini Juga  Deposito Syariah untuk Investasi Sesuai Syariat Islam

Sedangkan untuk batas maksimalnya mencapai Rp1 miliar. Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa pula untuk memenuhi seluruh persyaratan agar pengajuan Anda diterima. 

3. Tidak Memerlukan Rekening

Kemudian, Anda bisa mengajukan gadai tanpa harus memiliki rekening. Maka dari itu, tidak ada kendala rekening dalam hal ini. Anda bisa mengajukannya segera dan cairnya pun segera. 

4. Pinjaman Dapat Diperpanjang Tanpa Batas Maksimal

Yang juga menarik, tenor pinjaman bisa diperpanjang berkali-kali. Dengan begitu, bisa menjadi alternatif solusi sebagai sarana untuk membantu finansial Anda. Jika Anda memerlukan pinjaman cepat, langsung saja mengajukannya dalam lembaga keuangan non bank satu ini. 

5. Prosedur Pinjaman Mudah dan Cepat

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan mengenai prosedur pinjaman. Mudah sekali, bukan? Prosesnya pun cepat, sehingga Anda bisa memperoleh bantuan dana segera.  Sekarang, Anda sudah mengetahui terkait Pegadaian Syariah. Terutama dalam hal mekanisme dan kelebihannya

Bagikan: