Perbankan Syariah

Ada perbankan syariah juga ada perbankan konvensional, keduanya sudah ada di Indonesia. sekarang ini tak sulit menemukan bank syariah dalam satu kota, sebab lokasi cabangnya sudah hampir menyeluruh di Indonesia.

Informasi Seputar Perbankan Syariah

Perbankan ini menggunakan sistem syariah yang disesuaikan dengan fatwa MUI. Dalam melakukan kegiatannya, akan mendapat pengawasan langsung dari Dewan Syariah Nasional milik MUI. Berikut lebih lengkap tentang perbankan ini.

Bank syariah akan memberikan sistem perbankan yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin menyesuaikan kehidupan dengan ajaran agama. Semua berbasis dari apa yang diajarkan dalam agama, hanya saja penerapan tepatnya akan berbeda untuk masing-masing produk atau layanan.

Fungsi Bank Syariah

Berikut akan disebutkan satu per satu fungsi dari perbankan atau bank syariah.

1. Sebagai Jasa Sosial

Fungsi bank syariah yang pertama adalah untuk menjadi layanan atau jasa sosial. Dalam agama Islam, akan disebut sebagai dana qardh atau pinjaman kebajikan. Sebab dalam Islam sendiri, telah diberikan berbagai jenis dana atas nama sosial (kemanusiaan).

Baca Ini Juga  Tips Memilih Bank Syariah Terbaik Di Indonesia

Selain dana qardh juga ada yang namanya dana zakat, dan dana sosial itu sendiri. Akan menjadi penjelasan yang sangat panjang untuk membahas poin ini.

Namun salah satu poin pentingnya, bahwasannya perbankan Islam seharusnya memiliki tujuan untuk mengembangkan sumber daya insani. Dengan begitu, sesama makhluk bisa saling membantu satu sama lain.

3. Sebagai Jasa Keuangan

Tetap memiliki fungsi sebagai jasa keuangan, sebagaimana fungsi perbankan pada umumnya. Jasa keuangan yang diberikan perbankan ini dengan bentuk fee based dalam penyewaan. Pilihan jasanya pun sama, diantaranya ada transfer kawat hingga garansi.

Jasa keuangan lainnya pun disediakan, misalnya saja pinjaman. Pinjaman sendiri jenisnya ada banyak, salah satunya adalah pendanaan untuk beli rumah. Sistem yang digunakan sama-sama berasal dari fatwa MUI, dan kata-kata ‘bebas riba’ benar-benar nyata diterapkan.

3. Sebagai Pihak yang Menawarkan Produk Investasi

Fungsi bank syariah lainnya adalah untuk menawarkan produk-produk investasi syariah. Produk investasi yang dijalankan sesuai fatwa dari MUI, lebih tepatnya berdasarkan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Baca Ini Juga  Istilah dalam Kartu Kredit Syariah yang Wajib Diketahui Pemilik

Mungkin sebelumnya Anda tidak cukup tahu apa saja jenis investasi yang sudah ada sistem syariahnya. Beberapa diantaranya adalah investasi emas syariah, peer to peer lending syariah, deposito syariah, reksa dana syariah, saham syariah, obligasi, hingga properti.

4. Sebagai Manajer Investasi

Semakin modern zamannya, semakin berkembang dan banyak pula jenis-jenis investasi. Ada produk investasi yang berbasis sistem syariah, tentu juga ada pihak yang melakukan manajemennya.

Di situ lah fungsi bank syariah Islam lainnya, yaitu sebagai manajer investasi. Akan diambil salah satu contohnya adalah reksa dana syariah, reksa dana pada umumnya (konvensional) dijalankan nasabah dengan MI.

Sama juga dengan reksa dana syariah, juga butuh MI supaya bisa berjalan.

Apakah Anda Membutuhkan Sistem Perbankan Ini?

Dari fungsinya, apakah Anda menilai sistem perbankan inilah yang dicari-cari? Mengutamakan sosial dan prinsip utama saling tolong-menolong, membuat aktivitas perbankan jadi lebih bermanfaat.

Bagi Anda yang sudah tertarik menggunakan produk atau layanan dari perbankan syariah, bisa segera saja. Sebab sekali lagi, cabangnya pasti sudah ada di kota Anda. 

Bagikan: