Ilustrasi berisi teks 10 Ide Bisnis Gila, Tapi Boleh Juga Sih, hargabelanja.com
Via Canva

10 Ide Bisnis Gila Ini Bikin Heran, Tapi Layak Dicoba

Diposting pada

Kalau diperhatikan, persaingan bisnis kini semakin ketat dan jumlah pengusaha yang menggeluti bidang yang sama juga semakin bertambah. Maka, untuk bisa stand out (tampil menonjol), Anda perlu ide bisnis gila untuk menawarkan produk atau jasa baru. Penasaran seperti apa contoh ide bisnis gila tersebut?

Berikut hargabelanja.com bagikan 10 bisnis gila yang mengungkap celah pasar yang mungkin belum Anda pikirkan sebelumnya. Sebagian dari bisnis ini sudah berjalan di berbagai negara. Namun, karena jumlahnya masih sedikit, tidak menutup kemungkinan 10 ide bisnis gila ini bisa Anda kembangkan di Indonesia.

10 Ide Bisnis Gila yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, Tapi Layak Dicoba

Ilustrasi dalam artikel 10 Ide Bisnis Gila Ini Bikin Heran, Tapi Layak Dicoba, hargabelanja.com
Via Canva

Jasa Bersih-Bersih Area Parkir

Pernah terpikir memulai jasa bersih-bersih tempat parkir? Nah, ini salah satu dari 10 ide bisnis gila yang sudah dijalankan oleh Brian Winch. Ia merintis usaha bernama Cleanlots yang berfokus menawarkan berbagai pilihan vendor jasa bersih-bersih tempat parkir.

Dalam situs FitSmallBusiness, dijelaskan bahwa bisnis ini simpel, murah, dan berpotensi menguntungkan. Tak hanya itu, bisnis ini juga berkembang karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Jika ingin memulai bisnis ini, Anda juga tidak perlu menyiapkan modal besar. Cukup berbekal alat bersih-bersih saja, seperti sapu, penampung debu (dust pan), tempat sampah dan semacamnya. Kemudian, Anda bisa mengambil orderan dari lokasi yang terdekat supaya tidak menghabiskan banyak bensin.

Aplikasi Cari Jodoh untuk Hewan Peliharaan

Familier dengan aplikasi Tinder? Kalau Anda punya kemampuan cukup dalam mengembangkan aplikasi, maka Anda bisa membuat aplikasi semacam Tinder. Tetapi, kali ini jangan sama persis ya. Jika Tinder didesain untuk manusia, maka Anda bisa mengembangkan aplikasi cari jodoh untuk hewan.

Ini merupakan salah satu dari 10 ide bisnis gila yang menarik untuk dicoba. Jangan khawatir kalau Anda tidak bisa mengembangkan aplikasi, karena sebetulnya Anda bisa menawarkan jasa ini melalui website. Pilih saja cara termudah dan yang paling mungkin untuk Anda. Jangan langsung menyerah ya. Ingat, banyak jalan menuju Roma!

Baca Ini Juga  Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Bisnis Kue Berdesain Unik

Salah satu dari 10 ide bisnis gila lainnya yang bisa Anda coba adalah berjualan kue. Tapi, buka kue biasa dong, melainkan kue dengan desain unik. Misalnya kue berbentuk papan catur seperti yang ada di video ini.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki keahlian baking yang cukup baik. Selain itu, Anda juga perlu memiliki ide kreatif karena memang disinilah USP (nilai lebih / keunikan) bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal Kecil Mulai Rp 100 Ribu

Toko Barang Mantan

Anda juga bisa membuka usaha toko barang mantan lho. Ini merupakan salah satu dari 10 ide bisnis gila yang menawarkan potensi keuntungan cukup besar karena belum terlalu menjamur di Indonesia.

Disini Anda hanya perlu membeli barang mantan orang lain, lalu menjualnya kembali dengan label “Barang Mantan”. Agar menarik, Anda bisa sertakan cerita yang melatari barang tersebut di bagian deskripsi produk.

Parcel Ubi

Jika Amerika punya parcel kentang, maka Indonesia bisa menawarkan parcel ubi. Konsepnya sama dengan parsel kentang yang mana kentang dijadikan media untuk menulis pesan. Bedanya, Anda bisa menggunakan ubi sebagai alternatif kentang.

Parcel ini berisi ubi (atau kentang) yang ditulisi kata-kata atau pesan dari si pengirim untuk si penerima. Contohnya seperti gambar berikut.

Contoh parcel kentang dalam artikel 10 Ide Bisnis Gila, hargabelanja.com
Source: Amazon

Ini merupakan 1 dari 10 ide bisnis gila yang belum disentuh banyak orang di Indonesia lho. Jadi, kenapa tidak Anda saja yang memulainya?

Sewa Hewan

Melengkapi daftar 10 ide bisnis gila ada bisnis sewa hewan. Bisnis ink mengusung konsep sederhana, dimana Anda hanya perlu menyewakan hewan untuk orang yang membutuhkan.

Baca Ini Juga  Bagaimana Mengatur Waktu Bagi Pekerja Remote?

Hewan yang disewakan bisa bermacam-macam, mulai dari kambing, ayam, hingga anjing. Di negara lain, banyak orang berminat untuk menyewa kambing lho. Hal ini karena kambing bisa membantu merapikan rumput di halaman rumah mereka.

Baca Juga: 15 Bisnis Online Tanpa Modal, Untungnya Lumayan!

Jual Foto Selfie

Ide bisnis gila selanjutnya adalah jualan foto selfie. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menghasilkan foto selfie yang unik dan orisinal. Kemudian, foto tersebut dijual di NFT. Jangan keliru ya, selfie yang orisinal dan unik itu tidak sama dengan selfie mesum. Jadi, Anda tidak perlu memamerkan aurat ataupun berpose mesum.

Makeup Artist Unik

Lebih lanjut, ada makeup artist unik yang termasuk salah satu dari 10 ide bisnis gila yang cukup populer di Asia, termasuk Indonesia. Ada beberapa makeup artis yang sudah menjalani ide ini, seperti Nurhasanah Azarya, @melita_makeup, dan Ini Vindy.

Untuk menggeluti bidang ini, Anda perlu memiliki skill merias wajah dan kreativitas di atas rata-rata. Hal ini karena riasan uniklah yang menjadi nilai jual bisnis Anda. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah tersedia banyak video tutorial yang bisa Anda jadikan referensi latihan. Tertarik mencoba ide bisnis gila ini?

Baca Juga: Bisnis Rice Bowl Rumahan: Modal, Menu & Tips Menjalaninya

Rumah Makan Berkonsep Vending Machine

Selanjutnya dalam 10 ide bisnis gila adalah rumah makan berkonsep vending machine. Sederhananya, bisnis ini menyajikan makanan siap saji maupun roti, tetapi sistem pemesanannya menggunakan vending machine.

Untuk memesan makanan, pengunjung harus memasukkan koin atau menggesekan kartu khusus ke dalam machine terlebih dulu. Setelah itu, mereka baru bisa menikmati makanan yang masih tersaji dalam kondisi hangat. Menarik bukan?

Diketahui bisnis ini sudah berjalan di Jepang. Selain itu, ada juga bisnis dengan konsep serupa di Belanda dengan nama Automats. Menurut sejarahnya, bisnis makanan dengan konsep vending machine ini pernah booming di Amerika. Namun, popularitasnya mulai surut seiring dengan berjalannya waktu. Adapun di Indonesia, bisnis ini belum begitu populer. Apa Anda tertarik memulainya?

Baca Ini Juga  Contoh Soal Peluang Kejadian Majemuk Beserta Jawabannya

Jual Kertas Sertifikat Saham & Obligasi Lawas

Bisnis berjualan kertas sertifikat saham dan obligasi lawas menjadi pamungkas 10 ide bisnis gila dalam artikel ini.

Bidang usaha ini cocok untuk Anda yang punya hobi scripophily. Scripophily adalah gemar mengoleksi atau mengumpulkan kertas sertifikat saham dan obligasi. Kenapa hobi ini berpotensi menjadi bisnis yang menguntungkan?

Hal ini karena kertas sertifikat saham dan obligasi lawas punya daya tarik yang sama dengan uang lawas serta perangko. Jadi, ada saja orang yang berminat membelinya.

Mengutip majoo.id, daya tarik sertifikat lawas dinilai dari beberapa faktor seperti usia, keaslian, gambar, sejarah, kategori industri, hingga estetika. Selain itu, kondisi sertifikat yang masih apik juga menjadi pertimbangan tersendiri. Terlebih jika jumlahnya juga sangat terbatas dan dibubuhi tanda tangan orang yang terkenal pada masa itu.  Otomatis, banyak orang mengincarnya.

Apalagi zaman sekarang kertas sertifikat saham dan obligasi mulai diganti dengan format elektronik. Dihapusnya format kertas tersebut berpotensi menaikan harga kertas sertifikat saham dan obligasi karena keberadaanya yang semakin langka.

Untuk mengoleksi kertas langka tersebut, Anda bisa mampir ke Stock Search International.

Nah, tuntas sudah pembahasan mengenai 10 ide bisnis gila yang bikin heran tapi layak dicoba. Bagaimana menurut Anda? Apakah ide bisnis tersebut memiliki kemungkinan survive apabila dijalankan di Indonesia?

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.