Buah penghilang bau badan hargabelanja.com
source: Canva

3 Buah Penghilang Bau Badan untuk Aroma Tubuh Lebih Baik

Diposting pada

Tahukah Anda, hasil studi mengungkapkan bahwa seseorang yang makan buah dan sayuran lebih banyak cenderung memiliki bau badan yang lebih baik. Tampaknya hal ini bukanlah mitos. Beberapa buah memang efektif mengurangi bau tubuh tak sedap. Lantas, apa saja buah penghilang bau badan tersebut? Simak selengkapnya disini!

Apa Saja Buah Penghilang Bau Badan?

 

Buah-Buahan Citrus

buah penghilang bau badan hargabelanja.com
source: Canva

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk limau dan sebagainya dapat mengurangi bau badan tak sedap. Kandungan asam sitrat tinggi pada buah-buahan tersebut diketahui cukup efektif melancarkan arus air dalam tubuh sehingga racun (toksin) dalam tubuh dapat berkurang. 

Selain dengan cara memakan buah langsung, Anda juga bisa meracik ramuan untuk mengurangi bau badan. Salah satu buah yang bisa Anda gunakan adalah jeruk limau. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyediakan jeruk limau dan sirih. 

Ramuan jeruk limau dan sirih ini bisa Anda racik dengan cara mencampurkan jeruk limau dengan 3 sendok makan kapur siri, 1 sendok teh bubuk merica dan 1 sendok teh kapur barus. Setelah semua bahan tercampur rata maka Anda bisa mengoleskan ramuan tersebut ke sumber bau badan seperti bagian lipatan, ketiak dan sebagainya. 

Baca Ini Juga  Contoh Soal SKD CPNS Terbaru

Cara lainnya adalah mencampurkan jeruk limau atau jeruk kasturi dengan sepotong tawas. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya pada ketiak.  

Buah Mangga

Buah mangga juga termasuk kelompok buah penghilang bau badan. Mangga mengandung vitamin A, C dan E yang dapat membantu membersihkan aliran darah serta mengurangi kelebihan panas badan yang dapat memicu bau badan tak sedap.

Selain itu, mangga juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meneruskan Balitbu Tropika, buah ini mengandung sekitar 20 jenis vitamin dan mineral yang berbeda. Jumlah ini paling banyak diantara buah-buahan yang lain.

Beberapa mineral yang terdapat pada mangga diantaranya adalah tembaga, kalium, besi, mangan, fosfor, seng, kalsium dan selenium.

Lebih lanjut, mangga juga mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, buah ini memiliki beberapa senyawa yang menyehatkan seperti asam galat, lutein dan asam anakardat. 

Mengonsumsi buah mangga juga bisa membantu menjaga kesehatan usus lantaran buah ini mengandung banyak serat. Bila rajin makan buah mangga maka Anda bukan saja dapat mengurangi bau badan tak sedap, melainkan juga bisa memperoleh banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. 

Baca Ini Juga  5 Aplikasi VPN PC Terbaik Untuk Buka Situs Terblokir

Baca Juga: Buah Penurun Asam Lambung, Mulai Melon Hingga Kelapa

Buah Kelengkeng / Lengkeng

Buah penghilang bau badan selanjutnya adalah kelengkeng. Bagian dari buah kelengkeng atau lengkeng ini bisa diracik bersama bahan lain untuk mengatasi bau badan tak sedap. 

Caranya mudah kok, cukup ambil 15 gram biji kelengkeng kemudian tumbuk bersama 9 gram lombok hitam. Setelah teksturnya halus maka Anda bisa mengoleskannya ke sumber bau. 

Meskipun Anda memanfaatkan bijinya, bukan berarti daging buahnya dibuang. Anda sebaiknya mengonsumsi buah ini, karena buah kelengkeng menawarkan banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. 

Selain itu, buah ini juga dapat berperan sebagai agen antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Kandungan fruktosa pada kelengkeng juga dapat menjaga kadar gula dalam darah. Tetapi, sebaiknya Anda mengonsumsi buah kelengkeng dalam jumlah wajar. Karena jika berlebihan dapat memicu naiknya suhu tubuh. 

Itulah beberapa buah penghilang bau badan yang bisa menjadi senjata Anda untuk mengurangi bau tubuh tak sedap secara alami. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan parfum maupun deodoran sepanjang waktu. Selanjutnya Anda dapat membaca artikel cara membuat salad buah atau menengok buah unik dan langka di dunia.