Contoh Soal Tekanan Hidrostatis - Hargabelanja.com

3 Contoh Soal Tekanan Hidrostatis dan Pembahasannya

Diposting pada

Fluida statis atau hidrostatis termasuk salah satu materi Fisika yang menarik untuk dipelajari. Bicara soal contoh soal tekanan hidrostatis, tentu jumlahnya cukup banyak. Tapi sebelum kesana, jawab dulu pertanyaan ini. Apa contoh peristiwa sehari-hari yang menerapkan hukum hidrostatis ?

Dalam kehidupan sehari-hari, konsep hidrostatis banyak dijumpai. Misalnya, ketika kamu menyelam atau pada momen kapal yang mengapung.  Kamu juga dapat menjumpai konsep hidrostatis pada aliran darah lho.

Bila kamu sulit memahami materi ini, ada baiknya kamu banyak berlatih contoh soal tekanan hidrostatis. Hal ini dapat mematangkan pemahaman kamu tentang hidrostatis. 

Pada artikel ini, ada 3 contoh soal tekanan hidrostatis yang bisa kamu kerjakan. Upayakan kamu tidak melihat kunci jawaban sebelum mencoba mengerjakan soalnya dulu ya. Baiklah, tanpa menunda-nunda lagi berikut adalah soalnya! 

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

1. Sebuah besi yang memiliki massa 3,3 kuintal dan mempunyai volume 0,3 m^3 dicemplungkan ke dalam danau. Dalam situasi seperti itu, apakah besi tersebut akan tenggelam atau mengapung di permukaan air? (Dalam kasus ini, kamu dapat menggunakan persamaan ρ = m/V.)

Baca Ini Juga  Menu Nasi Kotak Harga Rp15.000 Surabaya

2. Suatu bola besi yang mempunyai massa 0,22 ton dan volume 0,2 m^3 dimasukkan ke dalam kolam. Dalam situasi seperti itu, apakah bola besi tersebut akan tenggelam atau mengapung di permukaan air? (Cara mengerjakan soal ini sama seperti di atas, jadi menggunakan persamaan ρ = m/V.)

3. Seorang penyelam menyelam dengan kedalaman 3 meter. Pada saat itu, berapakah tekanan hidrostatisnya?

Pembahasan Contoh Soal Tekanan Hidrostatis 

Pembahasan Soal 1

Sebelumnya ubah dulu satuan massa besi dari kuintal menjadi kilogram. Maka, kamu memperoleh massa besi adalah sebesar 330 kg. Dengan ketentuan = m/V, maka kamu bisa mendapatkan persamaan:

= 330 kg : 0,3 m^3 

= 1.100 kg/m^3

Jadi, massa jenis besi tersebut adalah 1.100 kg/m^3. Sementara, massa jenis air adalah 1.000 kg/m^3, maka kemungkinan besar besi tersebut akan tenggelam. Itu karena massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air (massa jenis besi > massa jenis air).

Pembahasan Soal 2

Ubah satuan massa bola besi terlebih dulu, dari ton ke kilogram (1 ton = 1.000 kg). Maka, kamu mendapatkan massa besi adalah sebesar 220 kg. Selanjutnya gunakan persamaan = m/V untuk mencari tahu apakah massa jenis bola besi lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan massa jenis air. 

Baca Ini Juga  Download Assoluto Racing Mod Apk Versi Terbaru

= 220 kg : 0,2 m^3 

= 1100 kg/m^3

Setelah mengetahui bahwa massa jenis bola besi adalah 1.100 kg/m^3, maka kamu dapat menyimpulkan bahwa bola tersebut kemungkinan akan tenggelam saat dicemplungkan ke dalam kolam. Itu karena massa jenis bola besi melebihi massa jenis air (ρ air = 1.000 kg/m^3).

Pembahasan Soal 3

Untuk mengerjakan soal nomor 3, kamu perlu ekstra teliti dan mengumpulkan informasi lain yang tidak dituliskan, namun dibutuhkan. Tenang, informasi tersebut bersifat konstanta kok, diantaranya seperti gravitasi dan massa jenis air. 

Baiklah, setelah mengumpulkan nilai gravitasi dan massa jenis air, maka kamu bisa mulai mengerjakan soalnya melalui cara berikut.

P = ρ.g.h

Perlu diketahui, P mewakili tekanan hidrostatis, lalu mewakili massa jenis air (1.000 kg/m^3). Sementara, g adalah gravitasi (10 N/kg) dan h merupakan ketinggian atau kedalaman. 

Sekarang, masukkan nilainya. 

P = 1.000 kg/m^3 . 10 N/kg . 3 m

P = 30.000 N/m^2 (Pa)

P = 30 kPa

Jadi, tekanan hidrostatisnya adalah 30 kPa.

Itulah 3 contoh soal tekanan hidrostatis lengkap dengan pembahasannya. Apakah sekarang kamu lebih memahami materi hidrostatis? Mari kerjakan contoh soal hidrostatis lainnya pada artikel Contoh Soal Hidrostatis Level Medium. 

Baca Ini Juga  Dekorasi Lebaran Sederhana untuk Sambut Hari Raya

Kamu juga bisa mencoba soal lain yang berkaitan dengan psikotes, potensi akademik, aritmatika hingga trigonometri

Materi hidrostatis sendiri cukup sulit, namun menarik untuk dipelajari. Tapi tenang saja, kamu bisa memiliki pemahaman yang baik tentang hal ini apabila rajin mengerjakan contoh soal tekanan hidrostatis. Bila referensi soalmu kaya, maka kamu juga akan lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal hidrostatis yang muncul di ulangan harian ataupun ujian sekolah. Yuk rajin berlatih soal!

 

1 komentar.

Comments are closed.