Macam-macam yogurt.| Unsplash.com
Macam-macam yogurt.| Unsplash.com

Apa Saja Macam-Macam Yoghurt Beserta Manfaatnya?

Diposting pada

Macam-macam yogurt memang membuat konsumennya bebas memilih jenis mana yang disukai. Selain itu, yogurt merupakan produk olahan fermentasi susu yang menghasilkan aroma unik dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sehingga tidak dapat dipungkiri yoghurt sudah memikat banyak perhatian di berbagai kalangan. Tidak heran apabila konsumen yoghurt seakan bertambah setiap harinya. Bahkan tiap jenis yogurt memiliki cita rasa yang khas dan enak.

Macam-Macam Yoghurt Beserta Manfaatnya

Macam-macam yogurt.| Unsplash.com
Macam-macam yogurt.| Unsplash.com

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang mempunyai peranan penting bagi tubuh. Selain itu, yogurt pun terdiri dari berbagai jenis, diantaranya ada yogurt susu domba, tradisional, dan lain sebagainya. Yuk bahas selengkapnya disini!

1.    Yoghurt Tradisional

Yoghurt tradisional memiliki tekstur yang lebih kental daripada tekstur jenis lainnya. Salah satu jenis Yoghurt paling terkenal adalah dadiah. Produk fermentasi ini merupakan yoghurt yang berasal dari Minangkabau.

Dadiah terbuat dari fermentasi susu kerbau yang baru di perah. Cara fermentasinya sedikit berbeda dengan yang lain, yaitu difermentasi dalam bambu. Proses ini menyebabkan tekstur dan aroma khas dadiah berbeda dengan yoghurt lainnya.

Baca Ini Juga  Apa Saja Dampak dari Perselingkuhan?

2.    Yoghurt Susu Domba

Yoghurt ini terbuat dari fermentasi susu domba dan memiliki tekstur kental. Selain kental juga memiliki tekstur lembut dan bersifat tidak mudah rusak dalam suhu tinggi. Hal ini berarti yoghurt susu domba cocok dijadikan bahan memasak.  Yoghurt susu domba mengandung sedikit laktosa. Sehingga dijadikan pilihan bagi penderita intoleransi laktosa.

3.    Yoghurt Kedelai

Yoghurt yang satu ini terbuat dari fermentasi susu kedelai. Nama lain yang sering disebut adalah soygurt. Meskipun terbuat dari susu kedelai, yoghurt jenis ini memiliki protein yang sama seperti susu sapi. Yogurt bisa menjadi pilihan bagi orang yang memiliki alergi susu sapi.

4.    Yoghurt Yunani (Greek Yoghurt)

Greek Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu sapi yang bertekstur lebih kental dan lembut. Produk ini kaya akan protein dan memiliki kadar gula lebih rendah dari jenis yoghurt lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Macam-Macam Yoghurt Bagi Tubuh

Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh, apabila rutin mengkonsumsi produk perfermentasi ini. Namun, dengan catatan tidak terlalu berlebihan. Adapun manfaatnya adalah dapat melindungi sistem pencernaan, menjaga berat badan, dan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut ini!

Baca Ini Juga  Cara Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Diri

1.    Melindungi Sistem Pencernaan

Yoghurt memiliki kandungan bakteri yang berperan dalam sistem pencernaan. Bakteri ini dapat melindungi dari ancaman penyakit pencernaan.

2.    Menjaga Berat Badan

Berat badan kerap menjadi masalah bagi kalangan remaja. Hal ini mendorong kaum remaja gencar untuk diet. Yoghurt sudah menjadi pilihan untuk konsumsi program diet. Produk ini merupakan makanan yang kaya akan protein, kalsium bahkan lemak sehat. Kandungan ini dapat menurunkan nafsu makan, sehingga berat badan akan terjaga.

3.    Bermanfaat Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh, ternyata yoghurt juga memiliki manfaat besar untuk kecantikan. Kandungan dalam yoghurt bisa mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Diantaranya dapat dijadikan sebagai masker wajah dengan menambahkan beberapa bahan lain.  Masker wajah ini dapat mengatasi masalah kulit kering, mencegah keriput di wajah bahkan dapat menghilangkan jerawat.

Itulah beberapa jenis yoghurt beserta manfaatnya. Dapat disimpulkan semua jenis Yoghurt memiliki manfaat yang sama bagi tubuh.  Bagi penderita alergi susu sapi dan penderita lainnya dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sehingga mengetahui porsi dan jenis yoghurt yang cocok bagi tubuh. Apabila kamu ingin membaca artikel lainnya yang menarik kunjungi hargabelanja ya!

Baca Ini Juga  Cara Menggunakan WA Web Agar Aman Terbaru 2021