Hindari hal ini saat terpuruk
Hindari hal ini saat terpuruk.|Unsplash.com

Hati-Hati, Hindari Hal Ini Saat Terpuruk!

Diposting pada
Hindari hal ini saat terpuruk
Hindari hal ini saat terpuruk.|Unsplash.com

 

Sebisa mungkin hindari hal ini saat terpuruk. Pasalnya, hal tersebut hanya akan membawa dampak yang tidak baik bagi dirimu sendiri. Sebenarnya, setiap orang akan mengalami masa-masa sulitnya. Bahkan membawa mereka ke dalam masa keterpurukan.

Namun, durasi waktunya tergantung orang tersebut. apakah ia akan membiarkan dirinya terusan-terusan terpuruk ataukah mencoba untuk bangkit kembali.

Hindari Hal Ini Saat Terpuruk

Tidak ada yang bisa terlepas dari masalah. Baik itu orang dewasa bahkan anak-anak. Setiap orang memiliki masalahnya sendiri. Sebenarnya, masalah ini dapat mendewasakan setiap orang yang tertimpanya. Namun, apabila masalah ini terasa sangat berat, tidak jarang orang akan merasa terpuruk. Meskipun demikian, dalam kondisi apapun, cobalah untuk menghindari hal-hal ini! Termasuk ketika kamu sedang merasa terpuruk!

1.      Berpikir Bahwa Orang-Orang Membencimu

Pernah tidak kamu merasa atau berpikir bahwa semua orang membencinya? Hal ini dipicu oleh beberapa orang yang tidak menyukaimu. Namun, dampaknya seperti memberi kesan bahwa semua orang membencimu.

Jika hal tersebut, terus-terusan kamu rasakan, maka kamu akan terus terjatuh pada keterpurukan. Jika pun ada yang membencimu hal tersebut memanglah wajar dalam hidup. Pasalnya, pasti akan ada orang yang menyukai dan ada yang membenci. Sehingga, jauhkan pikirkan ini ketika kamu sedang terpuruk.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Mie Level untuk Dijual

2.      Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Ketika terpuruk, pasti akan muncul berbagai perasaan negatif. Dimana perasaan ini diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah membandingkan diri dengan orang lain. Dimana kamu akan merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang-orang disekitarmu. Sehingga, yang kamu soroti hanya kekurangan dan semua masalah yang kamu hadapi saja.

3.      Larut Dalam Penyesalan

Rasa penyesalan memanglah suatu hal yang positif. Pasalnya, kamu mengetahui dengan betul apa kesalahanmu di masa lalu, Namun, hal ini menjadi tidak baik. Apabila kamu merasakannya secara terus menerus.

Dimana yang awalnya, perasaan ini dapat membantu kamu mengevaluasi dan membantu bagian mana yang harus diperbaiki. Malah membuat kamu terus-terusan sedih  maupun kecewa. Sehingga, kamu akan terus terpuruk. Selain itu, dengan kamu yang seperti ini pun, tidak akan merubah masa lalu.

4.      Terlalu Menyalahkan Orang Lain Atau Keadaan

Hampir semua orang pernah merasakan ketidakadilan dalam hidup. Bedanya, ada yang sebentar dan ada pula yang terus-menerus menyalahkan keadaan. Misalnya, kamu memiliki segudang permasalahan. Baik dari keluarga, asmara, karir, maupun keuangan.

Baca Ini Juga  Nama FF Keren dan Artinya Paling Istimewa

Sementara, kamu merasa tidak  macam-macam. Namun, keadaan tidak pernah berubah. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, pasti ada hikmah yang kamu dapatkan. Dari berbagai masalah yang kamu hadapi.  Sehingga, cobalah untuk meninjau kembali perjalanan yang telah kamu hadapi sekarang ini. Misalnya, kamu ternyata lebih mandiri dari sebelumnya, lebih tenang, dan lain sebagainya,

5.     Hindari Hal Ini Saat  Terpuruk (Merasa Paling Buruk)

Kamu pun perlu menghindari hal ini saat terpuruk. Pasalnya, jika dibiarkan malah akan membuatmu tambah overthinking. Bahkan membenci dirimu sendiri.  Maka, jika kamu mengalami kegagalan atau kritikan dari orang lain.  Misalnya, kamu melamar kerja dan ternyata kamu gagal. Cobalah untuk tidak langsung down. Sehingga tidak ingin melamar kerja lagi.

Kamu pun perlu mengingat bahwa kegagalan bukanlah menunjukan kamu tidak berharga atau tidak memiliki berbakat. Hanya saja, kamu butuh belajar lebih giat. Bahkan bisa jadi,  standar perusahan tersebut memang tidak cocok saja dengan dirimu. Dimana seperti yang kita ketahui, bahwa standar setiap perusahaan berbeda.

Baca Ini Juga  Soal TWK CPNS Terbaru Beserta Jawabannya

Cobalah untuk hindari hal ini saat terpuruk. Dengan begitu, keterpurukan tersebut tidak akan bertahan lama. Meskipun soal lama atau sebentarnya seseorang itu kembali lagi kepada standar waktu seseorang. Yuk terapkan tips di atas ketika kamu merasa terpuruk!