Sumber daya alam Indonesia
Sumber daya alam Indonesia. |Unsplash.com

Inilah Jenis Sumber Daya Alam Indonesia!

Diposting pada
Sumber daya alam Indonesia
Sumber daya alam Indonesia. |Unsplash.com

Istilah sumber daya alam atau lebih dikenal dengan SDA memang sudah tidak asing lagi untuk didengar. Secara umum, sumber daya alam merupakan kekayaan alam milik suatu negara yang dapat berguna bagi kebutuhan hidup masyarakat. Diketahui bahwa sumber daya alam Indonesia memang sangatlah kaya dan cenderung bertambah setiap zamannya.

Perkembangan sumber daya alam biasanya bergantung pula pada SDM atau sumber daya manusia. Karena sumber daya alam dapat berguna apabila diproduksi dengan baik oleh manusia atau masyarakat. Manusia dan sumber daya alam memang menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena keduanya saling memengaruhi dan memberikan keuntungan.

Jenis Sumber Daya Alam Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya dan banyak. Karena negara Indonesia sumber daya ini datang dari berbagai sektor. Mulai dari sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan masih banyak lagi. Setiap sektor memberikan sumbangasih sumber daya yang banyak. Inilah beberapa jenis SDA yang dimiliki Indonesia!

1.      Batu Bara 

Jenis sumber daya alam yang pertama adalah batu bara. Sumber daya alam ini cukup melimpah di Indonesia. Khususnya batu bara yang berada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Sehingga telah banyak pula keuntungan yang didapatkan dari batu bara. Asal muasal batu bara terbentuk adalah dari tumbuh-tumbuhan yang tertimbun di tanah selama bertahun-tahun lamanya.

Semakin tua usia tumbuh-tumbuhan tersebut, maka semakin tinggi pula karbon yang terkandung dalam batu bara. Hal tersebut menyebabkan kualitasnya pun semakin tinggi dan baik. Telah banyak pertambangan batu bara di beberapa tempat. Mulai dari pertambangan batu bara Bukit Asam di Sumatera Selatan, sampai dengan Muara Bungo di Jambi.

2.       Kekayaan Hutan

Sumber daya berikutnya datang dari kekayaan hutan. Hutan di Indonesia memang cukup luas, terlebih di daerah Kalimantan. Hutan di daerah Indonesia pun bermacam-macam. Mulai dari hutan bakau, hutan tropis, hutan pegunungan, hingga hutan pantai. Hutan memiliki peran yang cukup besar sebagai sumber daya alam di negara ini.

Hutan dapat dimanfaatkan untuk tata kelola alam di Indonesia. Selain itu, hutan pun dapat menjadi sumber non kayu dan kayu untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Hasil kehutanan yang seringkali didapatkan di Indonesia cukup beragam. Diantaranya adalah rotan, kayu keruing, kayu akasia, kayu meranti, kayu cendana, kayu rasamala, dan sebagainya.

3.     Sumber Daya Alam Indonesia (Minyak Bumi)

Sumber daya alam yang keberadaanya sangat vital adalah minyak bumi. Karena sampai saat ini, penggunaan bahan bakar minyak memang masih sangat banyak dibutuhkan. Hampir keseluruhan industri di Indonesia akan membutuhkan minyak bumi. Itulah mengapa sumber daya alam minyak bumi ini patut dipertahankan dan diproduksi sebaik mungkin.

Di Indonesia, pertambangan minyak bumi ini dipegang oleh Pertamina. Minyak bumi pun sudah tersebar cukup luas di negara ini. Di Pulau Jawa saja terdapat beberapa daerah, seperti Jatibarang, Delta Sungai Brantas, dan Cepu. Pulau-pulau lainnya pun menyimpan minyak bumi, seperti Kalimantan, Sumatera, Papua, Pulau Seram di Maluku, dan sebagainya.

4.      Pertanian dan Perkebunan

Terakhir adalah pertanian serta perkebunan yang tersebar cukup luas pula di Indonesia. Hasil dari pertanian diantaranya adalah jagung, beras, kayu, ubi, kacang tanah, dan sebagainya. Hasil dari perkebunan adalah teh, kopi, tebu, kelapa sawit, dan sebagainya.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia patut dibanggakan serta dipertahankan. Karena kekayaan dari SDA inilah yang membuat masyarakat Indonesia masih hidup dengan cukup sejahtera. Sehingga keberadaan SDA memang wajib dipertahankan dengan baik.

 

 

 

 

 

Baca Ini Juga  Ukuran Kertas A4 dalam Satuan (Pixel, MM, Inci, dan CM)