Gambar pendukung dalam artikel Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil. hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Anda ingin mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau membantu perekonomian keluarga? Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan Anda tidak harus bekerja di luar rumah. Pun, tidak wajib menyiapkan modal besar.

Bagi Anda yang sedang mencari-cari ide bisnis rumahan modal kecil, 24 rekomendasi usaha dalam artikel ini mungkin dapat membantu.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Gambar pendukung dalam artikel Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil. hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Hargabelanja.com telah merangkum sejumlah ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Usaha Kembang Pangan

Bisnis rumahan modal kecil pertama yang bisa Anda coba adalah usaha kembang pangan. Meskipun menjalani usaha ini tidak mudah, tetapi kemampuan tersebut bisa dipelajari.

Usaha kembang pangan adalah bisnis yang bergerak di bidang budidaya jenis bunga tertentu yang dapat dikonsumsi. Namun tak sebatas budidaya, Anda pun dapat memprosesnya lebih lanjut dengan cara mengolahnya menjadi makanan.

Anda yang berminat pada usaha ini bisa memulainya dari menanam kembang telang, ginseng jawa, dan marigold. Jangan khawatir, bunga-bunga sejenis ini mudah ditemukan.

Agar lebih mudah, sebaiknya Anda menanam bunga pangan dari bijinya. Adapun, media tanam yang bisa Anda gunakan terdiri dari tanah yang dicampur dengan kompos, sekam padi dan humus dedaunan.

Untuk beberapa jenis bunga, Anda perlu memperhatikan kebutuhan air dan sinar mataharinya. Penyiraman juga sebaiknya tidak berlebihan supaya akar tidak cepat busuk. Anda bisa menyiramkan air cucian beras untuk memupuk bunga.

Adapun, makanan yang dapat dibuat dari bunga pangan sendiri biasanya berupa kue kering. Salah satu merek yang memproduksi kue dari bunga pangan adalah Herbaria. Apakah Anda tertarik membuka bisnis yang sama?

2. Jualan Nasi Kuning

Selain usaha bunga pangan, Anda juga bisa mencoba berjualan nasi kuning. Ini merupakan salah satu bisnis rumahan modal kecil yang cukup populer.

Untuk memulai usaha ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kuning dan lauk pendampingnya.

Pilihan lauk tak harus lengkap. Anda bisa memilih tiga varian saja, misalnya ikan tongkol, telur dadar (suwir) dan telur bulat. Nanti pembeli dapat memilih diantara ketiga varian tersebut sesuai selera.

Jangan lupa lengkapi nasi kuning dengan sambal dan kerupuk. Adapun, penjualan bisa dilakukan dari rumah sambil memanfaatkan internet sebagai media promosi. Siap berjualan nasi kuning?

3. Jualan Gorengan

Selain nasi kuning, Anda juga bisa mempertimbangkan jualan gorengan. Bisnis rumahan modal kecil ini menarik untuk dijalani karena hampir selalu laku setiap hari.

Peminat gorengan sendiri terdiri dari berbagai kalangan, mulai anak kecil hingga orang dewasa. Anda pun tidak perlu menyewa kios, karena usaha ini bisa dilakukan dari rumah.

Agar usaha gorengan tidak kalah saing, coba tawarkan kualitas rasa yang baik. Selain itu, varian gorengan juga tak kalah penting. Semakin banyak varian gorengan yang Anda jual, maka semakin terlihat menarik untuk pembeli.

Anda juga bisa memberikan nama bisnis pada usaha gorengan Anda ini agar mudah diingat. Misalnya, gorengan Kak Miftah, Bakwan Pak Bambang, dan Risoles Bu Tini. Bagaimana, lebih menarik kan?

4. Jualan Rice Bowl

Jika memasak gorengan bukan keahlian Anda, maka Anda bisa mencoba usaha rice bowl rumahan saja.

Rice bowl adalah nasi yang disajikan dalam mangkuk, kemudian diberikan lauk pauk yang lezat dan sayuran.

Beberapa lauk pendamping rice bowl yang populer adalah tuna, ayam pedas manis, dan ayam lada hitam.

Rice bowl tak jauh beda dengan nasi bungkus. Bedanya, makanan ini disajikan dalam wadah berbentuk mangkuk. Mangkuk tersebut boleh terbuat dari plastik maupun porselen.

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Nasa Dijamin Untung Besar

Sebelum memulai, baca dulu tips menjalankan usaha rice bowl rumahan di Hargabelanja.com ya!

5. Usaha Snack dan Minuman

Bisnis rumahan modal kecil berikut juga tak kalah menarik. Anda bisa berjualan cemilan dan minuman karena peminatnya cukup luas.

Caranya, Anda hanya perlu membeli beberapa jenis cemilan dalam jumlah cukup besar (misal: 3 kg per snack), lalu membaginya ke dalam ukuran yang lebih kecil (misalnya 250 gram), kemudian mengemasnya kembali dan menjualnya dengan harga yang dapat menghasilkan keuntungan.

Namun, sebelum memulai Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Pilih snack yang disukai oleh target konsumen Anda.
  • Terapkan harga ramah kantong. Sebelum menentukan harga, tak ada salahnya Anda mengecek harga yang ditawarkan penjual lain untuk snack tersebut. Upayakan harga yang Anda tawarkan tidak lebih mahal dari mereka ya.
  • Jika perlu, buat kemasan semenarik mungkin dan berikan merek agar mudah diingat.
  • Selain menjual sendiri, Anda juga bisa menitipkannya pada warung / toko lain.
  • Anda juga bisa menjualnya secara online.

6. Kue Tradisional

Berjualan kue tradisional juga merupakan bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal Rp. 100 ribu saja.

Adapun beberapa jenis kue tradisional yang bisa Anda jual, diantaranya adalah lemper, dadar gulung, apem, dan kue lapis.

Dikarenakan kue tradisional memiliki daya tahan yang tidak lama, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan strategi penjualannya.

7. Bisnis PPOB

Pernahkah Anda menemukan toko yang menyediakan sistem pembayaran untuk berbagai kebutuhan? Misalnya untuk kebutuhan listrik, beli pulsa dan paket internet, bayar air, transfer ke semua bank, dan lain-lain. Nah, usaha seperti itu disebut bisnis PPOB.

Anda juga bisa menjalankan bisnis PPOB (payment point online bank) lho. Caranya mudah, yakni dengan mendaftar sebagai agen suatu aplikasi yang menyediakan layanan tersebut. Contohnya Payfazz.

8. Budidaya Ikan Cupang

Bisnis rumahan modal kecil yang selanjutnya adalah budidaya ikan cupang.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu menyiapkan banyak hal. Cukup wadah untuk menampung ikan cupang, dan tentunya ikan cupang itu sendiri!

Wadah bisa berupa botol kaca atau gelas plastik. Perawatan ikan cupang pun tidak sulit sehingga Anda tak perlu ragu untuk menggeluti bisnis ini.

9. Dropshipper

Dropship juga merupakan bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan.

Bahkan, bisnis ini termasuk salah satu usaha yang nyaris tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan di HP. Keren bukan?

Orang yang menjalani bisnis ini disebut dropshipper. Cara menjadi dropshipper cukup mudah. Anda hanya perlu bekerjasama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka baik secara online maupun offline.

Nanti, prosedur pengiriman produk akan ditangani oleh supplier. Jadi, Anda hanya perlu fokus pada kegiatan promosi dan menjawab pertanyaan konsumen saja.

10. Reseller

Reseller juga merupakan bisnis rumahan modal kecil yang tak kalah menjanjikan. Bahkan, terkadang keuntungan yang diperoleh reseller bisa lebih besar daripada dropshipper.

Secara aktivitas, reseller memang hampir mirip dengan dropshipper. Keduanya sama-sama mempromosikan barang orang lain, namun biasanya reseller harus menyiapkan modal cukup besar. Hal ini karena reseller perlu menyetok barang.

Dengan cara ini, reseller dapat menjual produk tersebut dan memberikan brand sendiri. Produk yang telah diberi merek ini biasanya akan memiliki harga jual lebih baik.

Selain itu, ia juga dapat melakukan cross-selling dengan cara menggabungkan beberapa produk sekaligus menjadi satu paket / set sehingga berpotensi menghasilkan keuntungan lebih besar.

Misalnya, sebuah hijab digabungkan dengan gamis. Jika pembeli ingin membeli gamis tersebut, maka ia pun perlu membeli hijabnya pula. Bagaimana menarik bukan?

11. Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan juga termasuk bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan. Sebelum memulainya, sebaiknya Anda tentukan dulu jenis kerajinan tangan apa yang ingin Anda jual.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Relasi Matematika Diskrit Beserta Jawabannya

Beberapa contoh kerajinan tangan yang cukup populer adalah:

  • Produk rajut,
  • Aksesoris / Pernak-pernik,
  • Lukisan,
  • Sabun organik,
  • Lilin aromaterapi,
  • Kartu ucapan,
  • Vas bunga, dan sebagainya.

12. Jasa Jahit Pakaian

Membuka jasa jahit pakaian juga termasuk salah satu bisnis rumahan modal kecil yang menarik untuk dicoba.

Memang, dibandingkan beberapa usaha yang lain, jasa jahit pakaian relatif membutuhkan modal cukup besar. Namun, jika Anda sudah memiliki mesin jahit maka hal ini bisa menghemat bujet. Siap mencoba?

13. Bisnis Kue Bolu

Suka membuat kue bolu? Kenapa Anda tidak mencoba bisnis kue bolu saja? Sebagai awalan, Anda bisa berjualan satu jenis bolu saja, misalnya bolu marmer.

Bolu marmer merupakan bolu jadul yang memiliki tekstur padat, namun cukup lembut sehingga diminati banyak orang.

Bahan untuk membuat bolu ini tidak banyak. Dengan demikian, modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Namun, Anda mungkin memerlukan beberapa alat seperti loyang bolu dan oven.

14. Jualan Roti Bakar

Ada pula ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda coba, yakni berjualan roti bakar. Namun karena bisnis roti bakar sudah cukup menjamur, maka diperlukan ide yang unik agar bisnis Anda bisa menonjol. Cobalah tawarkan rasa yang berbeda. Misalnya selai blueberry dicampur cokelat dan taburan kacang. Anda juga bisa menyajikan roti dalam bentuk unik, misalnya bentuk cinta, lingkaran, segitiga atau yang lainnya.

Tapi, jangan hanya fokus pada tampilan luar saja. Roti bakar Anda juga harus dapat dinikmati. Dengan kata lain, roti bakar Anda harus memiliki rasa yang lezat.

Matangkan resep Anda terlebih dulu. Salah satu caranya dengan mencoba metode yang berbeda dan memberikan tester pada keluarga dan orang lain. Jika responnya positif, maka Anda bisa mulai menjualnya.

15. Jual Beli Barang Bekas

Usaha jual beli barang bekas (thrifting) juga termasuk ide bisnis rumahan modal kecil yang menarik.

Untuk memulai bisnis ini pun terbilang mudah karena Anda bisa menjual barang-barang yang sudah Anda miliki.

Barang bekas yang dijual tidak harus dari merek ternama. Selama kondisinya layak dan berfungsi baik, maka barang tersebut bisa diperjualbelikan. Mau mencobanya?

16. Usaha Kopi Susu Kekinian

Anda juga bisa mencoba bisnis kopi susu kekinian. Minuman ini tak jauh berbeda dari kopi susu biasa, namun biasanya minuman ini disajikan dalam kemasan yang modern.

Agar lebih menarik, Anda bisa memperbanyak varian rasa. Misalnya, ada rasa kopi susu original, espresso creme durian, espresso gula aren, kopi keju, dan sebagainya.

Agar kompetitif, Anda bisa menawarkan kopi susu mulai dari harga Rp 5 ribu. Sediakan juga opsi panas dan dingin agar pembeli dapat memilih minuman sesuai selera.

17. Kursus / Les Privat

Bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuka kursus atau les privat. Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki keahlian mengajar.

Anda bisa mengajarkan bahasa inggris, matematika, fisika, calistung (baca, tulis, berhitung) atau materi sekolah lainnya.

Agar laris, terapkan tarif terjangkau serta berikan banyak promo menarik. Usaha ini juga mendukung konsep bisnis online sehingga Anda bisa melakukan proses mengajar melalui media internet.

18. Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis rumahan modal kecil yang satu ini kian populer selama beberapa tahun terakhir. Bisnis cuci sepatu atau laundry sepatu memang menawarkan untung yang lumayan.

Bila ingin menjalani bisnis cuci sepatu sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Mengetahui berbagai teknik cuci dan perawatan sepatu.
  • Berikan edukasi pada pelanggan, jika dirasa perlu. Sebagaimana yang Anda ketahui, bahan sepatu berbeda-beda. Ada yang mudah dibersihkan, bahkan bisa terlihat seperti baru lagi. Ada pula yang sulit dibersihkan. Bila sepatu pelanggan masuk kategori kedua, jelaskan adanya kemungkinan sepatu mereka tidak dapat tampil seperti baru berikut alasannya. Jelaskan hal ini di awal komunikasi untuk meminimalisir komplain.
  • Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti sikat sepatu, cairan pembersih, parfum, spons, kuas sepatu, kain microfiber, jarum sol, dan lain sebagainya.
Baca Ini Juga  Rekomendasi Tempat Menenangkan Diri Saat Stress Di Indonesia

19. Jualan Produk Kecantikan

Mengerti banyak soal alat makeup dan skincare? Anda bisa menjadi beautypreneur dengan menjual produk kecantikan.

Bisnis rumahan modal kecil yang satu ini menawarkan potensi keuntungan cukup besar. Sebab, peminat produk perawatan kulit dan rias wajah cukup tinggi.

Agar usaha solid, sebaiknya Anda menyusun rencana bisnis dan produk agar Anda memiliki gambaran soal persiapan modal, jenis kosmetik dan perawatan kulit yang ditarget.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mempelajari keunggulan, kelemahan, dan bahaya macam-macam bahan skincare serta makeup. Jangan menggunakan bahan yang berbahaya jika Anda ingin menjadi beautypreneur yang sukses.

20. Makelar Properti

Makelar properti merupakan salah satu bisnis nyaris tanpa modal yang bisa dilakukan di HP. Anda bisa menjalankan aktivitas makelar properti secara freelance sehingga tidak terikat dengan perusahaan atau organisasi.

Namun, aktivitas ini tidak selalu bisa dijalankan dari rumah. Seringkali Anda perlu keluar untuk mencari rumah / properti. Tak jarang, Anda juga memandu klien ke lokasi tempat rumah / properti yang mereka inginkan berada.

Tapi, komisi yang bisa Anda dapatkan cukup besar. Setiap terjadi transaksi, Anda bisa memperoleh komisi mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tertarik?

21. Jasa Cuci Motor

Usaha cuci motor juga merupakan ide bisnis rumahan modal kecil yang menarik untuk dipertimbangkan, terlebih jika rumah Anda berlokasi di pinggir jalan raya.

Untuk membuka jasa cuci motor yag ideal memang diperlukan biaya besar. Sebab, Anda mungkin membutuhkan perlengkapan khusus seperti kompresor, steam air, selang spiral, dan sebagainya.

Tapi, sebenarnya Anda bisa mulai dari konsep yang lebih sederhana. Misalnya menggunakan perlengkapan yang lebih terjangkau, misalnya mesin pompa air kolam ikan (dimodifikasi dengan aki motor), tangki air, dan selang air.

22. Jasa Service Alat Elektronik

Ide bisnis rumahan modal kecil lainnya yang bisa dicoba adalah bisnis jasa service alat elektronik. Jika berminat, setidaknya Anda perlu memiliki pemahaman tentang perbaikan dan perawatan berbagai macam alat elektronik.

Setelah memiliki keterampilan dan keahlian yang memadai, Anda bisa mulai membuka jasa service elektronik. Anda bisa promosikan jasa Anda melalui media sosial dan situs marketplace.

Meskipun modal terbesar bisnis ini adalah keahlian service elektronik, tetapi Anda juga dianjurkan untuk memiliki peralatan service yang lengkap serta papan nama bisnis agar mudah diidentifikasi dari kejauhan. Siap memulai bisnis jasa service elektronik?

23. Laundry

Anda juga bisa menjajal bisnis laundry atau jasa cuci dan setrika pakaian. Dalam menjalankan bisnis rumahan modal kecil ini, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci dan pengering yang sudah ada.

Kalaupun tidak punya, Anda bisa menawarkan konsep cuci pakaian manual alias menggunakan tangan. Yang terpenting, hasil cucian bersih dan baju sudah disetrika dengan rapi saat kembali ke tangan pemiliknya.

24. Agen Isi Ulang Galon

Anda juga bisa mendaftar sebagai agen isi ulang merek galon tertentu.

Mengutip Nakita, Anda tidak harus menyiapkan modal hingga puluhan juta. Cukup dengan Rp. 5 juta, Anda sudah bisa menjadi agen salah satu merek air mineral ternama.

Dengan modal tersebut, Anda bisa mendapatkan galon dan isi ulang sebanyak 100 galon. Namun, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, salah satunya adalah mempunyai bangunan permanen.

Itulah 24 ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Anda berminat membuka bisnis apa?

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: