Cara Membuat Roti Susu yang Enak dan Lembut

Cara Membuat Roti Susu yang Enak dan Lembut untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat roti susu yang enak dan lembut untuk jualan.

Roti susu adalah roti putih yang sangat lembut, halus, dan ringan yang dibuat dengan campuran susu yang sempurna untuk roti panggang, sandwich, atau untuk dijual.

Di jepang roti susu disebut ‘shokupan’ yang artinya dalam bahasa indonesia ‘makan roti’ karena roti ini dapat kamu makan setiap hari sebagai pengganti makanan pokok.

CARA MEMBUAT ROTI SUSU YANG LEMBUT

Roti susu Asia secara tradisional dibuat menggunakan ‘tangzhong’ atau ‘yuddane’ yang merupakan roux atau starter yang dibuat dengan memanaskan air dan tepung secara bersamaan. Tentu dengan menggunakan bahan ini kamu akan kesulitan.

Tapi ada rahasia untuk membuat roti susu menjadi sangat lembut dan flavi yakni dengan menambahkan kondisioner adonan.

Dough Enhancer atau kondisioner adonan adalah bahan yang dipakai oleh pembuat roti profesional untuk mendapatkan roti-roti yang lembut, ringan, dan halus serta tetap segar untuk waktu yang lebih lama. Ini juga disebut sebagai peningkat adonan, dan ada manfaat yang berbeda tergantung pada bahan apa yang ditambahkan.

Cara membuat kondisioner adonan

Bahan-bahan:

  • 3/4 bubuk lesitin
  • 3 sdm bubuk vitamin C murni
  • 2 sdm jahe giling
  • 3 sdm tepung jagung organik

Cara membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Gunakan 1 sdm. kondisioner adonan untuk resep 4 roti. Sesuaikan jumlah saat membuat lebih banyak atau lebih sedikit roti.

Cara membuat adonan roti susu

Bahan bahan:

  • 4¾ cangkir tepung roti
  • 1¾ cangkir susu
  • 2¼ Sendok makan gula pasir
  • 1⅔ Sendok makan mentega
  • 2 sendok teh garam
  • 3⅓ sendok teh ragi kering aktif
  • 2¼ sendok teh kondisioner adonan

Tips memilih bahan:

  • Tepung terigu – Gunakan tepung roti yang memiliki kandungan protein yang lebih tinggi untuk pengembangan gluten lebih banyak yang diperlukan untuk roti susu.
  • Susu – Kami sarankan untuk menggunakan susu 2% lemak untuk resep ini tetapi kamu juga bisa menggunakan susu tanpa lemak atau susu murni.
  • Gula & ragi kering aktif – Ragi dapat memakan gula untuk melepaskan karbon dioksida yang dapat mengembangkan roti.
  • Kondisoner adonan – Sangat kami rekomendasikan untuk menambahkan konisioner adonan untuk roti susu paling lembut dan empuk.
Baca Ini Juga  Penasaran Dengan Penyebab Insecure? Yuk Simak Ulasan Ini!

Langkah membuat adonan roti susu super lembut:

  1. Pertama, siapkan mixer kemudian masukkan semua bahan kecuali mentega. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tidak ada lagi tepung kering. Kemudian tambahkan mentega dan kocok dengan kecepatan tinggi.
  2. Setelah itu bentuk adonan menjadi bola hingga permukaannya halus dan mengkilap. Periksa pengembangan gluten, waktunya akan bervariasi tetapi kami sarankan 10 hingga 13 menit.
  3. Lakukan pengujian adonan tahap awal. Masukkan adonan yang berbentuk bola ke dalam wadah proofing tembus pandang yang sudah diolesi dengan minyak. Buktikan pengembangan adonan dengan menunggunya hingga berukuran dua kali lipat dan wadah menjadi hangat dan lembab.
  4. Kemudian bagi adonan menjadi 6 bagian dan gulung menjadi bola. Tutup dengan longgar dan biarkan selama 15 menit.

Baca juga:

Cara Membuat Bolu Kukus untuk Jualan

Cara Membuat Nastar untuk Jualan

Cara membentuk adonan siap panggang:

  1. Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama dan bentuk menjadi bola. Diamkan selama 15 menit dalam keadaan tertutup rapat.
  2. Kemudian gilas adonan menggunakan pin roll menjadi bentuk oval. Balikkan sehingga permukaan (kerak) berada di bawah.
  3. Lalu bentuk lipatan hingga sepertiga bagian atas dan bawah di tengah.
  4. Putar 90° dan gulung hingga membentuk spiral sambil menekan ke bawah.
  5. Terakhir jepit jahitannya hingga tertutup dan tambahkan tiga potong sisi jahitan ke bawah ke dalam loyang roti.
  6. Buktikan di tempat yang hangat dan lembap hingga mengembang dua kali lipat atau 1 cm di bawah tepi loyang. (Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya).
Cara Membuat Roti Susu yang Enak dan Lembut untuk Jualan 1
Sumber: drivemehungry.com

Cara memanggang roti susu

  1. Panggang adonan pada suhu 180°C selama 25 menit atau sampai muncul kerak berwarna cokelat keemasan.
  2. Segera oleskan dengan kocokan telur. Untuk melakukan ini, pecahkan telur dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Dengan menggunakan kuas kue, oleskan pada lapisan tipis campuran telur. Panas dari roti akan memasak telur, langkah ini akan membentuk lapisan kerak yang berwarna emas dan mengkilap.
  3. Keluarkan roti dari loyang dan biarkan dingin di rak pendingin.

TIPS RESEP

  • Adonan harus lulus uji pengembangan untuk agar gluten dapat mengembang dengan cara yang tepat.
  • Gunakan kondisioner adonan untuk hasil roti yang lembut dan mengembang dengan hasil yang konsisten setiap saat.
  • Bersikaplah lembut saat menangani adonan dan pastikan untuk tidak merobeknya selama pembentukan. Merobek adonan akan menghasilkan remah.
  • Jangan terburu-buru dalam proses proofing, pastikan ukuran adonan menjadi dua kali lipat.
  • Bentuk spiral dengan erat untuk mencapai proses yang tepat selama memanggang.

Penyimpanan

  • Menggunakan kotak roti, tidak diragukan lagi ini adalah cara paling klasik untuk menyimpan roti. Cara ini merupakan salah satu metode yang sangat mudah untuk memperpanjang umur roti kamu.
  • Membungkus roti dengan plastik atau menyegelnya dalam kantong zip lock adalah cara termudah untuk memastikan roti tetap segar. Ini adalah metode jangka pendek yang andal untuk menyimpan roti.
  • Simpan dalam suhu kamar. Simpan dalam kotak roti atau wadah kedap udara dan makan dalam tiga atau empat hari.
  • Simpan dalam lemari pendingin. Tetapi sebaiknya menggunakan metode ini sebagai solusi jangka pendek karena suhu yang lebih dingin terkadang dapat menyebabkan pati mengkristal, sehingga membuat roti kurang lembut dan lebih empuk.
  • Membekukan roti. Cara ini memang cara paling ampuh untuk menyimpan roti dalam kurun waktu hingga 3-6 bulan. Tapi kamu tentu akan kehilangan kualitas dari roti tersebut.

TIPS JUALAN ROTI

  1. Kembangkan resep roti kamu. Kamu bebas berkreasi menggunakan resep ini asal seusai dengan koridor utamanya. Kembangkan resep roti yang akan memberikan kamu sepotong roti yang rasanya sama setiap kali kamu membuatnya. Catat setiap perubahan dan gunakan persentase bahan untuk menyesuaikan jumlah roti yang kamu buat setiap kali.
  2. Urus setiap perizinan yang dibutuhkan misalnya lisensi halal dan surat izin dari dinas kesehatan setempat. Jangan sampai kamu tersandung kasus hukum karena tidak taat dengan peraturan yang ada.
  3. Temukan tempat untuk menjual roti kamu.
  4. Go online. Jangan lupa juga untuk membuat akun sosial media untuk memprosikan roti buatan kamu. Jika perlu, kembangkan blog atau website untuk keberlangsungan bisnis kamu.
  5. Promosikan roti susu buatan kamu.
  6. Kemas roti susu buatan kamu dengan kemasan yang menarik dan praktis. Geser roti ke dalam kertas atau kantong plastik bening dengan ikatan simpul. Labeli roti dengan jenis roti, berat dan bahan. Sertakan nama dan informasi kontak kamu sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda jika diperlukan.
  7. Jangan kecewakan pelanggan. Jangan menjual roti yang sudah tidak layak, jadi kamu harus sering mengecek roti kamu, apakah masih dalam keadaan baik atau tidak.

Baca Juga:

Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Bisnis Online

Nah itulah tadi adalah pembahasan tentang bagaimana cara membuat roti susu yang enak dan lembut untuk jualan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses!