cara membuat susu kedelai untuk jualan

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini kami akan membahas tentan bagaimana cara membuat susu kedelai untuk jualan.

Susu kedelai adalah susu alternatif yang bagus untuk pengganti susu hewani. Enak, bisa dibuat di rumah dengan harga terjangkau dan mudah, serta sangat sederhana. Hanya membutuhkan kedelai dan air. Bisa juga ditambahkan dengan gula atau perasa.

Kedelai adalah bahan makanan unik yang telah dipelajari secara luas untuk efek estrogenik dan anti-estrogeniknya pada tubuh. Hasil penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kedelai memiliki efek menguntungkan atau netral pada berbagai kondisi kesehatan. Kedelai adalah sumber protein padat nutrisi yang aman dikonsumsi beberapa kali seminggu, dan mungkin bisa lebih sering, dan kemungkinan besar memberikan manfaat kesehatan—terutama bila dimakan sebagai alternatif daging merah dan daging olahan.

Cara Membuat Susu Kedelai Original

Nah berikut ini adalah alat-alat yang kamu perlukan untuk membuat susu kedelai untuk jualan:

1. Alat unuk membuat susu kedelai

  • Wadah untuk merendam kacang kedelai – Kamu dapat menggunakan wadah apa pun yang dapat menampung 4 cangkir atau lebih.
  • Blender – Selama kacang terendam dengan baik, blender merek apa pun akan bekerja dengan baik.
  • Saringan – Kain Katun berfungsi dengan baik, tetapi kami belum menemukan yang lebih nyaman daripada saringan susu kedelai.
  • Panci tebal – Panci yang tipis tidak menyebarkan panas secara merata dan dapat menyebabkan gosong.

2. Bahan untuk membuat susu kedelai

Varian rasa sebenarnya dapat kamu kreasikan sesuai dengan imajinasi kamu, namun untuk bahan dasar pembuatan susu kedelai untuk jualan adalah sebagai berikut:

  • 2 cangkir kacang kedelai
  • 1,5 Liter air
  • gula secukupnya
  • 1 sdt garam

3. Cara membuat susu kedelai original

  1. Pertama rendam  kedelai dalam 2-3 gelas air semalaman. Ini akan melunakkan kedelai dan membuatnya siap untuk diblender.
  2. Setelah itu buang airnya dan  bilas  kedelai sampai bersih. Kamu harus menyingkirkan kotoran atau kontaminan yang terdapat pada kacang kedelai itu.
  3. Lalu kupas  kulitnya sebersih mungkin. Kamu dapat menggosok kacang dengan tangan saat berada di bawah air. Kulit kacang kedelai yang dilepaskan akan mengapung ke atas dan dapat dibuang. Jangan khawatir jika kamu tidak bisa mengupas semuanya. Memadukan kacang akan melepaskan semua nutrisi kedelai itu.
  4. Kemudian tambahkan air ke kedelai dalam blender.
  5. Lalu blender kedelai hingga halus. Langkah ini memaparkan seluruh kacang ke air, memastikan kita untuk mengambil semua nutrisi yang kita dapat dari kacang ini untuk membuat susu kedelai.
  6. Setelah itu saring  campuran yang telah dicampur menggunakan  kain tipis atau saringan khusus kacang kedelai.
  7. Kemudian panaskan  susu yang sudah disaring dalam panci tebal hingga 212ºF (100ºC). Masak pada suhu ini selama 20 menit, sering diaduk agar tidak lengket. Dinginkan susu dan simpan. Ini merupakan langkah penting karena, sebagai kacang-kacangan, kedelai tidak dapat dikonsumsi mentah-mentah.
  8. Tambahkan garam dan gula.
  9. Susu kedelai siap untuk dinikmati.
Baca Ini Juga  3 Cara Membuat Poster di HP dengan Aplikasi Ringan

Cara Membuat Susu Kedelai Aneka Rasa

Tentu saja kamu bisa memvariasikan susu kedelai original yang telah kita buat di atas dengan bahan bahan yang kamu sukai. Namun pada artikel ini kami akan menyarankann beberapa varian yang enak untuk dijual.

1. Cara Membuat Susu Kedelai Rasa Coklat

Bahan-bahan:

  • 1,5 Lt Susu kedelai original
  • 3 sdm cokelat bubuk
  • 1 sachet vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan susu kedelai original di atas panci.
  2. Kemudian tambahkan 3 sdm cokelat bubuk
  3. Aduk hingga rata.
  4. Susu kedelai siap untuk dikemas.

2. Cara membuat Sule Kuli (Susu Kedele Kurma Jeli)

Ini adalah varian yang paling kami rekomendasikan. Sulekuli ini sangat enak dan tekstur potongan jelly membuatnya menjadi sempurna.

Bahan-bahan:

  • 1,5 Lt Susu kedelai murni
  • Nutrijel rasa cokelat (potong dadu kecil-kecil) secukupnya
  • 100 gr kurma

Cara membuat:

  1. Masak nutrijel dan potong menjadi kotak-kotak kecil.
  2. Bersihkan kurma dari bijinya dan kemudian rendam dalam air.
  3. Blender kurma yang telah direndam.
  4. Siapkan wadah besar, masukkan susu kedelai, pasta kurma dan potongan jelly.
  5. Aduk hingga rata.
  6. Kemas dalam botol dan sulekuli siap untuk dinikmati.
Baca Ini Juga  40 Soal Bahasa Inggris Kelas 12 & Jawabannya

3. Cara membuat susu kedelai rasa pandan

Pandan merupakan tumbuhan yang biasa digunakan untuk menambahkan aroma pada makanan dan minuman. Dengan menambahkan pandan ke dalam susu kedelai membuat susu kedelai buatan kamu menjadi lebih beraroma.

Bahan-bahan:

  • 3 lembar daun pandan
  • 1,5 liter susu kedelai original

Cara membuat:

Pada langkah pembuatan susu kedelai original kamu dapat menambahkan 3 lembar daun pandan saat susu kedelai masih panas.

Cara mengemas susu kedelai

Ada banyak sekali jenis botol atau pun kemasan bentuk lain yang dapat kamu gunakan untuk menjual susu kedelai . Seperti rekomendasi kemasan minuman di bawah ini:

cara mengemas susu kedelai

Sumber: Tokopedia.com

Kamu bisa menambahkan logo atau stiker yang menarik untuk meningkatkan brandingan susu kedelai kamu.

Cara mengemasnya pun cukup mudah. Setelah susu kedelai kamu jadi dan mendingin ssegera kemas ke dalam botol ini. Botol ini dijual dengan tutup yang masih ada segelnya. Dengan demikian kamu dapat memproduksi minuman yang terkesan profesional hanya dari rumah.

Cara menjual susu kedelai

Pada artikel ini, kami juga membahas tentang bagaimana kamu dapat menjual susu kedelai dan menjadikannya sebagai bisnis yang profitable dan lebih profesional.

Baca ini juga: Cara Membuat Nasi Kuning yang Enak

1. Market research

Market research adalah aspek kunci dari rencana bisnis apa pun, karena membantu kamu dalam mengungkap wawasan tentang ukuran pasar, perilaku pelanggan, persaingan, dan tren industri. Pelajari tentang produsen susu kedelai yang sukses dan pelajari strategi pemasaran mereka. Juga, periksa laporan industri dan studi kasus untuk mengidentifikasi peluang potensial.

2. Pilih model bisnis

Sebelum kamu menyusun rencana bisnis susu kedelai, teliti target market kamu dan kebutuhan mereka. Apakah kamu berencana untuk menjual susu kedelai kepada individu atau bisnis? Jika kamu memilih untuk menjualnya ke bisnis lain, buatlah daftar klien potensial. Misalnya, kamu dapat menargetkan jaringan gym, toko suplemen , gelateria , dan perusahaan lain yang menjual atau mempromosikan produk kesehatan.

Jika kamu memutuskan untuk menargetkan konsumen individu, buatlah rencana distribusi dan pemasaran. Apakah kamu akan membuka toko, menjual susu kedelai secara online atau bekerja sama dengan distributor dan membiarkan mereka melakukan pekerjaan itu?

Baca Ini Juga  3 Ide Masakan Simple Untuk Sarapan

Meluncurkan toko sendiri akan memberi kamu fleksibilitas dalam hal pemasaran dan harga produk, tetapi kamu perlu mempertimbangkan sewa dan aspek legalitasnya.

Saluran distribusi yang berbeda, seperti toko kesehatan lokal atau nasional, dapat mempermudah untuk mempromosikan bisnis susu kedelai kamu. Kelemahannya adalah kamu akan memiliki lebih sedikit kendali atas proses penjualan dan pemasaran. Selain itu, kamu perlu membayar distributor, yang dapat mengurangi keuntungan kamu.

Jika kamu menjual online atau meluncurkan toko fisik sendiri, kamu dapat memberikan harga yang menarik kepada pelanggan tapi kamu memiliki keterbatasan target audiens.

Lalu model bisnis mana yang tepat? Itu tergantung pada keputusan yang kamu ambil berdasarkan market research.

3. Promosikan bisnis kamu

Strategi pemasaran sangat bergantung pada pelanggan kamu. Pertimbangkan juga anggaran dan tujuan bisnis kamu. Lihat produsen susu kedelai lainnya untuk melihat bagaimana mereka mempromosikan produk mereka dan apa yang di katakan pelanggan mereka.

Mulailah dengan membuat situs web untuk bisnis susu kedelai kamu dan pastikan itu mencakup blog tempat kamu dapat menulis tentang potensi manfaat kesehatan dan nilai gizi kedelai, berbagi resep, dan menawarkan tip tentang cara menggunakan susu kedelai.

Selain itu, posting foto dan resep produk di Instagram , Facebook, dan Pinterest. Selenggarakan atau hadiri acara kesehatan setempat, atau selenggarakan seminar nutrisi dengan bisnis lain di daerah kamu, seperti ahli gizi dan jaringan gym, untuk memasarkan produk kamu dan meningkatkan kesadaran merek.

Nah itu tadi adalah cara membuat susu kedelai untuk jualan yang dapat hargabelanja.com bahas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Semoga berhasil.

Baca ini juga:

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat untuk Jualan

Cara Membuat Takoyaki untuk Jualan

Bagikan: