10 Masjid Indah di Dunia Hargabelanja.com

Keberadaan masjid di berbagai negara melengkapi khazanah Islam di dunia. Masjid bukan hanya menjadi tempat beribadah, namun juga pusat aktivitas umat. Tak jarang, masjid didesain sangat indah. Bukan hanya supaya sedap dipandang, tetapi agar jamaah semakin khusyuk beribadah. Kali ini kita akan mengenal beberapa masjid indah di dunia. 

Sebenarnya, terdapat banyak masjid indah di Indonesia. Sebut saja Masjid Al Jabbar yang menawarkan gaya arsitektur menawan. Tetapi, setiap masjid yang Anda jumpai di berbagai negara menawarkan ciri khas tersendiri.

Bagi umat Islam sendiri, masjid jadi bagian penting dalam perkembangan agama setiap insannya. Karena itulah, masjid menjadi simbol warisan serta kejayaan Islam. Di beberapa negara, masjid juga menjadi ikon negara sekaligus kebanggaan para penduduknya. Mari saksikan pesona masjid indah di dunia yang menahan mata untuk berkedip berikut ini.  

10 Masjid Indah di Dunia, Ingin Berkunjung?

1. Masjidil Haram (Mekah, Arab Saudi)

Masjidil Haram, masjid terindah di dunia
source: Kompas.com

Masjidil Haram adalah masjid terindah di dunia yang namanya sudah dikenal dunia. Bagi umat Muslim, berkunjung ke Masjidil Haram adalah wajib hukumnya bagi yang mampu. Sebab, disinilah umat Muslim melaksanakan Haji dan menjalankan berbagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Dengan Ka’bah sebagai jantungnya, masjid ini memiliki kapasitas mencakup 4 juta jamaah atau lebih, baik di dalam maupun pelatarannya. Kemegahan masjid ini juga didukung dengan menara yang menjulang tinggi. Menurut informasi, tinggi menara adalah sekitar 90-an meter. 

Di dalam Masjidil Haram ada Kakbah yang menjadi kiblat sholat umat Islam serta batu hitam kemerahan (Hajar Aswad) yang berasal dari Surga. Ada pula Maqam Nabi Ibrahim AS yang memperlihatkan bekas telapak kaki Nabi Ibrahim AS ketika membangun Ka’bah. 

Selain itu, ada Hijr Ismail AS, Sumur Zam-Zam dan tempat untuk melakukan sa’i. Sa’i adalah lari-lari kecil dan bolak-balik sebanyak 7 kali dari Bukit Safa ke Bukit Marwa.

Setiap harinya, Masjidil Haram selalu dipenuhi dengan jamaah yang datang dari berbagai penjuru dunia. Pengunjung Masjidil Haram pun bertambah drastis saat memasuki musim Haji.  

2. Sheikh-Lotfollah Mosque (Iran)

Sheikh Lutfollah Mosque, salah satu masjid indah di dunia
source: Iran Doostan

Sheikh-Lotfollah Mosque yang berlokasi di kota Isfahan, Iran, termasuk salah satu masjid indah di dunia yang memikat perhatian banyak orang. Masjid ini didesain oleh arsitek Shaykh Bahai dan dibangun sejak tahun 1603 sampai tahun 1619. 

Masjid ini memiliki ciri khas berupa corak yang menawan pada interior dan eksterior bangunannya. Bahkan, corak tersebut juga dijumpai pada kubah masjid yang memiliki diameter 22 meter dan tinggi 32 meter. Masjid ini tidak dilengkapi menara maupun halaman, namun memiliki kapasitas ruang yang cukup besar. 

Baca Ini Juga  Rekomendasi Jenis Cemilan 2000-an Untuk Bisnis

3. Hazrat Sultan Mosque (Kazakhstan)

Hazrat Sultan Mosque, salah satu masjid indah di dunia
source: Advantour

Masjid indah di dunia berikutnya terletak di tepi sungai Yesil, Kazakhstan. Hazrat Sultan Mosque namanya. Eksterior masjid ini didominasi warna putih, begitu pula dengan kubah dan menara yang melengkapi kemegahannya. 

Pembangunan masjid berlangsung selama tahun 2009 hingga tahun 2012. Selama pembangunan, pemerintah melibatkan sekitar 1500 tenaga kerja konstruksi, mulai dari arsitek, seniman hingga buruh kasar.

Adapun, peresmian masjid dilakukan pada bulan Juli 2012 oleh Nursultan Nazarbayev yang merupakan presiden Kazakhstan pada saat itu. 

Selain untuk menyediakan tempat beribadah bagi umat Muslim, pembangunan masjid Hazrat Sultan juga ditujukan untuk menghormati sosok ulama sufi dari abad ke-12, yakni Khoja Ahmed Yassawi. Beliau merupakan seorang sholeh yang dicintai banyak orang sekaligus penyair yang menulis syair Divan-i Hikmet. 

4. Masjid 99 Kubah (Indonesia)

Masjid 99 Kubah, salah satu masjid indah di dunia
source: Shutterstock, Pegipegi

Daftar masjid indah di dunia belumlah lengkap bila tidak memasukkan salah satu masjid dari Indonesia. Indonesia sendiri memiliki banyak masjid dengan gaya arsitektur menawan, salah satunya Masjid 99 Kubah. 

Masjid yang berlokasi di kawasan reklamasi Pantai Losari, Kota Makassar, ini memiliki 99 kubah yang dimaksudkan sebagai pengingat bahwa Allah SWT memiliki 99 nama yang indah (Asmaul Husna). 

Kubah yang mengelilingi masjid ini menampilkan warna-warna cerah, seperti oranye, merah dan kuning. Hal ini membuat tampilan masjid tampak menawan sehingga memikat banyak orang untuk mengunjungi masjid. 

Mengutip Kompas.com, bangunan masjid membentang seluas 72 x 45 meter persegi. Adapun area masjid terbagi ke dalam tiga area, yakni ruang sholat yang dapat mengakomodasi sekitar 3.880 jamaah, ruang mezzanine yang memiliki kapasitas sekitar 1.005 jamaah serta pelataran suci yang dapat menampung sekitar 8.190 jamaah. 

5. Shah Faisal Masjid (Pakistan) 

masjid Shah Faisal, salah satu masjid indah di dunia
source: Lonely Planet

Masjid indah di dunia berikutnya terletak di Islamabad, Pakistan. Shah Faisal merupakan masjid yang mengusung konsep desain unik karena terinspirasi dari tenda suku badui. Sang arsitek bernama Vedat Dalokay.

Desain masjid Shah Faisal sendiri sempat memenangkan penghargaan Aga Khan untuk bidang arsitektur. 

Keunikan gaya arsitektur masjid Shah Faisal terletak pada desainnya yang tidak menampilkan kubah tradisional serta lengkungan yang khas dimiliki sebagian besar bangunan masjid. 

Mengutip Republika.co.id, desain tersebut bermula dari sejarah panjang arsitektur Islam di Asia Selatan dengan memadukan antara garis-garis kontemporer dan tenda tradisional Arab. 

Kendati tak ada kubah, namun masjid tersebut memiliki empat menara. Keempat menara tersebut didesain sedemikian rupa agar dapat menampilkan bentuk Ka’bah dari sudut tertentu. Selain Shah Faisal, ada pula masjid Badhshahi yang tak kalah menawan di Pakistan. 

Baca Ini Juga  10 Rumus Excel Tingkat Lanjut dan Cara Penggunaannya

6. Sultan Omar Ali Saifuddien Mosque (Brunei Darussalam)

omar ali saifuddien mosque, salah satu masjid indah di dunia
source: Lonely Planet

Di Brunei Darussalam ada Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang masuk salah satu masjid indah di dunia. Masjid ini turut menambah panjang daftar masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik.

Selain tempat ibadah, masjid juga menjadi landmark dan daya tarik wisata utama yang ditawarkan Brunei Darussalam. 

Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1954. Proses tersebut memakan waktu selama kurang lebih empat tahun sehingga masjid baru diresmikan pada Jum’at, 26 September 1958. 

Secara keseluruhan, gaya arsitektur masjid berupa perpaduan antara Mughal dan Italia. Masjid ini berdiri di atas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. 

Menariknya, tak jauh dari masjid terdapat replika kapal yang ditujukan untuk mempercantik ‘halaman’ masjid sekaligus tempat untuk menyelenggarakan acara-acara penting seperti perayaan 1.400 tahun Nuzulul Qur’an, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan sebagainya. 

7. Sheikh Zayed Mosque (Abu Dhabi)

Sheikh Zayed Mosque
source: Bayut

Masjid indah di dunia berikutnya adalah Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Abu Dhabi. Masjid ini memiliki desain yang menawan dengan ornamen bunga menghiasi berbagai sudutnya. 

Pembangunan masjid yang didominasi warna putih ini melibatkan pengrajin dan material dari berbagai negara, seperti Italia, Jerman, Maroko, India, Turki, Cina, Inggris, Selandia Baru, Yunani dan Uni Emirat Arab (UAE). Hal ini lantaran desain dan konstruksinya memang mengusung konsep ‘menyatukan dunia’. 

Masjid yang dilapisi marmer dari Makedonia ini menggunakan material bangunan yang alami, berkualitas, awet dan indah. Interior masjid sendiri seolah membawa pengunjung ke dunia lain karena menampilkan desain yang menawan. 

Karpet yang digunakan untuk menutupi lantai masjid pun dibuat secara handmade. Di ruang sholat utama misalnya, terdapat karpet rajutan tangan yang disinyalir merupakan yang terbesar di dunia. Karpet yang didesain oleh Dr. Ali Khaliqi tersebut memiliki luas sekitar 5.700 meter persegi. 

Karpet terbuat dari 70 persen wol dan 30 persen kapas. Adapun, proses perajutan karpet dilakukan secara manual oleh sekitar 1.200 pengrajin serta memakan waktu selama kurang lebih 2 tahun. 

8. Hassan II Mosque (Maroko)

Hassan II Grand Mosque, salah satu masjid indah di dunia
source: Sahara Atlas Tours

Di Maroko terdapat Masjid Hasan II yang jadi salah satu masjid indah di dunia. Masjid ini merupakan yang terbesar ke-2 di Afrika. Gaya arsitekturnya unik dengan menara setinggi 60 lantai menghiasi tampilannya. 

Masjid yang berada di pesisir Samudera Atlantik ini terinspirasi dari ayat Al-Qur’an Surah Hud ayat ke tujuh. Dalam ayat tersebut, Allah SWT berfirman yang artinya:

Baca Ini Juga  300+ Akun FF Sultan Gratis No Hoax Tidak Terpakai

“Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa dan ‘Arsy-Nya di atas air agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), ‘Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati’, niscaya orang kafir itu akan berkata, ‘ini hanyalah sihir yang nyata’,”.

Dari segi desain, masjid ini memadukan antara pola geometri dengan kaligrafi Islam yang halus. Pola tersebut menggambarkan spiritualitas dan ketenangan. Adapun, menaranya terdiri atas 60 lantai dan memiliki atap laser yang cahayanya mengarah ke Mekkah. 

Area masjid memiliki kapasitas sekitar 105.000 jamaah dengan rincian 25.000 di dalam bangunan dan selebihnya di area sekitar. 

9. Jami-Ul-Alfar Mosque (Sri Lanka)

Masjid Jami-Ul-Alfar, salah satu masjid indah di dunia
source: KONTRAKTOR KUBAH MASJID

Datang dari Sri Lanka, ada Masjid Jami-Ul-Alfar yang menawarkan gaya arsitektur menawan. Desain masjid ini menampilkan perpaduan antara Indo-Islamic, Indian, Gothic Revival dan tema neoclassical. Lokasinya berada di Jalan Palang Kedua, Pettah, Kolombo, Sri Lanka. 

Masjid ini didominasi oleh warna merah dan putih yang disusun membentuk pola candy stripe. Pembangunannya dimulai pada tahun 1908, kemudian dibuka untuk umum setahun setelahnya. Masjid ini terdiri dari 2 lantai dan memiliki kapasitas sekitar 1.500 jamaah. Sosok di balik desainnya adalah arsitek profesional bernama Habibu Labbe Saibu Labbe. 

10. Crystal Mosque (Malaysia)

Masjid Kristal (Crystal Mosque), salah satu masjid indah di dunia
source: Charismatik Planet

Sementara itu, di Malaysia terdapat Masjid Kristal (Crystal Mosque)  yang tak kalah indah. Masjid ini memadukan antara gaya arsitektur Islam dengan Mughal. Desainnya juga kental dengan garis-garis kontemporer. 

Dijuluki Masjid Kristal lantaran struktur bangunannya didominasi oleh kaca dan baja. Masa pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2006, kemudian berakhir pada tahun 2008. Masjid ini terletak di Taman Warisan Islam di Terengganu, Malaysia. 

Kapasitas bangunannya sekitar 1.500 jamaah dan memiliki dukungan panel surya untuk menggerakkan fasilitasnya. Mengutip situs Umroh Travel Halal, masjid ini dilengkapi infrastruktur TI-built-in serta terkoneksi dengan jaringan internet nirkabel untuk pengunjung membaca Al-Qur’an secara elektronik. 

Di malam hari, masjid menampilkan efek bercahaya sehingga tampak seperti istana kristal yang megah nan elegan. Di dalam masjid tersedia mukena dan sajadah yang bisa digunakan jamaah untuk sholat. 

Saat memasuki masjid ini, pengunjung langsung disambut dengan interior masjid yang menawan ditambah dengan kaligrafi dan lampu gantung yang mempercantik ruangan. Adapun, karpet yang digunakan sangat lembut sehingga menambah kenyamanan saat beribadah. 

Demikian 10 masjid indah di dunia yang menarik untuk diketahui. Apakah Anda tertarik mengunjunginya? Simak juga keindahan masjid Abuja National Mosque yang berada di Nigeria!

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: