Gambar dalam artikel Bagaimana Cara Bisnis Tanpa Modal? hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Anda ingin berbisnis tapi tidak punya cukup modal? Banyak orang mengurungkan niat memulai usaha karena tak mempunyai modal. Padahal sebagian bisnis bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan nyaris tanpa modal.

Dalam artikel ini, Hargabelanja.com membagikan beberapa cara bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba.

Selain berbagi kiat, hargabelanja.com juga akan sharing beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil atau nyaris tanpa modal. Yuk dibaca sampai tuntas!

Cara Bisnis Tanpa Modal, Yuk Terapkan!

Bagi Anda yang masih ragu-ragu, berikut adalah cara bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba agar semakin mantap memulai usaha.

1. Tanya Pada Diri Sendiri “Apa yang Bisa Dilakukan Secara Gratis Tapi Menghasilkan Uang?”

(Source: Freepik)

Jika Anda masih ragu-ragu memulai bisnis karena tak cukup modal, maka coba cari atau temukan ide usaha / pekerjaan yang bisa dilakukan secara gratis tapi bisa menghasilkan uang.

Wah, memangnya ada ya?

Tentu ada. Mungkin tidak seratus persen tanpa modal, tapi setidaknya bisnis atau pekerjaan tersebut bisa dijalankan dengan modal sangat minim.

Misalnya daftar ide bisnis modal kecil (mulai Rp 100 ribu) ini. Atau, jika tertarik berbisnis online maka Anda bisa mempertimbangkan ide bisnis online tanpa modal. Ada pula beberapa rekomendasi bisnis rumahan modal kecil yang menarik untuk dicoba.

Sebagai contoh, Anda bisa menjadi dropshipper. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan atau memasarkan produk orang lain. Jika ada yang membeli, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan komisi.

Besaran komisi bervariatif, mulai ribuan rupiah sampai dengan jutaan rupiah. Teruslah bereksplorasi sampai menemukan produk yang bisa Anda jual dengan mudah, namun juga menghasilkan komisi lumayan.

Baca Ini Juga  5 Manfaat Menggunakan Pembalut, Yuk Simak Infromasinya!

Tetapi, untuk saat ini sebaiknya lakoni saja dulu apa saja yang bisa dijalankan selama ide bisnis tersebut halal.

Kendatipun komisi atau keuntungan yang Anda peroleh itu kecil, namun pengalaman ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

Insya Allah, semakin bertambahnya pengalaman, Anda pun semakin lihai dalam merancang strategi bisnis. Lalu, Anda pun bisa memperoleh keuntungan maksimal. Fair enough?

2.  Diskusi dengan Keluarga, Teman, dan Orang yang Berpengalaman

Gambar dalam artikel Bagaimana Cara Bisnis Tanpa Modal? hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Kendati bisnis tanpa modal adalah suatu peluang usaha yang minim kerugian (karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sebagai modal), tapi sebaiknya Anda tetap berdiskusi dulu dengan keluarga.

Hal ini karena semua bisnis memiliki tantangannya masing-masing. Boleh jadi, Anda kurang cocok menjalankan usaha X karena usaha tersebut terlalu menyita waktu.

Keluarga Anda mungkin tidak siap menghadapi resiko tersebut. Selain itu, diskusi dengan keluarga juga membantu memvalidasi ide bisnis sehingga Anda pun bisa menjalankan usaha dengan lebih tenang.

Fahim Sheikh, pengusaha Trellis, pernah mengatakan, “Sebelum Anda menginvestasikan uang pada sebuah bisnis, validasi dulu ide bisnis Anda dengan orang-orang yang Anda percaya.”

Selain keluarga, mintalah juga pendapat teman mengenai peluang bisnis yang ingin Anda geluti. Kendati saran yang diberikan tidak bermanfaat langsung terhadap bisnis, paling tidak mereka bisa memberikan dukungan mental.

Biarpun terdengar sepele, namun dukungan mental memiliki peran yang penting dalam memulai bisnis lho.

Dapatkan pula nasihat bisnis dari wirausahawan berpengalaman. Tak sedikit dari mereka mulai membangun usaha dari nol lho. Jadi, tips dan pengalaman mereka bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

3. Perluas Relasi

Gambar dalam artikel Bagaimana Cara Bisnis Tanpa Modal? hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Cara bisnis tanpa modal selanjutnya adalah dengan memperluas relasi. Kita tahu betul bahwa kesempatan bisa datang melalui siapa saja. Dengan memperluas networking, kesempatan Anda untuk menemukan peluang bisnis juga turut terbuka lebar.

Baca Ini Juga  5 Merk Laptop Untuk Bisnis Online Terbaik Dan Murah

Boleh jadi, diantara peluang bisnis yang menghampiri Anda, ada beberapa yang bisa dilakoni tanpa modal.

Misalnya, Anda ditawari kesempatan untuk menjadi trainer atau konsultan di suatu perusahaan. Atau, Anda diajak berkolaborasi dalam proyek endorsement sebuah produk digital. Lumayan kan?

Semua itu bisa dijalani nyaris tanpa modal. Bahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan cukup besar. Sekarang masuk akal kenapa memperluas relasi termasuk salah satu upaya atau cara bisnis tanpa modal.

4. Terbuka Terhadap Kesempatan, Tapi Bijaksana Mengambil Keputusan

Cara bisnis tanpa modal selanjutnya yang sering diabaikan adalah bersikap terbuka terhadap kesempatan yang datang.

Seringkali kita merasa curiga apabila kali ada peluang bisnis yang terdengar menjanjikan. Kita mengembangkan pikiran-pikiran negatif sehingga kita enggan untuk mencoba peluang tersebut.

Padahal, mungkin saja peluang bisnis tersebut adalah ide usaha yang potensial. Tetapi belum juga mencoba, kita sudah “nethink” (negative thinking) duluan. Kalau begini, kapan berani mencoba?

Padahal keuntungan datang setelah Anda mencoba suatu usaha. Jika mencoba saja tidak, lantas bagaimana Anda memperoleh keuntungan?

Tipsnya, pelajari dulu setiap peluang bisnis yang Anda temukan. Apakah peluang bisnis tersebut betul-betul bisa dilakoni? Adakah orang yang berhasil mendapatkan keuntungan lewat cara tersebut? Bagaimana tingkat keberhasilan orang-orang yang menjalaninya?

Agar tidak merugi sebaiknya pikir masak-masak sebelum Anda mengambil kesempatan tersebut. Sebab, ada banyak informasi yang terdengar menjanjikan, padahal sebenarnya hanya pepesan kosong.

5. Buat Bisnis Plan

Jika sudah mendapatkan ide maka  sebaiknya Anda membuat bisnis plan atau studi kelayakan bisnis.

Hal ini agar Anda memperoleh gambaran mengenai prospek, kelebihan serta kekurangan bisnis yang ingin Anda jalankan tersebut sebelum Anda benar-benar melakoninya.

Lewat cara ini, Anda juga bisa mengetahui apakah bisnis tersebut laik dijalankan atau tidak. Jadi, Anda tidak harus merasakan kerugian secara langsung untuk bisa mengerti akan hal tersebut.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Penjaminan Jamkrindo Syariah dan Jabatannya

Anda pun bisa menyiapkan strategi untuk meminimalkan resiko-resiko bisnis sedari dini. Dengan demikian, bisnis bisa berjalan lebih efektif serta tahan terhadap berbagai terpaan masalah.

Nah, itulah beberapa cara bisnis tanpa modal yang bisa Anda terapkan agar semakin mantap memulai usaha. Lantas, apa saja peluang usaha yang bisa Anda coba?

Berikut hargabelanja.com bagikan rekomendasi usaha yang bisa Anda geluti tanpa modal.

3 Rekomendasi Usaha Tanpa Modal

Kini Anda sudah tahu cara bisnis tanpa modal. Selanjutnya ketahui pula 3 ide bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan dengan modal minim atau nyaris tanpa modal. Apa saja itu?

Dropship

Bisnis nyaris tanpa modal pertama yang bisa Anda coba adalah dropship. Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk komisi penjualan.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memasarkan atau mempromosikan produk orang lain. Nanti jika ada yang membeli, maka Anda pun berhak mendapatkan komisi.

Urusan pengiriman produk akan di-handle oleh supplier. Jadi, Anda hanya perlu memikirkan strategi promosi dan bertugas merespon pertanyaan customer saja.

Freelance

Ide bisnis tanpa modal lainnya yang bisa Anda coba adalah menawarkan keahlian secara freelance.

Anda bisa menjadi freelance writer, freelance social media marketing, freelance virtual assistant dan sebagainya.

Kursus Online

Selain itu, ada juga kursus online. Ide bisnis tanpa modal ini cocok untuk Anda yang gemar berbagi ilmu. Berbagai pilihan kursus yang bisa Anda pertimbangkan adalah

  • Kursus bahasa
  • Kursus SEO dan Copywriting
  • Kursus digital marketing dan sebagainya

Itulah beberapa ide bisnis nyaris tanpa modal yang bisa Anda coba. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat!

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: