15 Bisnis Online Tanpa Modal, Untungnya Lumayan! (PART 1) Hargabelanja.com
via Canva

Jika Anda sudah menyimak cara memulai bisnis online untuk pemula, maka Anda mungkin semakin tertarik untuk mencelupkan diri dalam dunia bisnis online ini. Tapi, apa saja bisnis yang bisa Anda coba, terutama dengan modal minim? Tenang saja, artikel ini membahas 15 bisnis online tanpa modal yang bisa Anda jadikan pilihan.

Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Semua Kalangan

Bisnis Online Tanpa Modal, Untungnya Lumayan! ~ Hargabelanja.com
via Canva

Youtuber

Bisnis online tanpa modal yang tengah digandrungi masyarakat saat ini adalah youtuber. Menjadi seorang Youtuber, Anda tidak perlu menyiapkan modal besar. Terlebih jika Anda sudah punya alat-alat yang memadai, seperti kamera berspesifikasi menyedang (bisa pakai kamera smartphone) dan alat edit video (editing software).

Memang tak banyak modal yang dibutuhkan. Tetapi tantangannya adalah Anda harus bisa menemukan ide-ide segar sekaligus sarat manfaat untuk dijadikan konten. Pun konten tersebut harus dikemas semenarik mungkin sehingga banyak orang tertarik menonton video Anda. Berani coba?

Baca Ini Juga  Contoh Soal Try Out PAI SD MI Kelas 6 Beserta Kunci Jawaban

Dropshipper

Bisnis online tanpa modal yang kedua adalah dropshipper. Dropshipper ini cara kerjanya mirip dengan reseller. Bedanya, Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasarkan produk orang lain, lalu urusan pengiriman barang dan sebagainya ditangani oleh supplier produk itu sendiri.

Lho, berarti gue tinggal duduk manis aja dong? Betul, tapi Anda perlu tahu bahwa sebagai seorang dropshipper, Anda harus bisa memasarkan produk secara maksimal. Misalnya menggunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk. Coba baca strategi marketing di Instagram, strategi marketing di TikTok, dan formula copywriting untuk Tingkatkan Penjualan.

Selain itu, Anda juga harus responsif dalam membalas pesan/pertanyaan dari calon pembeli, mengetahui cara closing (teknik agar terjadi transaksi jual-beli), serta bersikap sabar apabila menghadapi pertanyaan yang berujung pada ghosting.

Monetisasi Blog / Website

Bisnis online tanpa modal yang berikutnya adalah monetisasi blog atau website. Apa sih maksudnya?

Oke, monetisasi blog atau website adalah teknik untuk meraih penghasilan melalui blog atau website. Tentu saja, untuk menjalani bisnis online ini Anda perlu memiliki (minimal) sebuah blog atau sebuah website.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Sop Ayam Rumahan yang Enak dan Gurih untuk Jualan

Bisnis ini tergolong mudah apabila sudah berjalan. Tetapi, pada saat awal mungkin akan terdapat sejumlah tantangan. Soalnya, tidak sembarang blog / website bisa dimonetisasi. Anda bisa mempelajari syarat-syarat blog/website agar bisa dimonetisasi pada halaman Google AdSense. Untuk cara memonetisasi blog/website silakan baca artikel ini.

Jasa Menulis

Berbekal smartphone atau komputer, Anda bisa menggeluti bisnis online tanpa modal berikut ini. Ya, menyediakan jasa menulis.

Pada intinya, Anda hanya perlu menulis artikel / produk tulisan lain yang berkualitas dan kaya manfaat. Anda bisa menawarkan jasa ini pada webmaster (orang yang memiliki / mengelola website atau blog), brands, dan pemilik bisnis.

Tidak semua brands dan pemilik bisnis membutuhkan jasa ini. Jadi, sebaiknya cari tahu dulu, apakah mereka punya akun social media, blog, website atau media digital lainnya yang membutuhkan jasa Anda atau tidak. Jika punya, langsung saja apply atau ajak berkolaborasi.

Untuk produk tulisan, ada beberapa macam yang bisa Anda tawarkan, mulai dari artikel SEO, opini, slow content, artikel perjalanan, social media copy, email copy, landing page copy, hingga UX writing. Hayuk, pelajari dulu semua jenis tulisan sebelum memulai bisnis online tanpa modal yang satu ini ya!

Baca Ini Juga  Harga Tiket Pesawat Aceh Jakarta Mulai Rp1,2 Jutaan

Tak terasa kita sudah membahas empat bisnis online tanpa modal yang cocok untuk semua kalangan. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan bisnis tanpa modal lainnya, silakan lanjut baca artikel PART 2. See you there!

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: